Tempat wisata di Purwokerto, foto: NativeIndonesia.com

10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru dan Terhits 2022

Wanovy | Travel | 15-08-2022

PARBOABOA, Purwokerto - Purwokerto adalah ibukota dari kabupaten Banyumas. Kota ini memang tidak setenar kota lainnya yang ada di Jawa Tengah, seperti Semarang.

Tapi untuk pesona yang ditawarkan kota tersebut sebenarnya tidak kalah bagusnya dari kota-kota lain di Jawa Tengah.

Karena ada banyak tempat wisata terbaru dan lagi hits di Purwokerto yang tak kalah keren dibanding dengan destinasi di daerah lainnya.

Kamu bisa menikmati hari libur disini tanpa harus bingung karena tidak tahu kemana harus berkunjung,

Karena pilihan tempatnya begitu beragam. Kamu hanya perlu mengatur budget dan waktu agar hari liburmu bisa berjalan aman dan berkesan sepanjang perjalanan.

Lalu di mana saja sih tempat wisata di Purwokerto terbaru, hits dan Instagramable yang direkomendasikan jika kamu bekunjung ke kota ini? Simak bareng-bareng yuk!

1. New Small World Purwokerto

Purwokerto memiliki tempat wisata edukasi dengan berbagai miniatur bangunan ikonik dari sejumlah tempat di seluruh dunia.

Semuanya bisa ditemukan di New Small World.  Selain itu, tempat wisata ini juga memiliki taman bunga, kafe, dan area bermain anak bernama D'Ciblon.

Lokasi New Small World ada di Jalan Raya Baturaden Barat, Nomor 271 Desa Ketenger, Purwokerto, Jawa Tengah.

Jam operasionalnya adalah setiap hari pukul 07.00 WIB - 17.00 WIB. Harga tiket masuk untuk pengunjung berusia tiga tahun ke atas mulai dari Rp 20.000.

2. Lokawisata Baturaden

Jika ingin mengajak keluarga besar, Lokawisata Baturaden bisa jadi destinasi wisata yang tepat. Tempat wisata di Purwokerto ini berlokasi di kaki Gunung Slamet, kawasan Baturaden.

Tepatnya 15 km dari pusat kota Purwokerto. Di sini, ada banyak wahana permainan yang seru untuk anak-anak, serta taman untuk bersantai.

Beberapa wahana yang menjadi favorit adalah kereta putar, otoped, 4 dimensi, flying fox, kolam renang, dan masih banyak lagi.

3. Bukit Tranggulasih

Wisata alam selalu jadi pilihan terbaik saat ingin berlibur bersama keluarga. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi jika menyukai indahnya pemandangan alam adalah Bukit Tranggulasih.

Di sini, kita bisa menikmati indahnya pemandangan alam dari bukit dan pepohonan hijau yang terhampar luas.

Jika senang berburu foto, di sini ada banyak spot yang indah untuk mengabadikan momen.

Kamu dapat mengambil latar belakang alam yang sangat luas, atau spot-spot buatan yang unik di tempat wisata ini.

Jika datang di malam hari, kita bisa melihat keindahan kota Puwokerto dari atas bukit. Di mana kemerlip lampu kota menambah keindahan suasana malam yang syahdu.

4. Baturaden

Tempat wisata di Purwokerto yang paling terkenal di Purwokerto adalah Baturaden. Masih asri dan sejuk, lokasinya terletak di lereng Gunung Slamet, tepatnya di Desa Karangmangu. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum ke sini.

Kamu bisa menikmati kolam renang, pemandian air panas, kolam luncur, terapi ikan, sepeda air, dan kebun binatang mini.

Ada pula museum dan teater, nantinya akan diputar film tentang  budaya dan pariwisata yang berdurasi 10 hingga 15 menit.

Harga tiket masuknya seharga Rp14 ribu, sudah bisa berenang, main sepeda air, dan menikmati pemandian air panas. Hanya tambah Rp8.000 kalau mau masuk berkunjung ke ke kebun binatang mini.

