Perusahaan pengembangan game asal Jepang Sega Sammy Holding mengumumkan tengah melakukan eksplorasi strategis bersama Microsoft dalam hal pemanfaatan cloud.

Sega dan Microsoft Jalin Kerja Sama Manfaatkan Cloud untuk Game

Wanovy | Teknologi | 02-11-2021

Perusahaan pengembangan game asal Jepang Sega Sammy Holding mengumumkan tengah melakukan eksplorasi strategis bersama Microsoft dalam hal pemanfaatan cloud atau teknologi awan komputasi untuk game.

Sega dikabarkan sedang mencoba platform cloud milik Microsoft yaitu Microsoft Azure, dan belum secara mendetil menggambarkan jenis pengembangan yang dimaksud.

Kerjasama keduanya diharapkan dapat membawa evolusi teknologi pada alat infrastruktur dan komunikasi yang dibutuhkan untuk memperkuat layanan online gaming.

Meski penjelasan yang mereka berikan memang lebih mengarah pada optimalisasi game berbasis online, namun secara menyeluruh ini mungkin berhubungan dengan ekosistem dalam industri game sendiri.

Ini artinya Sega ingin mendorong produksi serta pemasaran game-game mereka di masa mendatang secara lebih efektif, semua dengan memanfaatkan platform Azure sebagai wadah utama.

“Tujuannya tentu untuk mengoptimalkan perkembangan dan juga terus memberikan pengalaman yang berkualitas kepada para penggemar game menggunakan teknologi cloud dari Azure,” ujar Sega dalam pernyataannya seperti dilansir dari Reuters, Senin (1/11).

Karena rencana kerja sama ini, nilai saham Sega justru meningkat hingga 6 persen di pasar saham, pagi tadi.

Sebenarnya saat ini Microsoft sudah memiliki inisiatif terkait penggunaan teknologi gaming yang tersedia pada perangkatnya yaitu Xbox dan dapat dilihat melalui Xbox Games Pass. Beberapa game Sega juga tersedia dalam layanan itu. Contohnya seperti seri Yakuza.

Dalam pengumuman aliansi strategis dengan Microsoft ini, Sega tidak merinci lebih lanjut apakah kesepakatan ini akan menghasilkan judul video game ekslusif, termasuk investasi modal atau tidak.

Kendati demikian, kemitraan dengan Microsoft ini mencerminkan upaya Sega untuk membangun video game yang cocok untuk masa depan, di mana konektivitas online akan lebih cepat dan lebih luas daripada sebelumnya, karena kehadiran jaringan 5G.

Dengan begitu, konsumen akan dapat memainkan lebih banyak konten video game kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Dengan adanya teknologi cloud, penggemar tak lagi membutuhkan perangkat keras yang berukuran besar dan cukup menyediakan internet dengan koneksi yang cepat.

Kerjasama Sega dan Microsoft sebenarnya sudah berjalan cukup lama, namun semakin kuat dengan adanya pengumuman kolaborasi pemanfaat teknologi cloud itu.

Dalam pengumuman kemitraan ini, Microsoft menambahkan "Bersama-sama kita akan membayangkan kembali bagaimana game dibangun, di-hosting, dan dioperasikan, dengan tujuan menambah nilai lebih bagi pemain dan Sega".

Bagi Microsoft sendiri memang streaming atau cloud gaming menjadi salah satu target perusahaan di masa mendatang.

Tag : teknologi, game, sega, microsoft, cloud

Berita Terkait