Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

Samsung Klaim Galaxy Tab S7 FE Bakal Tersambung Jaringan 5G di Indonesia

admin | Teknologi | 30-07-2021

Akhir Juni lalu, Samsung secara resmi memboyong Galaxy Tab S7 FE 5G ke Indonesia. Menyandang nama 5G, perangkat ini dijanjikan akan mendukung jaringan kenerasi ke-5 di Tanah Air.

Hal itu diungkapkan Elvira Dwi Anggreani, IT & Mobile Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia. Menurutnya, saat ini Samsung tengah berupaya menjalin kerja sama dengan operator seluer untuk mengoptimalkan perangkatnya dengan spektrum 5G yang digunakan.

"Kami (Samsung) memprioritaskan perangkat 5G ready termasuk Galaxy Tab S7 FE 5G untuk bisa merasakan jaringan 5G ini. Sehingga tak hanya smartphone tapi juga tablet kami," ujar Elvira dalam acara media update yang digelar secara virtual.

Ia juga mengatakan pihaknya sedang bekerja sama dengan operator-operator seluler di Indonesia untuk bisa mengoptimalkan Galaxy Tab S7 FE 5G dengan spektrum masing-masing.

Elvira menambahkan, kehadiran tablet ini ialah untuk mengantisipasi kebutuhan komunikasi di Indonesia yang akan terus berkembang.

Di Indonesia sendiri baru ada dua operator seluler yang saat ini resmi menggelar layanan 5G di Indonesia yaitu Telkomsel dan Indosat Ooredoo.

Layanan Telkomsel menggunakan frekuensi 2,3 GHz (band n40). Sementara jaringan 5G Indosat berada di frekuensi 1.800 MHz (band n3).

Berdasarkan informasi, Galaxy Tab S7 FE 5G mendukung band n1/n3/n5/n7/n8/n20/n28/n38/n40/n41/n77/n78.

Artinya, dengan dukungan band n40 dan n3, tablet Samsung ini sebenarnya sudah memenuhi syarat untuk bisa menikmati jaringan 5G di Indonesia.

Meski begitu, Elvira belum mengungkapkan secara pasti kapan Samsung mulai membuka kunci (unlock) jaringan 5G di perangkat Galaxy Tab S7 FE 5G. Dan belum dijelaskan pula, apakah proses unlock tersebut akan hadir lewat pembaruan software atau tidak.

Sebagai informasi, untuk bisa menikmati layanan 5G, ada beberapa syarat yang harus di penuhi.

Pengguna Telkomsel maupun Indosat harus menggunakan kartu USIM yang digunakan untuk koneksi layanan jaringan 4G. Artinya, jika kartu sudah diaktifkan dengan layanan 4G, pengguna tidak perlu lagi mengganti kartu SIM.

Perangkat pun juga harus mendukung n40 atau n3 agar bisa memperoleh sinyal 5G Telkomsel dan Indosat, sekaligus dukungan software dan firmware.

Terkait spesifikasi, Galaxy Tab S7 FE 5G mengusung layar yang berukuran 12,4 inci dan didukung fitur Samsung Dex.

Pada bagian belakang tedapat kamera yang beresolusi 8 MP dan kamera dengan 5 MP. Tablet ini ditenagai dengan prosesor Snapdragon 750G yang dipadu dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB, serta bisa diperluas dengan kartu microSD hingga 1 TB.

Tablet yang menjalankan sistem operasi Android 11 dan dilapisi dengan anatarmuka One UI 3.1 ini turut dibekali dengan baterai berkapasitas 10.080 mAh dengan dukungan fast charging 45 Watt melalui port US Type-C.

Salah satu fitur di Galaxy Tab S7 FE 5G adalah active window yang memungkinkan pengguna membuka sampai tiga aplikasi sekaligus.

Kemudian ada App Pair untuk mengelompokkan samapi tiga aplikasi favorit atau yang paling sering digunakan.

Di Indonesia, Galaxy Tab S7 FE 5G hadir dengan dua varian warna, yakni Mystic Black dan Mystic Silver. Tablet ini juga sudah mendukung penggunaan S Pen yang tersedia di dalam paket penjualan.

Galaxy Tab S7 FE 5G dibanderol dengan harga Rp 9,4 juta. Kosumen juga akan mendapatkan bonus book cover keyboard senilai Rp 2.898.000 dan perlindungan Samsung Care Plus selama setahun.

Tag : #teknologi   

Baca Juga