Aplikasi Telegram

Takut Dibajak? Ini 7 Fitur Untuk Membantu Keamanan Telegram Mu

sondang | Teknologi | 22-07-2021

PARBOABOA,Siantar Telegram berhasil menjadi aplikasi non-game yang paling banyak diunduh pada Januari 2021.

Telegram menawarkan berbagai fitur di antaranya berfokus untuk membuat pengguna Telegram merasa lebih aman dan mengendalikan privasi aplikasi. Berikut 7 fitur privasi Telegram untuk menjaga keamanan pengguna:

1. Look Chat

Anda dapat mengunci obrolan dengan cara memberi entri PIN atau bahkan melalui sensor sidik jari ponsel. Untuk mengaktifkan look chat dapat dilakukan dengan cara Sentuh Setting - Privacy and Security - Passcode and Touch ID - Pasang PIN atau Touch ID.

Dengan begitu, pesan pengguna secara otomatis akan terkunci setelah aplikasi tidak digunakan selama beberapa menit. Selain itu, pengguna juga bisa klik ikon lock chat pada bagian atas aplikasi Telegram untuk mengaktifkan fitur ini saat diinginkan.

2. Secret Chat

Fitur ini sama halnya dengan end-to-end encrypted yang juga digunakan WhatsApp atau Signal. Fitur ini membuat tidak ada pihak ketiga yang bisa melihat isi pesan obrolan, termasuk pihak Telegram. Untuk mengaktifkannya, Anda cukup klik kontak orang yang ingin dikirimi pesan, klik namanya, kemudian klik Start Secret Chat pada ikon more.

3. Verifikasi Dua Langkah

Jika mengaktifkan fitur ini, anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi setiap kali Anda masuk ke Telegram dari perangkat baru atau lama. Klik Pengaturan- Privasi dan Keamanan- lalu pilih two-step verification.

4. Server Proksi Telegram

Telegram mendukung server proxy karena pengguna dapat menyembunyikan alamat IP dengan menghubungkan ke server proxy khusus. Meskipun proxy tidak seaman koneksi VPN, proxy memiliki keuntungan karena tidak mengganggu kecepatan internet Anda. Untuk mengatur server proxy, pengguna dapat menavigasi ke Pengaturan- lalu ke menu Data dan Penyimpanan- kemudian pilih Pengaturan Proxy.

5. Hapus Pesan Pengirim

Selain dapat menghapus pesan sendiri, telegram juga dapat menghapus pesan yang dikirim oleh orang lain dalam ruang obrolan pribadi.

Untuk menghapus pesan pengirim, cukup tekan lama pada pesan obrolan apa pun dan tekan ikon hapus di atas, mirip dengan cara menghapus pesan Anda sendiri.

6. Kontrol Invite Group

Pengguna telegram dapat mengontrol untuk ditambahkan ke grup, dan memungkinkan mengatur izin untuk menambahkan akun Anda ke grup.

Anda dapat mengatur ini dengan menuju ke Pengaturan- pilih Privasi dan Keamanan- lalu pilih Grup.

7. Cek akun aktif di berbagai perangkat

Pengguna dapat membuka akun Telegram yang sama di berbagai perangkat secara bersamaan.

Untuk melakukannya fitur keamanan Telegram ini dapat dilakukan dengan buka Pengaturan- pilih Privasi dan Keamanan- pilih Sesi Aktif. Jika Anda melihat status aktifasi akun dan ingin Anda akhiri, cukup klik 'Hentikan' untuk mengakhirinya, menurut laporan Kaspersky.

Selamat mencoba!

Tag : teknologi,nasional

Berita Terkait