Tempat wisata di Sidoarjo

10 Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru dan Terpopuler 2022

Wanovy | Travel | 07-10-2022

PARBOABOA, Sidoarjo - Ingin Liburan ke Sidoarjo? Periksa Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Sidoarjo, Jawa Timur.

Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang menyimpan pesona dan keelokan alam menakjubkan.

Di kabupaten tersebut banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi, mulai dari situs bersejarah, situs budaya, wisata alam memesona, hingga wisata dengan spot foto foto kekinian.

Dari banyaknya destinasi pelesir yang ada, berikut 10 tempat wisata di Sidoarjo terbaik yang patut Kamu kunjungi ketika berlibur bersama orang tercinta.

1. Bahari Telocor

Tempat wisata di Sidoarjo yang menyajikan panorama alam menarik pertama adalah Bahari Telocor. Ini merupakan sebuah pulau yang terbentuk akibat tragedi lumpur Lapindo.

Tempat wisata ini juga sering disebut dengan pulau Sarinah. Berada di Desa Tlocor, Tanjungsari, Kupang, Jabon, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam indah dan suasana yang nyaman.

Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 150.000 dan bisa menjelajah keindahan alam pulau tersebut.

Kamu juga bisa menikmati berbagai sajian kuliner yang dijajakan di sekitar tempat wisata. Jika tertarik, Kamu bisa berkunjung ke Bahari Telocor yang buka setiap hari sejak pukul 6 pagi hingga 7 malam.

2. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular merupakan tempat wisata di Sidoarjo yang tepat untuk mengajak putra-putri belajar akan sejarah dengan cara yang menarik. Dan termasuk museum terbesar di Jawa Timur.

Museum Mpu Tantular berisikan beberapa arca, lukisan bersejarah yang terbuat dari emas, peninggalan zaman pra sejarah, koleksi batik dari berbagai daerah, dan ada juga beberapa penemuan mulai dari sepeda kayu hingga sepeda motor uap.

3. Suncity Waterpark Sidoarjo

Tempat wisata Sidoarjo yang satu ini bisa dibilang sebagai surganya anak – anak, apalagi kalau bukan tentang bermain air dan berenang.

Suncity Waterpark Sidoarjo dibangun pada tahun 2004, dengan mengusung tema Mesir kuno yang digabung dengan suasana ala Jurasic Park di bagian dalam.

Suncity Waterpark Sidoarjo memiliki beberapa kolam dengan bentuk dan kedalaman yang berbeda, serta dilengkapi dengan beberapa seluncuran yang aman untuk anak hingga yang sedikit memacu adrenalin.

Hanya saja, sungguh sangat disayangkan Suncity Waterpark Sidoarjo saat ini dalam kondisi tutup sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan.

4. Pura Jala Siddhi Amerta

Datang ke tempat wisata memang harapannya tidak hanya berlibur. Tetapi Kamu bisa mendapatkan banyak wawasan baru.

Seperti yang ada di Pura Jalan Sidhi Amerta. Tempat wisata religi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan bersama keluarganya. Pura terlihat begitu megah dan tak kalah indah yang ada di Bali.

Letaknya berada sekitar 2 km dari Juanda dan mereka yang akan datang bersembahyang sebaiknya mengenakan selendang kuning.

Hal ini menjadi sebuah aturan atau ritual sebelum memasuki Pura Jaga Siddhi Amerta. Alamatnya berada di Jalan Juanda, Kecamatan Semambung.

5. Taman Dwarakerta

Tempat wisata di Sidoarjo yang satu ini mampu membuat pengunjung jadi lebih rileks dan santai berada di sana.

Terutama ketika musim liburan atau di akhir pekan, banyak wisatawan yang akan datang ke tempat wisata ini. Nantinya Kamu akan disuguhi arena bermain untuk anak yang cukup beragam.

Bagi para pengunjung yang gemar berfoto, Kamu bisa menemukan spot yang telah disediakan. Lokasinya berada di Jalan Nasional 1, Porong. Beberapa fasilitas yang bisa digunakan adalah lahan parkir, gazebo dan arena bermain.

