Belajar Yuk: Sapaan Bahasa Inggris Terunik yang Wajib Dicoba

Belajar Yuk: Sapaan Bahasa Inggris Terunik yang Wajib Dicoba

Sondang | Pendidikan | 08-11-2021

PARBOABOA, Siantar – Apa kamu masih menggunakan “hello” dan “how are you” untuk menyapa bule? Eits, jangan lagi dong. Parboaboa punya cara unik untuk menyapa dalam bahasa inggris biar kamu keliatan keren.

Sapaan (Greetings) adalah ungkapan salam atau sapaan yang digunakan saat kita bertemu atau akan memulai percakapan. Kata sapaan merupakan aspek penting dalam komunikasi untuk membangun koneksi dengan orang lain.

Perlu dicatat bahwa awal mula interaksi ataupun percakapan Anda dengan orang lain sangatlah penting. Langkah awal tersebut akan menciptakan kesan pertama tentang Anda. Jika kesan pertama tersebut kurang atau bahkan tidak dapat kita tampilkan, tentu akan lebih sulit dalam percakapan selanjutnya.

Namun jika Anda menyapa seseorang dengan penuh keyakinan dan percaya diri, tentu mereka akan merasa lebih nyaman dengan Anda dan akan membentuk kesan pertama yang positif.

Jadi jika Anda ragu dan tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan, lawan bicara Anda tentu akan meragukan atau bahkan salah menilai kemampuan berbahasa Inggris Anda, bahkan mungkin akan memandang Anda dengan sebelah mata. Oleh karena itu, kamu memerlukan sapaan ini.

Contoh sapaan bahasa Inggris yang unik:

1. Wagwan

“Wagwan” adalah kata sapaan di Inggris yang awalnya digunakan oleh imigran dari Jamaika. Seiring berjalannya waktu wagwan banyak digunakan oleh masyarakat inggris. Dalam bahasa Indonesia, wagwan berarti “apa kabar”?

Kata sapaan ini paling cocok diucapkan ketika bertemu teman atau keluarga, “aye wagwan fam” atau “wagwan brother”. Namun, wagwan hanya bisa digunakan dalam lingkungan non-formal.

2. What’s Up

Kata what's up sangat populer di kalangan anak muda. Contoh kalimat yang menggunakan kata sapaan ini adalah “Hey man, what’s up?”. Terkadang cukup disingkat menjadi “sup” atau “whaddup”.

Sapaan “what’s up” juga bisa digunakan untuk menanyakan kabar seseorang seperti, “You seem a little bit down today, what’s up?”

Saking populernya penggunaan kata sapaan ini, Jan Koum dan Brian Acton membuat aplikasi bernama Whatsapp, yang didasari oleh sapaan “whats up”.

3. Howdy

“Howdy” sangat identik dengan masyarakat Amerika Serikat yang tinggal di Texas atau bagian Selatan lainnya. Secara umum, penggunaan kata “howdy” sama seperti “halo”, tapi bisa juga dipakai untuk menanyakan kabar seseorang.

Ketika memasuki tempat yang ramai bisa mengucapkan “howdy ya’ll” atau ketika sedang berdua menjadi “howdy mr/ms/mrs”.

4. What it Do

“What it do’ agak mirip dengan what’s up tapi kata ini lebih digunakan untuk menanyakan kabar seseorang. Sepert “hey man, haven’t seen you in a while. What it do?”. Kata ini biasanya digunakan di antara komunitas Afrika Amerika dan Hispanik.

Penggunaan kata ini tambah populer setelah beredarnya video pemain basket, Kawhi Leonard, mengucapkannya dengan nada yang lucu. Setelah itu videonya dijadikan meme viral.

5. How You Going

“How you going” merupakan kata yang umum digunakan di Australia. Salah satu fungsi kalimat “how you going” adalah menanyakan kabar, seperti “how you going mate?”. Tapi kata ini juga bisa digunakan untuk menanyakan kendaraan yang akan digunakan seorang kerabat. Contoh, “how you going?”  dan dibalas “ either by train or car”.

Tag : sapaan bahasa inggris, greetings, komunikasi, pendidikan, belajar

Berita Terkait