Tempat wisata di Klaten/Candi Plaosan, foto: MyTrip123.com

10 Tempat Wisata di Klaten yang Lagi Hits Dikunjungi

Wanovy | Travel | 19-08-2022

PARBOABOA, Klaten - Klaten merupakan salah satu kabupaten di jawa Tengah yang lokasinya berada di antara Kota Solo dan Yogyakarta.

Daerah ini memiliki sejumlah keindahan alam yang cocok dikunjungi untuk melepas penat. Bagi kamu yang berencana mudik ke daerah Klaten, berikut ini rekomendasi tempat wisata di Klaten yang bisa kamu kunjungi, yuk di simak!

1. Kereta Gantung Girpasang

Jika kamu suka menantang adrenalin, coba deh kunjungi wisata Kereta Gantung Girpasang di Tegamulyo, Kemalang, Klaten.

Kereta gantung akan melintas sejauh 125 meter dari Dukuh Bringin menuju Dukuh Girpasang.

Pengunjung bisa menikmati sensasi keindahan Gunung Merapi dari atas udara sekaligus uji nyali.

Dari waktu ke waktu kunjungan ke wisata Girpasang terus meningkat. Apalagi didukung menjamurnya kedai- kedai kopi dengan pemandangan Gunung Merapi sangat eksotik.

2. Air Terjun Luweng Sampang

Tempat wisata di Klaten berikutnya ada Air Terjun Luweng Sampang yang berlokasi di Kecamatan Gantiwarno.

Air terjun ini memiliki karakteristik batuan yang sekilas mirip dengan Grand Canyon dari AS. Batuannya terkena erosi air dan memiliki lapisan batuan yang bergaris-garis. Tinggi air terjun ini cukup pendek, hanya 5 meter saja.

Untuk tiket masuknya terbilang sangat murah, yakni Rp2.000 saja per orang dengan jam buka 09.00-17.00 WIB.

3. Candi Plaosan

Objek wisata terbaru dan lagi hits di Klaten ini terletak tak jauh dari Candi Prambanan, yaitu kurang lebih 1 Km.

Candi yang berada di Desa Bugisan ini juga tak kalah megah jika dibandingkan dengan candi-candi yang lain.

Tempat wisata di Klaten yang lagi hits ini diperkirakan dibangun saat kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-9 Masehi oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan.

Candi ini adalah candi Buddha, terbukti dari adanya arca Buddha dan stupa-stupa di sekitar sana. Kompleks candi ini terbagi menjadi dua, yaitu Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor.

4. Candi Sewu

Candi sewu juga memiliki sejuta keindahan dan legenda yang pastinya akan membuat pengetahuan kita bertambah dan semakin meningkat.

Candi Sewu memiliki usia yang lebih tua dari Candi Prambanan maupun Candi Borobudur yang menjadi candi Buddha terbesar di Indonesia.

Candi ini dibangun sekitar abad ke 8 Masehi dengan arsitektur unik yang merupakan perpaduan dari candi Hindu dan candi Buddha.

Letak Candi Sewu sendiri terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

Terletak di sebelah Candi Prambanan, membuat kawasan ini menjadi terkenal, jarak yang ada kurang lebih 800 meter. Kawasan Candi Sewu sendiri memiliki panjang 185 meter dan lebar 165 meter.

5. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan wahana air pertama di Indonesia yang memberikan pengalaman snorkling dan diving di kolam mata air alami yang dingin dan menyegarkan, dasar kolamnya pun memiliki pasir dan karang layaknya di laut.

Nggak lengkap rasanya jika tidak melakukan foro underwater di sini. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok tidak amis karena airnya terus mengalir.

Memang, pengelola menaruh beberapa benda unik di dalam kolam, seperti motor klasik C70, sepeda onthel, meja makan, kursi santai, televisi, hingga laptop. Barang-barang bisa disewa untuk sesi foto.

6. Objek Mata Air Cokro

Tempat wisata Klaten juga menyimpan kesegaran alami mata air yang terkenal akan jernih dan segar sehingga banyak wisatawan yang datang untuk menikmatinya.

