parboaboa

Roberto Mancini Resmi Menjabat Sebagai Pelatih Timnas Arab Saudi

Michael | Sepakbola | 28-08-2023

Roberto Mancini resmi diumumkan sebagai manajer baru Timnas Arab Saudi pada hari Senin (28/08/2023) WIB. (Foto: Instagram/@azzurri)

PARBOABOA – Roberto Mancini resmi diumumkan sebagai manajer baru Timnas Arab Saudi pada hari Senin (28/08/2023) WIB. Pengangkatan Mancini ini terjadi setelah ia mengundurkan diri dari posisi pelatih Timnas Italia dua minggu yang lalu.

Mancini telah menandatangani kontrak selama empat tahun ke depan sebagai pelatih Arab Saudi. Dengan rekam jejak suksesnya sebagai pelatih terkemuka di Italia, diharapkan ia akan membawa perubahan besar bagi sepak bola Arab Saudi.

Berdasarkan laporan dari BBC, pertandingan pertama Mancini sebagai pelatih Timnas Arab Saudi dijadwalkan pada tanggal 8 September 2023 melawan Kosta Rika, dan akan berlangsung di Stadion St. James Park, Newcastle.

"Dengan semakin berkembangnya popularitas sepak bola di Asia, saya yakin bahwa ini adalah kesempatan besar bagi saya untuk merasakan dunia sepak bola di negara baru," ujar Roberto Mancini dengan antusias.

Prestasi Bersama Gli Azzurri

Dengan usianya yang kini 58 tahun, Mancini berhasil membawa Italia meraih gelar juara di Euro 2020, dimana mereka berhasil mengalahkan Inggris melalui adu penalti dalam pertandingan final yang digelar di Stadion Wembley.

Namun demikian, Gli Azzurri kemudian mencatat rekor tak terkalahkan dalam 37 pertandingan berturut-turut, namun sayangnya mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2022 yang diadakan di Qatar.

Pengalaman Melatih Klub Top Eropa

Sebelumnya, Mancini juga sukses memimpin Manchester City meraih gelar Liga Inggris pertama mereka pada tahun 2012.

Selain itu, ia pernah menangani beberapa klub top seperti Fiorentina, Lazio, Inter Milan, Galatasaray, dan Zenit St. Petersburg.

Era Baru Sepak Bola Arab Saudi

Kedatangan Mancini menjadi bagian dari era baru sepak bola di Arab Saudi. Kehadiran pemain-pemain top di Saudi Pro League, seperti halnya Cristiano Ronaldo, menunjukkan potensi pertumbuhan yang besar dalam sepak bola negara tersebut.

Pada Piala Dunia yang berlangsung tahun lalu di bawah arahan mantan pelatih kepala Herve Renard, Timnas Arab Saudi berhasil mencetak kejutan dengan mengalahkan juara bertahan, Argentina, dalam kemenangan 2-1 di Qatar. Namun sayangnya, mereka gagal melanjutkan perjalanan mereka di babak grup.

Bayaran yang Menggiurkan

Menurut laporan dari La Gazzetta dello Sport, Roberto Mancini akan mendapatkan gaji sebesar 30 juta euro, atau sekitar Rp 496,5 miliar per tahun sebagai pelatih Timnas Arab Saudi. Media ternama Italia tersebut juga mengklaim bahwa pengumuman resmi dari pihak Arab Saudi akan segera dilakukan.

Arab Saudi sangat berharap Mancini dapat membawa perubahan signifikan dalam penampilan tim nasional mereka dan mengangkat prestasi sepak bola negara tersebut.

Editor: Michael

Tag: #roberto mancini    #timnas arab saudi    #sepakbola    #timnas italia   

BACA JUGA

BERITA TERBARU