Ribuan Ikan Naik ke Daratan di Pantai Mutiara Jakut dan Pulau Onrust, Kenapa?

Penulis : Maesa | Metropolitan | 30-11-2022

Ilustrasi ribuan ikan naik ke daratan atau terdampar di Pantai Mutiara, Jakarta Utara dan Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, Selasa (29/11/2022). (Foto: Freepik/Subimpumsom)

PARBOABOA, Jakarta – Terjadi fenomena ribuan ikan yang naik ke daratan di Pantai Mutiara, sekitar Apartemen Regatta, Jakarta Utara dan Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, pada Sabtu (29/11/2022).

Hal itu kemudian viral di media sosial setelah salah satu warganet meng-upload video terkait masyarakat yang beramai-ramai mendatangi lokasi untuk sekedar menonton hingga mengumpulkan ikan yang terdampar untuk dibawa pulang.

Peristiwa itu kemudian dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan. Ia menjelaskan bahwa fenomena tersebut merupakan salah satu akibat dari terjadinya perubahan iklim di laut.

"Dari hasil pengecekan memang benar adanya kejadian tersebut. Informasi yang kami peroleh dari dinas terkait, hal ini terjadi diperkirakan karena perubahan iklim di laut terhadap ikan tersebut yang tidak kuat terhadap panas air laut," kata Zulpan dalam keterangannya, Rabu (30/11/2022).

Zulpan memastikan, penyebab dari menepinya ikan-ikan itu bukan karena limbah, diracun oleh warga atau kondisi lainnya, tetapi hanya fenomena alam biasa seperti yang pernah terjadi di Ancol, Jakarta Utara. Untuk itu, kata Zulpan, warga tidak perlu khawatir jika ingin memanfaatkan ikan yang terdampar untuk keperluan pribadi atau lainnya.

"Pada akhirnya dimanfaatkan oleh warga masyarakat nelayan untuk mengambil ikan-ikan yang menepi di area pantai bebatuan pemecah ombak Apartemen Regatta," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Tambahan informasi, saat ini pihak dari Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta tengah melakukan pendalaman lebih lanjut terkait ikan yang terdampar dengan mengambil sampel ikan di lokasi.

Editor : -

Tag : #ikan terdampar    #pantai mutiara    #metropolitan    #jakut    #pulau onrust    #kepulauan seribu    #ancol    #polda metro jaya   

Baca Juga