Ruang tamu minimalis, foto: Dekoruma.com

10 Desain Ruang Tamu Minimalis Elegan dan Kekinian

Wanovy | Rumah | 13-04-2022

 

PARBOABOA - Contoh desain ruang tamu minimalis yang elegan dibawah ini siap menjadi inspirasi interior di rumah. Konsepnya sederhana, tetapi memukau dan tentunya modern. Yuk, simak ulasannya!

Ruang tamu merupakan ruangan pertama yang terlihat saat kita kedatangan tamu. Ruangan ini juga cukup vital untuk penghuni rumah karena acap dihuni, baik untuk bersantai atau berkumpul bersama.

Jadi, ada baiknya kita memikirkan desain ruang tamu agar semua orang nyaman berlama-lama di sana.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari desain ruang tamu terbaik, Parboaboa sudah kumpulkan desain ruang tamu minimalis yang elegan dan modern, cocok untuk hunian masa kini.

Yuk, kita intip inspirasinya pada ulasan di bawah ini!

1. Desain lampu gantung emas

(Sumber: @adamfurniturepalembang)

Pertama ada desain ruang tamu minimalis elegan yang dihiasi dengan lampu gantung berwarna emas. Warna tersebut menimbulkan kesan mewah dan menarik.

Selain ada lampu gantung, di ruangan ini juga terdapat beberapa furniture lainnya seperti sofa, meja kecil, tirai sera jam dinding dengan aksen emas.

Sedangkan untuk dinding sendiri menggunakan warna abu-abu yang kalem.

2. Furnitur yang pas dengan luas ruangan

(Sumber: housebeautiful.com)

Mengisi ruang tamu minimalis untuk rumah mungil bisa dengan memilih furnitur berukuran kecil. Kamu bisa memilih sofa dan meja yang simpel agar ruang tamu lebih nyaman dan terlihat estetik.

3. Ruang tamu minimalis dengan warna pastel

(Sumber: lamudi.co.id)

Salah satu ciri ruang tamu minimalis adalah digunakannya warna pastel, pengaplikasian warna pastel ini tentunya dapat membuat kesan ruangan terasa lapang.

Hindari menggunakan warna tajam seperti merah, kuning atau biru, karena warna ini akan menciptakan kesan yang penuh pada ruangan.

4. Ruang tamu minimalis bergaya retro

(Sumber: lamudi.co.id)

Jika ingin membuat suasana unik pada ruang tamu, kamu bisa membuat area ini dengan gaya retro. Caranya sederhana, kamu  bisa menempatkan kursi dan meja jengki berukuran kecil.

Untuk mempermanis ruangan jangan lupa untuk menempatkan hiasan di dinding ataupun tanaman agar ruang tamu terasa lebih segar.    

5. Desain kipas angin atas

(Sumber: teni_feriyanto)

Berikutnya ada desain ruang tamu minimalis yang secara umum tidak terlalu luas namun tetap nyaman.

Posisinya sendiri percis berada di dekat pintu depan rumah.

Alih-alih menggunakan AC yang boros listrik, hunian ini memanfaatkan kipas angin sebagai penyejuk udara.

Furniturenya sendiri menggunakan sofa berwarna abu-abu, kursi kecil, meja tamu, cermin dan terdapat sebuah tanaman berukuran sedang di sebelah sofa.

Dindingnya menggunakan warna putih yang membuat ruang tamu terasa lebih luas.

6. Sederhana tetapi modern

(Sumber: temanggo.com)

Desain ruang tamu minimalis yang elegan ini mengusung konsep yang cukup sederhana. Walaupun begitu, interiornya tetap terlihat cantik berkat penataan ruang yang cerdas.

Bagian tengah dibiarkan kosong untuk menciptakan ruang tamu yang lebih lapang.

Sementara itu, warna-warna di dalam ruangan pun netral, yang mana merupakan ciri-ciri desain minimalis.

Gaya furnitur pun modern, dengan mengandalkan bentuk tegas dan model terbaru.

7. Nuansa hijau yang memberi kesan alami

(Sumber: Instagram @ahprojetos)

Apakah kamu pencinta warna hijau? Desain ruang tamu minimalis satu ini boleh kamu coba.

Kamu dapat mengecat beberapa bagian dinding ruang tamu dengan warna hijau pastel. Selain itu, gunakanlah sofa berwarna netral seperti abu-abu, putih, atau krim.

Letakkan juga beberapa bantal sofa yang bermotif untuk sedikit meramaikan. Tambahkan juga beberapa aksesoris atau hiasan dengan tema alami atau natural untuk mempermanis. Pasti ruang tamu kamu akan menjadi lebih segar dan nyaman.

8. Nuansa ochre yang terang dan berenergi

(Sumber: Instagram @deko.moden)

Ochre adalah warna yang berenergi, jadi gunakanlah warna ini jika kamu ingin menciptakan suasana semangat di ruang tamu.

Kamu dapat memilih sofa dan gorden dengan warna ochre ini, ditambah dengan beberapa bantal empuk dengan warna yang netral untuk mengimbanginya.

Tambahkan juga hiasan seperti tanaman hias di sudut ruangan dan bingkai foto pada dindingnya. Dengan suasana ini, bincang-bincang bersama tamu pasti akan lebih seru.

9. Hangat dan Luas

(Sumber: rumahkuunik.com)

Desain ruang tamu minimalis elegan kali ini menggunakan kayu sebagai material utama. Ini merupakan trik tercepat untuk menghangatkan ruangan dari segi visual.

Pasalnya, warna cokelat pada kayu mampu membawa kehangatan serta elemen alami dan natural ke dalam rumah.

Kamu bisa menggunakan kayu pada lantai atau dinding seperti pada contoh desain ruang tamu modern di atas.

10. Desain ala scandinavian

(Sumber: @Wellanovikaaditya)

Buat kamu yang suka dengan desain rumah bergaya scandinavian, bisa menggunakan referensi desain ruang tamu minimalis yang satu ini.

Seluruh furniture dan ornamen di ruang tamu ini menggunakan warna dasar hanya 2 yakni putih dan krem.nMulai dari kursi, meja, rak dinding hingga warna cat tembok.

Untuk menghadirkan kesan hijau dan cantik, penghuni rumah juga menambahkan tanaman kecil di dalam ruangan.

Nah, itulah beberapa desain ruang tamu minimalis elegan yang bisa kamu terapkan di hunianmu. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #ruang tamu    #rumah minimalis    #model rumah    #desain ruang    #interior rumah   

Baca Juga