Ilustrasi perbaikan motor

Simak, Beberapa Bagian Motor yang Harus di Cek Secara Rutin

Dimas | Otomotif | 09-03-2022

Parboaboa, Jakarta- Beberapa bagian motor yang harus kalian cek secara rutin. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga performa motor tetap baik dan aman saat di gunakan.

Beberapa bagian penting yang harus di cek pada motor yaitu,

Oli pada mesin

Pergantian oli pada mesin harus di cek dan di ganti secara rutin sesuai jadwal pergantian guna menjaga mesin agar tetap bekerja optimal dan sehat. Meskipun motor jarang digunakan, sebaiknya pergantian oli harus tetap di lakukan.

Oli gardan dan CVT

Bagi kalian yang mempunyai motor khususnya bertipe matic, sebaiknya sangat memperhatikan hal ini. Karena oli gardan bagian yang cukup vital pada motor. Pergantian oli gardan ini dapat dilakukan 2-3 kali atau ketika sepeda motor kamu sudah menemouh jarak lebih dari 8.000km.

Rantai dan gear

Bagian ini juga sangat vital bagi kalian pemilik sepeda motor manual. Selalu cek rantai dan gear. Apabila rantai sudah kendur dan kondisi gear sudah lancip segara bawa ke bengkel untuk di perbaiki.

Kabel gas dan kopling

Periksalah dengan rutin bagian ini. Biasanya kabel gas dan kopling cepat putus saat digunakan karena gesekan akibat sering di gunakan. Kalo ada hal yang kurang nyaman pada bagian ini, segera bawa ke bengkel terdekat

Sistem kemudi dan rem

Selalu cek bagian bearing roda dan engine mounting serta streeing apakah dalam keadaan baik. Hal ini dilakukan agar sepeda motor tetap stabil dan tidak terjadi getaran yang berlebihan saat di kendarai. Tak lupa juga bagian – bagian rem harus di cek seperti kanvas rem,kaliper dan minyak rem.

Ban

Perhatikan bagian ban. Apabila ban sudah aus atau botak segera lakukan pergantian. Karena hal ini akan sangat berbahaya jika ban dalam kondisi tidak baik. Hal itu dapat membuat kendaraan menjadi licin disaat hujan dan dapat menimbulkan kecelakaan. Dan perhatikan juga tekanan udara dalam ban agar disesuaikan dengan kebutuhan motor.

Sistem Penerangan

Periksalah dengan rutin lampu bagian depan,lampu pengereman dan lampu sein apakah berfungsi dengan baik. Pemeriksaan ini terbilang cukup mudah karena tombol – tombol tersedia pada bagian stang sepeda motor.

Itulah beberapa bagian penting pada motor yang harus rutin di cek, agar tetap nyaman dan selamat saat berkendara.

Tag : #sepeda motor    #perawatan sepeda motor    #otomotif   

Baca Juga