Mengenal Sandi Morse Pramuka: Pengertian, Sejarah, Manfaatnya (Foto: Pramuka DIY)

Mengenal Sandi Morse Pramuka: Pengertian, Sejarah, Manfaatnya

Faulan | Pendidikan | 30-09-2022

PARBOABOA - Sandi morse merupakan salah satu kode yang banyak digunakan dalam dunia kepramukaan. Sandi ini telah lama digunakan sebagai sarana komunikasi bagi organisasi Pramuka. Lambang pramuka adalah sebuah bayangan tunas kelapa.

Selain kode, metode lain yang biasa digunakan dalam pramuka adalah sandi semaphore. Sandi semaphore menggunakan bendera kecil, batang kayu, ataupun dengan tangan kosong.

Bahkan, sandi morse banyak digunakan tidak hanya sebagai alat komunikasi Pramuka, tetapi juga dalam berbagai alat seperti telegraf. Pada awalnya, sandi morse digunakan untuk mengirim pesan antara dua tempat yang cukup berjauhan. 

Pengertian Sandi morse

Sandi morse adalah sandi yang menggunakan yang menempatkan titik (.) dan garis (-) untuk merepresentasikan huruf, angka, dan juga tanda baca.

Kedua simbol tersebut akan memiliki pola khusus sehingga dapat berkomunikasi. Untuk simbol titik, nada yang dihasilkan adalah nada pendek. Sendangkan, suara yang dihasilkan oleh simbol garis adalah bunyi yang panjang.

Sandi morse dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah sebagai berikut.

- Menggunakan suara (peluit)

- Menggunakan simbol

- Menggunakan Ketukan Jari

- Menggunakan Tulisan

Dalam Pramuka, sandi morse dipelajari sebagai bentuk keterampilan. Sandi ini disampaikan dengan menggunakan senter dan peluit. Peluit ditiup dengan durasi pendek untuk mewakili titik dan durasi panjang untuk mewakili garis.

Sejarah Sandi morse

Sandi morse juga mengalami perkembangan, sehingga sandi morse yang pertama kali digunakan berbeda dengan sandi morse yang kita kenal sekarang. 

Sandi morse yang digunakan saat ini adalah sandi morse yang secara resmi ditetapkan pada Kongres Berlin pada tahun 1851.

Penemu sandi morse yang digunakan dalam telegraf ini ditemukan oleh Samuel Finley Breeze morse atau lebih dikenal dengan Samuel morse pada tahun 1838.

Selain digunakan sebagai sandi untuk organisasi pramuka, sandi morse juga populer di kalangan pengguna radio amatir. Sandi ini juga dikenal untuk mengirimkan sinyal darurat atau SOS.

Manfaat Sandi morse

Sandi morse yang telah diciptakan dan dikembangkan oleh Samuel morse ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Dapat Digunakan Pada Telegraf

Pesan yang dikirim melalui telegraf dapat sampai ke penerimanya dengan aman. Dengan adanya sandi morse membuat telegraf berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, sandi morse tidak dapat dipisahkan dari telegraf. 

Sandi morse juga berperan dalam perkembangan telegraf pada masa itu, sehingga militer pun menggunakan telegraf untuk mengirim dan menerima pesan.

2. Sebagai Media Berkomunikasi

Sampai saat ini, sandi morse digunakan sebagai alat komunikasi, terutama dalam keadaan darurat dan bahaya. Contoh sandi morse "SOS" biasanya digunakan untuk mengirim bantuan. Selain itu, sandi morse "SOS" lebih sering digunakan di dunia maritim, baik oleh pelaut domestik maupun internasional.

3. Dapat Digunakan Pada Kegiatan Pramuka

Setiap kegiatan Pramuka akan menjelaskan cara menggunakan sandi morse. sandi morse dengan peluit biasanya digunakan dalam kegiatan pramuka. 

Peluit adalah alat yang mengeluarkan suara saat ditiup. Sandi morse biasa digunakan dalam kegiatan Pramuka untuk memanggil anggota agar berkumpul di suatu lokasi.

4. Memberikan Pesan Rahasia

Pesan rahasia yang dimaksud adalah pesan yang hanya dapat dibaca oleh penerima atau orang tertentu saja. Oleh karena itu, kelebihan sandi morse sebagai pesan rahasia biasanya hanya digunakan di bidang intelijen. 

Nah, itulah informasi seputar pengertian, sejarah, dan manfaat sandi morse yang wajib Kamu ketahui sebagai anggota pramuka. Sebab, cara ini sangat berguna saat Kamu ingin mengirimkan pesan dari jarak yang cukup jauh. Semoga bermanfaat!

Tag : #sandi morse pramuka    #sandi morse    #pendidikan    #kode   

Baca Juga