Fitur Poling di Podcast Spotify

Spotify Kini Hadir dengan Fitur Poling dan Kolom Tanya-Jawab untuk Podcast

Wanovy | Teknologi | 01-10-2021

Spotify dikabarkan sedang melakukan uji coba fitur baru di dalam aplikasinya, yaitu polling untuk podcast. Fitur ini akan membuat podcast lebih bersifat interaktif dari sebelumnya.

Podcast interaktif terbaru milik Spotify ini mengadopsi fitur milik Instagram. Mirip dengan fitur pada Instagram, para responden dan host bisa melihat hasil poling secara langsung. Perbedaannya, hasil polling pada Spotify akan tetap anonim.

Perusahaan tersebut menguji fitur ini pada beberapa podcast eksklusif dan acara original di Spotify seperti The Rewatchables dan Crime Countdown.

Spotify mengatakan bahwa fitur ini telah tersedia bagi seluruh podcaster lewat aplikasi Anchor. Kreator yang ingin mempublikasi dan mendistribusikan podcast miliknya menggunakan Anchor bisa menambahkan polling atau tanya-jawab di episode baru mereka.

Saat ini, Anchor baru mendukung penambahan satu polling atau satu tanya-jawab ke sebuah episode individual. Ketika episode tersebut tayang di Spotify, polling dan tanya-jawab akan muncul di sisi bawah laman episode podcast. Pendengar kemudian bisa merespons polling atau pertanyaan yang dilempar podcaster.

Setelah merespons polling, mereka dapat segera melihat hasil suara yang diberikan audiens lain. Melansir dari Tech Crunch (1/10), fitur ini tersedia di platform Android maupun iOS.

Konsep polling yang ada di Spotify ini mirip seperti penyiar radio yang memberikan kuis atau pertanyaan kepada pendengar.

Podcaster bisa bertanya pendapat pada para pendengarnya melalui aplikasi. Pendengar bisa langsung memberikan respon. Kemudian, baik podcaster maupun pendengar bisa melihat hasilnya secara langsung.

Spotify menyebutkan kalau fitur ini bersifat anonim. Artinya tidak ada informasi siapa menjawab apa. Kalau pendengar mengisinya, mereka juga bisa melihat perbandingan pilihan mereka dengan pilihan pendengar lain.

Sementara, jawaban dari pertanyaan akan dikirimkan secara pribadi ke podcaster. Podcaster bisa menyematkan respons tertentu untuk dimunculkan ke publik di bawah pertanyaan.

Dari sisi podcaster, fitur ini tentu saja sangat berguna. Mereka bisa menggunakan informasi itu untuk membuat konten yang lebih menarik berikutnya.

Fitur ini sudah tersedia di Anchor dan Spotify di 160 negara di seluruh dunia. Angka itu belum menyeluruh ke pasar Spotify yang kini jumlahnya sudah 178 negara. Namun Spotify tidak merinci negara mana saja yang sudah kebagian.

Poling bisa ditemukan pada bagian bawah laman episode atau pada laman episode Now Playing. Fitur ini merupakan fitur interaktif kedua yang diuji Spotify tahun ini. Pada bulan Juni, Spotify mengeluarkan uji coba iklan interaktif.

Sepertinya Spotify akan menambahkan lebih banyak fitur interaktif ke depannya. Mungkin dengan memberikan ruang bagi para podcaster untuk mendapatkan masukan dari pendengar secara langsung tanpa harus mengirimkan tweet atau email.

Tag : #teknologi    #spotify    #poling    #podcast   

Baca Juga