Samsung Pamerkan Prototipe Flex Hybrid, Ponsel Yang Bisa Dilipat dan Digeser

Wanovy | Teknologi | 04-01-2023

Prototipe Samsung Flex Hybrid, foto: Samsung Display

PARBOABOA - Pada ajang CES tahun 2022 lalu, Samsung melipat layar karyanya dengan hampir seluruh cara yang dapat terpikirkan oleh manusia. Namun tahun ini, layar fleksibel karya Samsung mengombinasikan trik lain yaitu bergeser.

Mengutip Engadget, layar mobile Flex Hybrid OLED, yang diperkenalkan pada ajang CES 2023, berkemampuan terlipat dari satu sisi dan bergeser ke arah luar dari sisi lain, tidak hanya mengubah ukuran, tapi juga rasio aspek.

Dari ukuran layar yang relatif ringkas, sebesar 4,2 inci, layar Samsung Flex Hybrid OLED ini dapat membuka lipatan dengan ukuran menjadi 10,5 inci dan rasio 4:3, diklaim sesuai untuk mendukung produktivitas.

Layar ini juga dapat bergeser ke arah luar untuk menciptakan layar berukuran 12,4 inci dengan rasio aspek 16:10.

Ukuran layar tersebut disebut sesuai untuk aktivitas hiburan atau kreasi konten, secara khusus berkat kualitas gambar sangat baik yang ditawarkan oleh teknologi layar OLED.

Tambahan dua inci layar tampak akan muncul dari bagian sisi kanan bawah perangkat saat digeser keluar, berdasarkan ketebalan ekstra di sisi layar tersebut.

Teknologi yang dikombinasikan Samsung pada perangkat ini secara efektif memungkinkan pengguna membawa tablet berukuran layar OLED 12,4 inci dan rasio aspek 16:10 di saku jaket.

Hal tersebut dinilai sesuai untuk mendukung kegiatan hiburan atau profesional saat dalam perjalanan.

Dua layar karya Samsung lainnya akan dipamerkan pada ajang CES 2023, terdiri dari Flex Slideable Solo dan Flex Slidable Duet OLED.

Jika pengguna membutuhkan layar yang lebih besar, bisa menggeser layar untuk memanjangkannya hingga ke ukuran maksimal yakni 12,4 inci, dengan rasio 16:10. Samsung Display menyebut Flex Hybrid ditujukan untuk laptop masa depan.

Perangkat layar lain juga akan ditampilkan di CES 2023 adalah monitor ultra wide 49 inci, dan monitor lainnya berukuran 77 inci, 65 inci, 55 inci, dan 34 inci.

Prototipe ini dirancang mengikuti konsep perangkat yang sudah dipamerkan oleh Samsung dalam beberapa tahun terakhir. Belum lagi ponsel layar lipat Galaxy Z Fold dan Z Flip yang sudah dirilis Samsung secara publik.

Prototipe ini dirancang mengikuti konsep perangkat yang sudah dipamerkan oleh Samsung dalam beberapa tahun terakhir. Belum lagi ponsel layar lipat Galaxy Z Fold dan Z Flip yang sudah dirilis Samsung secara publik.

Selain perangkat layar lipat dan geser, Samsung juga menampilkan dua prototipe layar geser dengan ukuran lebih besar. Layar geser ini berukuran 17 inch dan dirancang untuk laptop masa depan.

Flex Slidable Solo bisa diperluas dari layar OLED 14 inch menjadi 17,3 inch dengan menarik salah satu sisinya. Sedangkan Flex Slidable Duet bisa diperbesar dengan menarik ekstensi layar dari sisi kiri dan kanannya.

Tag : #flex hybrid    #samsung    #teknologi    #gadget    #foldable    #slideable   

Baca Juga