Swiss Dan Serbia Memupus Harapan Juara Euro Ke Piala Dunia 2022

Swiss Dan Serbia Memupus Harapan Juara Euro Ke Piala Dunia 2022

Michael | Sepakbola | 16-11-2021

Dua kejutan besar terjadi pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona UEFA. Dua juara Euro terakhir, Portugal (2016) dan Italia (2020) gagal lolos langsung dan harus berjuang lewat babak play-off.

UEFA menjadi konfederasi dengan wakil paling banyak di Piala Dunia 2022 nanti. UEFA akan mengirim 15 wakil ke Qatar yang terdiri 10 tim pemuncak klasemen babak kualifikasi dan lima tim dari babak play-off.

Menariknya, beberapa negara unggulan gagal lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022. Italia, yang tampil begitu perkasa pada era Roberto Mancini, gagal lolos langusng ke Piala Dunia 2022.

Lalu, Portugal dengan Cristiano Ronaldo juga harus melanjutkan perjuangan bermain di Qatar lewat babak play-off. Portugal dijegal Serbia. Sedangkan, Italia dijegal Swiss.

Kejutan Swiss

Swiss tampil mengejutkan di Grup C. Padahal, Swiss baru saja memulai era baru. Setelah kisah heroik di Euro 2020 lalu, Swiss berpisah dengan pelatih Vladimir Petkovic. Pada Agustus 2021, Murat Yakin ditunjuk sebagai pelatih Swiss dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Qatar.

Di bawah kendali Murat Yakin, Swiss tak pernah kalah pada enam laga terakhir di semua ajang. Salah satu hasil gelimang yang didapat Yakin bersama Swiss adalah saat menahan imbang Italia dengan skor 1-1 di Stadion Olimpico (13/11/2021).

Hasil tersebut membuat Swiss menunda, bahkan akhirnya menggagalkan Italia lolos langsung ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Swiss menjadi pemuncak klasemen akhir Grup C dengan 18 poin, unggul dua poin dari Italia.

Pada fase grup, Swiss tidak pernah kalah dari delapan laga yang dimainkan. Swiss lima kali menang dan tiga kali imbang. Yann Sommer dan kawan-kawan hanya kebobolan dua gol, enam kali cleansheet, dan mencetak 15 gol.

Serbia Kalahkan Portugal

Sebelum cerita gemilang Swiss yang mampu memupus harapan juara Euro 2020, ada Serbia yang berhasil menghancurkan mimpi juara Euro 2016. Serbia sukses menyisihkan Portugal dari babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona UEFA.

Serbia tidak pernah kalah pada delapan laga yang dimainkan di Grup A. Mereka bermain imbang 2-2 saat menjamu Portugal di Rajko Mitic. Ada drama gol Ronaldo yang tidak disahkan wasit pada pertandingan ini.

Lalu, pada laga terakhir di Grup A, Serbia mengalahkan Portugal dengan skor 2-1 di Stadion da Luz. Serbia sempat tertinggal pada menit ke-2, lalu Dusan Tadic dan Aleksandar Mitrovic membuat mereka melangkah ke Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup A.

Serbia meraih enam kemenangan dan dua hasil imbang pada delapan laga Grup A. Dusan Vlahovic dan kawan-kawan meraih 20 poin, mencetak 18 gol, dan kebobolan sembilan gol. Catatan yang sangat baik.
 

Tag : #swiss    #serbia    #portugal    #italia    #kualifikasi piala dunia 2022    #juara euro   

Baca Juga