Ilustrasi, foto: Grid.ID

Tak Perlu Tarik Pesan Lagi, WhatsApp Sudah Siapkan Fitur Edit Chat

Wanovy | Teknologi | 06-06-2022

PARBOABOA - WhatsApp dilaporkan tengah menyiapkan tombol edit untuk versi beta aplikasi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengedit pesan yang sudah dikirimkan.

Dalam screenshot yang dibagikan, fitur Edit ini muncul ketika salah satu pesan ditekan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengedit pesan yang sudah dikirimkan. Dalam tangkapan layar di WABetainfo WhatsApp sedang mengembangkan opsi baru yang memungkinkan memperbaiki kesalahan ketik apa pun atau typo setelah mengirim pesan.

Mungkin tidak akan ada riwayat edit untuk memeriksa versi sebelumnya dari pesan yang diedit tetapi karena fitur ini sedang dalam pengembangan, rencana mereka mungkin berubah sebelum merilis fitur tersebut.

Sebenarnya WhatsApp pernah mengembangkan fitur Edit sejak lima tahun lalu. Namun, perusahaan urung memperkenalkannya ke publik setelah dibocorkan di Twitter.

Kendati demikian, WABetaInfo tidak menemukan apakah pesan asli sebelum diedit juga bakal ditampilkan ketika sudah diedit.

Dikarenakan fitur ini masih dalam tahap pengembangan, mungkin WhatsApp bisa memperlihatkan pesan original di samping pesan yang sudah diedit. Tidak ada informasi juga kapan fitur ini juga dirilis ke seluruh pengguna.

Fitur edit pesan juga diminta harus tersedia untuk berbagai platform WhatsApp. Tidak hanya Android, tapi juga untuk iOS, serta versi aplikasi desktop nantinya.

Sementara itu, WhatsApp baru-baru ini juga menambahkan beberapa fitur yang sangat dibutuhkan penggunanya.

Seperti misalnya, fitur untuk mengirim reaksi pesan dan fitur yang memungkinkan grup menampung hingga 512 orang anggota

Sebelumnya, Twitter sudah sejak 2016 melempar wacana kehadiran fitur edit, yakni ketika CEO Jack Dorsey melemparkan polling tentang apa yang dibutuhkan pengguna Twitter.

Tapi pada 2020 Dorsey menyebut tombol edit kemungkinan besar tidak akan hadir karena ingin menjaga atmosfer Twitter.

Namun, sejak Elon Musk berencana mengambil alih Twitter, wacana edit pesan kembali muncul.

Miliarder itu juga telah melakukan polling fitur edit cuitan melalui akunnya. Hasilnya, 73,6 persen pengikut Musk menginginkan tombol edit dan sisanya tidak.

Fitur edit pesan di Twitter dan WhatsApp nantinya disebut akan berbeda. Adapun Twitter, fitur edit hanya ada dalam konteks mengedit pesan terkirim yang kini sedang dalam pengerjaan dan kabarnya akan segera diluncurkan.

Tag : #whatsapp    #fitur baru    #apps    #teknologi    #edit chat wa   

Baca Juga