Salah satu mata air atau umbul yang bisa kamu pilih untuk menghabiskan waktu siang yang trik adalah Umbul Cokro Tulung.

Tempat Wisata di Klaten ini mencoba menggabungkan antara objek wisata alam dan modern diantara mata air alaminya, pengelola objek wisata sudah membangun waterboom. Jadi kita bisa memilih-milih tempat ini yang cocok untuk untuk berwisata bermain air.

7. Candi Prambanan

Candi Prambanan berlokasi di antara kota Jogja dan Klaten, tapi karena lebih mendekati ke Klaten, maka banyak orang yang menganggapnya masuk ke dalam daftar Objek Wisata di Klaten.

Candi peninggalan jaman kerajaan Hindu ini tidak perlu lagi diragukan kepopulerannya. Semua orang pasti tahu tentang Prambanan dan legenda Roro Jonggrang-nya.

Wisatawan biasanya datang ke Candi Prambanan di siang hari untuk menikmati arsitektur kunonya. Di malam hari, ada pertunjungan sendratari Ramayana yang digelar.

Gala sendratari ini banyak didatangi oleh wisatawan asing. Untuk bisa mengunjungi Candi Prambanan, ada tiket masuk sebesar Rp 50.000 yang harus dibayar (bukan tiket untuk pertujukan Ramayana).

8. Taman Lampion Klaten

Untuk wisata yang lebih modern dan kekinian, serta wisata yang lebih mengedepankan spot foto untuk Instagram, wisatawan bisa datang ke Taman Lampion Klaten.

Taman wisata di Klaten ini memiliki banyak koleksi lampion dalam berbagai bentuk yang akan menyala warna-warni di malam hari. Tentunya taman ini cocok dijadikan background saat foto-foto.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke taman lampion ini tentunya adalah pada malam hari.

Pada saat malam hari, para wisatawan bisa menyaksikan lampion menyala sambil menikmati wisata kuliner di foodcourt yang tersedia di dalam area taman lampion ini.

9. Candi Gana

Sebuah warisan peninggalan dunia, Candi Gana. Terletak di sekitar perumahan penduduk di luar pagar Candi Prambanan.

Sehingga tidak banyak yang tahu lokasi candi ini. Candi Gana adalah salah satu dari empat candi yang berada di sekitar Candi Sewu. Candi Gana berada di bagian Timur Candi Sewu.

Di tangga saat memasuki Candi Gana terdapat simbol pepohonan yang merupakan simbol yang banyak ditemukan di Candi Buddha.

Candi Gana dibentuk berdasarkan perbingkaian kaki, sisi genta dan belah rotan yang merupakan tanda-tanda bangunan di zaman abad ke 9. Candi ini dibuat atas perintah dari dinasti Syailendara.

Ada banyak arca yang berhubungan dengan Candi ini, ada arca berwujud burung dan kepala anjing. Relief kepala anjing ini adalah alasan warga sekitar memberikan nama Candi Asu untuk Candi Gana ini.

10. Agrowisata Bonsai

Tempat wisata di Klaten terakhir yang ada di daftar ini adalah agrowisata bonsai. Bonsai adalah jenis tanaman kerdil nan unik yang biasa dikoleksi oleh pecinta tanaman hias.

Di Klaten, bonsai bisa tumbuh subur dan dikembangkan menjadi agrowisata yang menarik ratusan wisatawan tiap harinya.

Agrowisata di Desa Kebondalem Kidul ini menyajikan aneka macam bonsai dalam pot-pot cantik yang tak hanya bisa dibeli dalam bentuk jadi saja, tapi juga bisa dibeli dalam bentuk bibit dan cangkokannya.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata di Klaten yang lagi hits dan wajib kamu kunjungi jika berada di daerah ini. Happy holiday!

Tag : #wisata klaten    #klaten    #tempat wisata    #travel    #jawa tengah   

Baca Juga