Sinopsis Film Mangkujiwo, Cerita Sadis Lahirnya Kuntilanak

Yesika Gulo | Hiburan | 08-02-2023

Poster Film Mangkujiwo 2 (Foto: Cinema XXI)

PARBOABOA - Film horor adalah sebuah film yang berusaha untuk memancing emosi penonton, seperti rasa takut atau merinding. Alur ceritanya sering melibatkan tema-tema kematian, supranatural, atau penyakit mental. Banyak cerita film horor yang berpusat pada sebuah tokoh antagonis.

Salah satu film bergenre horor Indonesia yang mendulang kesuksesan bertajuk Mangkujiwo. Film ini pertama kali dirilis pada 2020 dan disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis. Mendapatkan tujuh penghargaan pada ajang Piala Maya, membuat sang produser kembali merilis Mangkujiwo 2 yang ditayangkan pada Januari 2023.

Mangkujiwo 1 pertama kali muncul dalam film Kuntilanak yang dirilis pada 2006. Sekuel film ini berjudul Kuntilanak 2 dan Kuntilanak 3. Di mana Kuntilanak mengambil tempat kos bekas miliki keluarga Mangkujiwo.

Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? berikut Parboaboa akan mengulas tentang sinopsis film Mangkujiwo.

Sinopsis Mangkujiwo

Film Mangkujiwo adalah film horor Indonesia yang ditayangkan pada 30 Januari 2020. Film ini tentang kuntilanak mangkujiwo yang menceritakan awal mula lahirnya sosok kuntilanak. Disutradai oleh Azhar Kinoi Lubis dan dibintangi oleh Yasamin Jasem, Asmara Abigail, Djenar Maesa Ayu, Roy Marten dan Sujiwo Tejo.

Film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Kanti (Asmara Abigail) yang sedang mengandung di luar nikah. Warga desa menganggapnya sebagai pembawa kutukan. Lalu, Kanti pun dipasung di sebuah kandang kerbau.

Kemudian Brotoseno (Sujiwo Tejo), seorang abdi raja, menjemput Kanti. Dia ditemani oleh Sadi, pelayannya yang tunawicara. Brotoseno mengatakan bahwa dia akan membantu Kanti balas dendam. Namun ternyata tanpa sepengetahuan Kanti, Brotoseno mulai menjalankan ritual ilmu hitamnya. Di mana Ritual itu dilakukan dengan posisi Kanti menghadap sebuah cermin antik bernama Pengilon Kembar.

Pengilon Kembar merupakan sebuah cermin yang berada di Loji Pusaka. Cermin itu dipercaya menyimpan kekuatan mistis yang luar biasa. Bahkan cermin itu bisa memberikan pertanda kalau akan ada bahaya.

Brotoseno memiliki separuh dari cermin Pengilon Kembar tersebut sedangkan separuh lagi disimpan oleh pengusaha yang juga pernah menjadi abdi raja yaitu Tjokro Kusumo.

Berselang 19 tahun kemudian, Uma putri dari Kanti bekerja di sebuah hotel. Uma tak sengaja menjadi saksi pembunuhan ketika ia memergoki Karmila, pemiliki usaha barang antik, dan Pulungkusumo, putra dari Cokrokusumo, seorang abdi raja, pemimpin dari Loji Pusaka, dan musuh bebuyutan Broto, membunuh salah satu klien mereka yang tidak kooperatif.

Karmila, Pulung dan pembantu mereka, Herman, menangkap Uma. Pulung yang ditugaskan untuk membungkam Uma hendak memperkosanya terlebih dahulu. Namun, ia dapat melakukan hal tersebut, Uma tiba-tiba kerasukan, kemudian menembangkan durmo, lalu mematahkan leher Pulung.

Trauma, Uma pun memutuskan untuk pulang ke rumah ayahnya, Brotoseno. Meskipun hubungan Uma dan ayahnya tidak begitu akur tapi Uma merasa rumah adalah tempat paling aman baginya.

Lalu, suatu hari Brotoseno memperlihatkan ruang tersembunyi di rumahnya pada Uma. Dia kemudian menceritakan bahwa Uma adalah anak Kanti. Lalu ia menceritakan bahwa dulu Kanti dipasung oleh Tjokro untuk merusak nama Brotoseno. Kanti sebenarnya dibunuh oleh Tjokro namun kematiannya dibuat seolah-olah ia mengakhiri hidup dengan gantung diri. Uma pun merasa dendam pada Tjokro setelah mendengar cerita kisah Ibunya.

Namun ternyata, Brotoseno berbohong mengenai cerita Kanti dan Uma. Sebenarnya, Uma merupakan anak hasil hubungan gelap antara Tjokro dan Kanti. Brotoseno hanya menyiapkan Uma agar kelak menjadi penerus Kanti.

Hal itu dilakukan Brotoseno semata-mata karena ingin balas dendam kepada Tjokrokusumo yang telah membuat dirinya keluar dari keraton, dan ingin menyatukan cermin pengilon kembar yang terpisah agar ia bisa melakukan ritual ilmu hitamnya dengan sempurna.

Itulah sinopsis dari film Mangkujiwo, dan setelah jeda sekitar 2 tahun film horor terbaru Mangkujiwo 2 akhirnya telah tayang di bioskop sejak tanggal 26 Januari 2023. Penasaran dengan kisahnya? Yuk tonton film horor Indonesia Mangkujiwo 2 di bioskop kesayangan Anda.

Editor : Lamsari Gulo

Tag : #mangkujiwo    #film horor indonesia    #hiburan    #sinopsis film    #film kuntilanak   

BACA JUGA