5. Curug Gede

Ingin menyegarkan badan dengan air yang turun langsung dari air terjun? Langsung datang ke Curug Gede deh. Letaknya di lereng Gunung Slamet, masih dalam kawasan Baturaden.

Dikelilingi perbukitan, hawanya sejuk dengan pemandangan yang luar biasa. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan pepohonan rindang, seperti pohon pinus, cemara gunung, dan sebagainya.

Instagramable banget, Curug Gede cocok banget buat foto-foto, apalagi fasilitasnya cukup baik. Tiket masuknya murah banget, cuma Rp5.000. Kalau mau menginap, ada losmen, hotel, atau vila, yang tersedia di sekitar curug.

6. Caping Park

Caping park sendiri berada di kaki Gunung Slamet sehingga apabila kamu datang pada pagi hari, hawa sejuk pun akan menyambut kamu.

Di Caping Park ini ada ikon yang menjadi tujuan para wisatawan, yaitu The Edge Bride. Jembatan ini dibuat dengan beralaskan kaca, sehingga kamu bisa melihat pemandangan di bawahnya.

Selain itu kamu bisa menikmati pemandangan Kota Purwokerto bila berada di Caping Park.

7. Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Museum Bank Rakyat Indonesia dulunya merupakan gedung bank De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren yang menjadi cikal bakal Bank Rakyat Indonesia saat ini. BRI didirikan oleh Raden Aria Wirjaatmadja.

Wisata di Purwokerto ini memiliki tiga monumen yaitu Gedung Replika, Patung Raden Aria Wirjaatmadja, dan Gedung Museum BRI.

Di dalamnya terdapat koleksi barang dan peralatan yang dulunya dipakai untuk operasional BRI. Terdapat juga koleksi pakaian milik Raden Aria Wirjaatmadja dan diorama suasana BRI pada masa lampau.

8. Wisata Pagubugan

Ingin merasakan sensasi berenang di tengah-tengah sawah sembari mengagumi panorama alam yang memanjakan mata?

Datang saja ke wisata Pagubugan. Dijamin penatmu seketika hilang, apalagi kamu cukup membayar Rp. 10.000 rupiah saja.

Oh ya, tempat wisata di Purwokerto ini terletak di Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng. Kalau kamu datang dari Kota Purwokerto, kamu hanya perlu membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai ke lokasi. Cukup dekat, bukan?

9. Bukit Agaran

Bukit Agaran ini letaknya masih satu desa dengan Wisata Pagubungan. So, kalau kamu sedang liburan, bisa banget dua tempat wisata di Purwokerto ini dicoba sekaligus.

Pagi hingga siang berendam di kolam renang, sorenya langsung menuju Bukit Agaran. Menikmati pemandangan Bukit Agaran di sore atau malam hari lebih direkomendasikan, karena kamu bakal melihat gemerlap lampu kota di bawah bukit.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba mendoan hangat dengan segelas kopi sembari berbincang ringan dengan pasangan, teman, ataupun keluarga.

10. Pancuran 7

Setalah Pancuran 3, purwokerto juga memiliki Pancuran 7 yang sama-sama mengeluarkan air panas langsung dari perut bumi. Seperti namanya pancuran ini memiliki lubang berjumlah 7 yang mengeluarkan air panas.

Dan air panasnya juga mengandung belerang sehingga menjadikan aliran airnya berwarna kuning serta membentuk endapan berwarna orange dan juga membuat tebing yang dialiri air belerang ini menjadi sangat menakjubkan.

Nah, itulah tadi 10 rekomendasi tempat wisata di Purwokerto terbaru dan terhits yang wajib kamu kunjungi jika berada di Kota ini. Happy holiday!

Tag : #wisata purwokerto    #purwokerto    #tempat wisata    #travel    #jawa tengah   

Baca Juga