Resep Sei Sapi, Makanan Khas Nusa Tenggara Timur

Sarah | Selera Nusantara | 09-01-2023

Mengenal Sei Sapi, makanan khas Nusa Tenggara Timur lengkap dengan cara membuatnya

PARBOABOA - Hai sobat Parboaboa, bagaimana nih kabar kamu? Seperti yang kita tahu, setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya masing-masing, tak terkecuali Nusa Tenggara Timur (NTT). Salah satu makanan khas Nusa Tenggara Timur adalah daging sei atau asap.

Sei sapi adalah hidangan daging yang diolah dengan cara pengasapan. Dalam bahasa Rote, sei berarti daging yang diiris tipis memanjang. Sehingga sei sapi merupakan daging sapi yang diiris tipis memanjang dan diolah dengan cara diasap.

Sei sapi disebut sajian yang memiliki nilai autentik karena masih menggunakan metode pengasapan dengan kayu bakar. Selain itu, proses pengasapan daging ini juga dilakukan dalam waktu yang cukup lama, yaitu hingga 9 jam. Sei sapi dimasak dengan campuran berbagai bumbu rempah khas yang beraroma lezat.

Hidangan sei sapi ini kini dikreasikan menjadi berbagai macam olahan yang tak kalah menarik. Mulai dari sei sapi sambal hijau, sei sapi bumbu rica, hingga sei sapi kecap pedas.

Sajian sei sapi ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat sebagai menu harian. Selain rasanya yang gurih, tekstur dagingnya juga empuk karena menggunakan irisan yang tipis.

Nah, buat kamu yang tertarik mencoba makanan satu ini, kamu dapat membuatnya di rumah, loh. Berikut beberapa resep sei sapi yang bisa di coba di rumah bersama keluarga tercinta.

RESEP SEI SAPI

Bahan Sei Sapi:

200 gr daging sapi has dalam

1 sdt garam

1/2 sdt lada bubuk

Bumbu utuh:

- 4 lbr daun salam

- 2 lbr daun jeruk

- 1 lbr daun pandan

- 1 btg serai

- 2 cm lengkuas

- 20 gr beras

- 10 gr gula merah

Bahan Sambal Matah:

- bawang merah

- bawang putih

- cabai rawit

- daun jeruk

- serai

- 1 sdt terasi

- 1 sdm air perasan jeruk sambal

- gula dan garam secukupnya

- minyak secukupnya

Cara Membuat:

- Cuci bersih daging dari darahnya, iris tipis. Lumuri dengan garam dan lada bubuk. Diamkan selama 15 menit.

- Siapkan wajan tebal alasi dengan alumunium foil. Masukkan semua bumbu utuh, potong-potong daun pandan, memarkan lengkuas dan serai. Masukkan semuanya ke dalam alumunium foil.

- Taruh saringan kukusan di atas bumbu utuh. Panaskan dan taruh daging di atas saringan. lakukan proses pengasapan hingga daging matang. Tutup wajan agar daging cepat matang.

- Untuk sambal matah, iris semua bahan, panaskan minyak. Masukkan semua bahan, aduk merata, bumbui dengan garam dan gula secukupnya. Matikan api. Kucuri dengan air perasan jeruk. Aduk rata.

Oke sobat Parboaboa, itulah cara membuat sei sapi yang bisa kamu coba di rumah bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba.

Tag : #resep    #sei sapi    #selera nusantara    #makanan khas    #nusa tenggara timur   

Baca Juga