Tempat wisata Singkawang/ Danau Biru, foto: Wisata Khatulistiwa

10 Tempat Wisata Singkawang Terbaru dan Lagi Hits Dikunjungi

Wanovy | Travel | 19-11-2022

PARBOABOA, Singkawang - Terdapat beberapa tempat wisata di Singkawang yang mampu menarik perhatian wisatawan lokal hingga asing.

Kota ini berada di Provinsi Kalimantan Barat. Jarak dari Kota Pontianak yang merupakan ibukota Provinsi Kalbar sekitar 145 KM.

Singkawang atau San Keuw Jong merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang mayoritas penduduknya adalah keturunan Tionghoa.

Tidak heran jika kota dengan julukan Hong Kong van Borneo dan Kota 1000 Klenteng ini disebut-sebut memiliki perayaan Imlek yang paling meriah.

Dikenal dengan kekayaan budayanya, Singkawang memang memiliki tiga etnis besar yaitu Tionghoa, Dayak dan Melayu sehingga menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia pariwisata.

Selain itu, letaknya yang dikelilingi oleh Pegunungan Pasi, Poteng dan Sakok menghadirkan nuansa alam yang begitu kental dengan sejuta pesonanya.

Nah, buat kamu yang sedang merencanakan liburan di Kota Singkawang, berikut ini adalah daftar terbaru Tempat wisata Singkawang hits yang bisa kamu explore.

1. Waduk Pajintan

Sesuai dengan namanya, tempat wisata Singkawang ini berada di Kelurahan Pajintan yang dibagi menjadi dua buah kolam raksasa dengan masing masing debit yang berbeda.

Hal menarik yang terdapat di objek wisata ini yaitu adanya pemandangan pegunungan yang bisa terlihat secara jelas di belakang waduk. Pemandangan tersebut mampu menghipnotis siapa saja yang datang untuk melihatnya.

Tak hanya itu saja, dengan kondisi waduk yang masih terjaga kebersihannya serta pemandangan alamnya yang masih asri mampu membuat siapapun betah untuk berlama lama disini.

Pengunjung yang datang bisa memilih bersantai sembari menikmati kesegaran udara di sekitar waduk, ataupun berfoto ria dengan latar belakang panorama yang sangat indah.

2. Hutan Mangrove Setapuk

Anda jenuh dengan suasana perkotaan? Cobalah sesekali menghirup udara segar dengan berkunjung ke wisata alam di Singkawang seperti Hutan Mangrove Setapuk.

Tempat wisata Singkawang satu ini sangat cocok digunakan untuk mengedukasi para generasi muda tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Karena hal tersebutlah banyak para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahannya.

Begitu memasuki wilayah hutan mangrove ini, pengunjung akan melewati jembatan warna warni yang disediakan untuk menyaksikan pemandangan ribuan pohon bakau di ketinggian.

Apabila Anda ingin merasakan sensasi yang berbeda, maka Anda bisa menyewa speedboat yang disediakan oleh pihak pengelola untuk berkeliling hutan mangrove ini.

3. Cagar Alam Raya Pasi

Apakah Anda menyukai berpetualang dan menikmati alam? Cagar Alam Raya Pasi ini merupakan pilihan tempat wisata Singkawang yang tepat bagi anda.

Sebab tempat wisata ini memiliki berbagai objek yang sangat layak untuk Anda jelajahi, seperti mendaki gunung ataupun sekedar menyaksikan keindahan danau yang terdapat di dalam cagar alam satu ini.

Sebagai ekosistem dari berbagai jenis flora dan fauna yang dilindungi, sehingga membuat Cagar Alam Raya Pasi masih sangat terjaga kealamiannya.

Maka dari itu para pengunjung yang datang kesini selalu diperingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan agar cagar alam tetap lestari dan asri.

Adanya beragam jenis flora dan fauna tersebut, membuat tempat ini sangat cocok digunakan sebagai wisata edukasi.

4. Danau Biru Singkawang

Danau bekas galian tambang ini memang menarik untuk dikunjungi karena menyajikan keindahan alam yang unik.

Air danau terlihat sangat menawan dengan nuansa biru kehijauan yang alami, sangat sejuk dipandang.

Beberapa spot foto keren juga bisa kamu explore untuk melengkapi galeri foto liburanmu di Singkawang.

