Keluarga Riki Samosir yang menanti jenazah Riki di Pematangsiantar.

Setelah Hampir Sebulan Akhirnya Jenazah Riki Samosir Bisa Dibawa Ke Indonesia

maraden | Daerah | 21-07-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar Setelah hampir sebulan tidak ada ada kejelasan mengenai pemulangan jenajah ABK asal Siantar yang meninggal di perairan Somalia, dan juga berbagai usaha telah dilakukan oleh keluarga agar jenazah Riki Samosir kembali ke Indonesia dan dikembalikan ke keluarga, akhinya usaha yang tak kenal lelah itu berhasil.

Kabarnya hari ini, Rabu (21/07/2021) Jenazah Riki tiba diperairan Batam, Kepulauan Riau dan rencananya akan dibawa ke Siantar besok, Kamis (22/07/2021).

Kabar baik ini pertama kali didapat dari Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadinkes) Siantar Lukas Barus yang menyebutkan hasil komunikasi mereka dengan pihak Kementrian Luar Negeri bahwasanya jenazah Riki akan tiba di perairan Batam hari ini.

"Hasil komunikasi kami terakhir dengan pihak Kemenlu memberitahukan Jenazah Riki akan tiba di Perairan Batam hari ini, namun mengingat situasi pandemi jenazahnya nanti akan diserahterimakan di tengah laut oleh kapal Indonesia dari kapal yang membawanya," sebut Lukas.

Terpisah, Yuna Samosir, salah satu kerabat Riki Samosir yang dihubungi juga membenarkan informasi tersebut, pihak keluarga menyebutkan Jenazah Riki akan dijemput oleh keluarga dari pelabuhan di Batam.

"Iya, sekitar jam 3 sore nanti jenazahnya tiba di perairan Batam, jadi nanti keluarga kita menjemput kesana, ada paman kita disana nanti yang akan menjemput," ucapnya.

Dikatakan keluarga mereka tak ikut menjemput jenazah Riki karena mereka mengakui adanya keterbatasan dana, namun yang jemput jenazah Riki tetap masih keluarga, yaitu paman dari Riki Samosir.

Namun kata Yuna, sebelum dipulangkan ke Kota Siantar terlebih dahulu jenazah Riki akan dilakukan otopsi di Batam.

"Belum bisa kita bawa langsung, katanya di otopsi dulu, baru bisa dibawa, jadi nanti setelah diotopsi disana baru bisa dibawa ke Siantar" katanya.

Masih kata Yuna kemungkinan Jenazah Riki akan tiba di Kota Siantar pada malam hari nanti, tergantung berapa lama waktu untuk proses autopsi terebut.

Yuna juga menyebutkan jenazah Riki akan disemanyamkan di dekat kuburan orang tuanya sesuai permintaan pihak keluarga. Namun sebelum dikebumikan keluarga berencana  membawa jenajah ke Gereja HKBP Bombongan, Pondok Sayur, Siantar Martoba untuk didoakan terlebih dahulu.

"Nanti kita bawa dulu ke Gereja HKBP Bombongan (Kelurahan Pondok Sayur, Kecamatan Siantar Martoba), terus dikebumikan di dekat makam ibu kami, karena memang itu permintaan dari keluarga," kata Yuna mengahiri pembicaraan.

Seperti diketahui Riki Samosir adalah seorang ABK asal Siantar yang meninggal pada 28 Juni lalu saat bekerja di kapal asing.  Karena rumitnya masalah administrasi di wilayah tersebut membuat proses pemulangan jenajah tertahan di perairan Somalia.



Tag : #daerah    #hukum   

Baca Juga