Pixel 6 dan Pixel 6 Pro

Resmi Diumumkan, Chip Tensor Buatan Google Debut di Pixel 6

wanovy | Teknologi | 03-08-2021

Google secara mengejutkan mengumumkan Pixel 6 dan 6 Pro yang bocorannya sudah ramai beredar di internet sejak lama. Kedua ponsel ini ditenagai chipset Tensor buatan Google sendiri, sensor kamera dan desain baru.

Dengan begitu, Tensor akan resmi menggantikan chipset Snapdragon buatan Qualcomm yang selama ini digunakan di lini ponsel Google Pixel.

Chipset Tensor ini dirancang sendiri oleh Google, meski produksinya mungkin dilakukan oleh pihak ketiga. Hal ini mirip dengan iPhone yang menggunakan chipset yang dirancang oleh Apple, tapi produksinya dilakukan oleh TSMC.

Sayangnya raksasa pencarian internet itu tidak memberikan detail soal chipset barunya ini. Mereka hanya memastikan Tensor akan membuat Pixel 6 dan 6 Pro lebih cepat, makin pintar dan paling aman dari sebelumnya .

CEO Google, Sundar Pichai mengungkapkan chipset Tensor telah dikembangkan perusahaan selama empat tahun, dan ini merupakan inovasi terbesar yang pernah disematkan pada lini ponsel Pixel.

"Tensor dibangun dari pengalaman komputasi kami selama dua dekade dan merupakan inovasi terbesar kami di Pixel hingga saat ini. Tensor akan ada di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro pada musim gugur," tulis Pichai.

Kelihatannya Google tidak mau bergantung ke perusahaan lain terkait chip/prosesor smartphone lagi. Karena itu, mereka berencana membuat chip sendiri.

Chip Tensor ini untuk sementara memang tidak dijual ke perusahaan lain. Namun, dirancang secara khusus untuk ponsel Google Pixel mereka yang akan segera di luncurkan. Chip-nya akan dibuat oleh Alphabet Inc, induk perusahaan Google.

Salah satu yang menonjol chip ini adalah kemampuan AI dan machine learning. Dua alasan ini pula kenapa Google akhirnya mau berinvestasi merancang chipset-nya sendiri, sehingga mereka bisa mengimplementasikan AI dan machine learning dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh chipset yang tersedia di pasaran.

Kedua fitur tadi akan dimanfaatkan oleh sistem kamera baru pada PIxel 6 dan Pixel 6 Pro. Kedua ponsel ini sendiri memiliki kamera dengan komposisi lensa wide dan ultra-wide.

Khusus versi Pixel 6 Pro akan ada kamera telephoto dengan 4x zoom optik. Sepertinya Google mengadopsi lensa periskop sesuai dengan bocoran yang beredar sebelumnya.

Google sendiri tampaknya telah meningkatkan kemampuan perekaman video. Laporan awal mengungkap bahwa Pixel 6 dan 6 Pro menangkap video berkualitas serupa atau bahkan lebih baik daripada iPhone 12 Pro Max.

Sementara untuk spesifikasi lebih lanjut mengenai Pixel 6 dan Pixel 6 Pro ini baru akan diungkapkan oleh Google saat peluncuran pada Oktober mendatang.

Tag : #teknologi   

Baca Juga