Surat lamaran kerja via email (dok. ben-jobs.blogspot.com)

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email yang Baik dan Benar

Regina | Pendidikan | 06-06-2022

PARBOABOA - Jikalau ingin melamar pekerjaan, beberapa perusahaan menerapkan beberapa syarat untuk bahan seleksi karyawan yan ingin melamar. Tentu yang merupakan berkas paling penting saat ingin melamar adalah surat lamaran.

Dengan surat lamaran yang dikirim, itu menandakan kamu serius dengan rekrutmen yang sedang berlangsung di perusahaan tersebut. Berkas tersebut berguna sebagai ajang mempromosikan diri, agar membuat pihak perekrut yakin untuk memilih kamu.

Di zaman era digital saat ini, jenis yang paling mudah untuk apply lamaran ke sebuah perusahaan adalah mengirim surat lamaran kerja online, yang mana beberapa dokumen penting untuk melengkapi persyaratan saat rekrutmen dikirim via email.

Hal itu lebih praktis dan aman pastinya dibanding kamu melampirkan surat lamaran kerja tulis tangan.

Lalu, apakah anda tau cara buat surat lamaran kerja via email yang baik dan benar? Jikalau belum mari kita bahas.

Saat ingin membuat surat lamaran kerja, ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal penting berikut :

  • Tempat dan tanggal penulis
  • Nama yang dituju, beserta gelar dan jabatan
  • Alamat perusahaan yang dituju
  • Salam pembuka
  • Pembukaan
  • Biodata Kamu
  • Pengalaman Kerja
  • Penutup
  • Lampirkan surat lamaran kerja

Dalam mengirim surat lamaran kerja email, akan mempermudah aktivitas kalian, karena kalian akan menghemat waktu dan tenaga. Kalian bisa mengirim berkas tersebut di mana dan kapan pun. Yang penting, kalian harus memperhatikan setiap data yang kalian masukkan ke dalam surat lamaran kalian.

Berikut tips dalam menulis surat lamaran yang baik dan benar, agar berkas kalian mendapat peluang diterima oleh pihak perusahaan.

1. Mempersiapkan berkas-berkas yang berhubungan dengan data diri. Hal ini berguna agar pihak perusahaan dapat mengenal kamu sebelum adanya janji pertemuan langsung. Beberapa berkas yang bisa kamu lampirkan seperti pas foto, scan KTP, scan Ijazah (jika diharuskan), dan sebagainya.

2. Membuat CV. Berkas ini digunakan oleh para rekruter untuk melihat kemampuan para pelamar. Bagaimana bisa? Karena di dalamnya terdapat riwayat pendidikan dan juga pengalaman kerja yang pernah anda lakukan. Maka dari itu, pada saat mengirim surat lamaran via email, alangkah baiknya kalian melihat kembali isi CV milik kalian.

3. Menggunakan alamat email profesional. Karena berkas dikirim via email, ada baiknya kalian menggunakan alamat surel yang resmi, agar kalian tampak serius dalam melamar pekerjaan.

4. Pastikan alamat email atas nama mu. Hal itu agar tidak mambuat pihak rekruter bingung dengan data yang kamu miliki, jikalau dari alamat email saja sudah berbeda dengan isi berkas.

5. Pastikan berkas tidak sampai 1 MB. Dengan kalian mengirim file kurang dari 1 MB, itu akan mempermudah pihak HRD dalam mengunduh file milik kalian. Semakin cepat bisa diunduh, akan semakin sedikit penyitaan waktu untuk para rekruter melihat berkas yang kalian telah kirim.

6. Jangan pakai format zip/rar. Walaupun dengan format tersebut dapat mengompres ukuran file kalian menjadi lebih kecil, itu akan mempersulit pihak HRD untuk mengubah berkas milik kalian. Untuk itu, ada baiknya dalam mengirim surat lamaran via email, kalian harus memperhatikan format file sebelumnya.

7. Gunakan bahasa resmi. Bahasa tidak resmi untuk isi dari surat lamaran kerja online akan tampak tidak sopan untuk dibaca. Selain itu, usahakan tidak ada tulisan typo dalam menulis berkas milik kalian, agar file yang kalian kirim tampak serius saat dibaca.

Adapun contoh surat lamaran kerja lewat email sebagai berikut :

(Sumber : contohsurat.my.id)

 

(Sumber : scrib.id)

 

(Sumber : rapikan.com)

 

Sekian cara membuat surat lamaran kerja via e-mail yang baik dan benar yang bisa parboaboa rangkum untuk kamu, semoga artikel ini bermanfaat.

 

Tag : #surat lamaran kerja    #lamaran pekerjaan    #pendidikan    #email    #pekerjaan   

Baca Juga