6. Alas Prambon

Tempat wisata di Sidoarjo berikutnya adalah di Alas Prambon. Tempat wisata ini cocok untuk anak-anak karena merupakan sebuah wisata edukasi yang menarik.

Bahkan di Alas Prambon ini, Kamu bisa melatih kemampuan intelegensi, fisik dan mental anak yang nantinya akan dilatih. Tidak hanya itu, ada banyak hal yang berkaitan dengan perikanan, peternakan hingga perkebunan.

Alas Prambon berada di Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo. Beberapa fasilitas yang sudah tersedia adalah lahan parkir, toilet hingga arena outbound. Jam bukanya adalah setiap hari jam 07.00 hingga 22.00 WIB.

7. Candi Pari

Destinasi wisata seni dan sejarah di Sidoarjo yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi ketikan berlibur yaitu Candi Pari.

Bangunan instagenic dengan seni jawa kuno dari Candi Pari rekomended dikunjungi sebagai wisata edukasi.

Berwisata bersama keluarga maupun sahabat di Candi Pari, kamu akan dimanjakan dengan spot instagenic-nya.

Nikmati berbagai macam aktivitas seru saat kamu berlibur ke Candi Pari Sidoarjo. Seperti bersantai menikmati spot dan fasilitas menarik dari Candi Pari hingga berburu foto instagenic ditempat ini.

8. Wisata Lumpur Lapindo

Sidoarjo terkenal dengan sajian lumpur lapindo yang sekarang sudah menajdi salah satu destinasi wisata menarik.

Banyak orang berbondong datang ke Sidoarjo untuk mengunjungi semburan lumpur lapindo Sidoarjo.

Wisata anti mainstream di Sidoarjo satu ini rekomended untuk kamu yang ingin merelaksasi jiwa dan pikiran penat.

Jangan lupa, abadikan momen liburan terbaik di obyek wisata Lumpur Lapindo dengan hunting fotografi.

Berlibur bersama teman maupun keluarga tercinta di Sidoarjo, jangan lupa singgah ke obyek wisata Lumpur Lapindo Porong.

9. Pantai Kepetingan

Bagi Kamu yang ingin menikmati nuansa alam layaknya menyusuri sungai di pedalaman Kalimantan, Kamu bisa mengunjungi pantai Kepetingan. Pantai yang terletak di desa Sawohan, Buduran Sidoarjo ini, merupakan wisata pantai kamulan Kota Udang.

Kepetingan sendiri merupakan sebuah dusun atau kampung yang dikelilingi oleh tambak dan hutan bakau. Dan karena tidak memiliki tetangga dekat, kampung ini menjadi daerah terpencil dan terisolasi di Sidoarjo.

Di kawasan ini, Kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan alam dan pantai, tetapi juga bisa menyaksikan wisata budaya dan religi.

10. Pulau Sarinah

Kalau kamu ingin melihat indahnya alam bahari di Sidoarjo, kamu bisa mengunjungi Pulau Sarinah. Tempat wisata di Sidoarjo ini terletak di Desa Tlocor, Tanjungsari, Kupang, Jabon. Pulau Sarinah sendiri merupakan sebuah pulau yang terbentuk karena Lumpur Panas Lapindo.

Untuk mengunjungi Pulau Sarinah, kamu bisa menggunakan perahu daru dermaga Tlocor yang bisa kamu sewa dengan biaya berkisar antara Rp150.000 hingga Rp200.000.

Di sini kamu akan disuguhi pemkamungan indah pepohonan mangrove yang cantik dan eksotis. Rimbunnya pepohonan mangrove di pulau ini akan membuat para pengunjung merasa nyaman ketika berkunjung ke Pulau Sarinah.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Sidoarjo Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi saat musim libur tiba. Selamat berlibur!

Tag : #wisata sidorarjo    #sidoarjo    #travel    #tempat wisata    #jawa timur   

Baca Juga