5. Tanjung Bajau Beach

Liburan dengan konsep yang cukup lengkap bisa kamu dapatkan di Tanjung Bajau Beach.

Harga tiket masuknya sangat sepadan dengan fasilitas yang tersedia. Karena di tempat ini kamu bisa sekalian meng-explore spot wisata lainnya yang berada dalam satu kawasan.

Selain menikmati keindahan pantai yang menyejukkan, kamu juga bisa menjelajahi Sinka Zoo yang berada di pinggir pantai.

Di kebun binatang ini juga terdapat jembatan menuju ke Pulau Simping dengan view sekitarnya yang menawan.

Ada juga Taman Dunia Air berupa akuarium besar dengan berbagai macam jenis ikan di dalamnya.

Tepat di belakang Taman Dunia Air terdapat taman untuk bersantai dan juga akses menuju ke Bukit Rindu Alam yang tak kalah menawan.

Dari atas ketinggian bukit kamu akan diajak menikmati keindahan pantai dan view pegunungan yang begitu eksotis.

6. Pantai Pasir Panjang

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang sehingga kamu bisa lebih leluasa untuk berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai.

Airnya yang jernih berpadu dengan pasir putih dan hijaunya perbukitan menghadirkan nuansa alam yang penuh kesejukan.

Menikmati aroma pantai yang khas dan hembusan angin diantara deburan ombak akan membuat pikiranmu semakin fresh, rileks dan pastinya nyaman.

Selain bersantai, kamu juga bisa berkeliling pantai menggunakan banana boat sehingga liburanmu semakin seru dan menyenangkan.

7. Pantai Batu Burung

Tempat wisata Singkawang murah meriah ini menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Pantainya menyuguhkan pemandangan yang masih sangat alami dengan view perbukitan yang memanjakan mata.

Buat yang hobby mancing, Pantai batu Burung bisa menjadi pilihan terbaik.

Pantai dengan hamparan bebatuan ini sangat cocok buat acara rekreasi keluarga, mancing mania, dan pastinya foto-foto dengan latar keindahan pantai yang menawan.

8. Pasar Hongkong

Jika Anda telah puas berjalan jalan mengelilingi Kota Singkawang, tidak ada salahnya untuk mampir ke Pasar Hongkong untuk mengisi tenaga dengan beragam sajian kulinernya yang lezat.

Tak hanya menyediakan beragam jenis hidangan yang enak, tetapi penataan pasar kulinernya yang sangat unik membuat para pengunjung terkesan melihatnya.

Saat malam tiba, Pasar Hongkong akan dihiasi dengan warna warni lampu yang menarik serta berbagai macam lampionnya yang cantik.

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini menyediakan hidangan yang bernuansa chinese food bahkan hampir semua jenisnya bisa Anda temukan disini.

Harga yang dibanderol untuk setiap hidangannya yang ditawarkan pun terbilang bersahabat di kantong anda.

9. Air Terjun Eria

Tempat wisata Singkawang satu ini kental sekali dengan suasana khas pegunungannya. Meski dinamakan dengan air terjun, namun tempat ini sangat jauh berbeda dengan air terjun pada umumnya yang tergolong tinggi.

Sehingga membuat warga setempat lebih sering menyebutnya sebagai sungai Eria dibandingkan air terjun Eria.

Ketika berkunjung kesini Anda akan bisa merasakan bagaimana segarnya air yang bersumber dari Gunung Poteng secara langsung, sembari menikmati keindahan alam yang disuguhkannya.

Selain itu, Anda pula bisa menikmati kesejukan serta keasrian yang ditawarkannya sehingga membuat Anda sulit untuk beranjak pergi dari objek wisata satu ini.

10. Air Terjun Sibohe

Berbeda dengan air terjun Eria, destinasi wisata ini hampir sama dengan air terjun pada umumnya.

Terletak di Kelurahan Pajintan, air terjun Sibohe menawarkan pesona keindahannya yang mampu menenangkan pikiran setiap orang yang mengunjunginya.

Selain bisa menenangkan pikiran, para pengunjung pun bisa bermain air serta berenang sepuasnya di bawah aliran air terjunnya.

Namun untuk mencapai tempat wisata Singkawang ini, diperlukan usaha yang sangat keras karena medannya cukup menantang.

Meskipun begitu selama perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangannya yang sangat indah.

Menariknya lagi, destinasi wisata ini meski berada di dalam hutan tidak pernah sepi pengunjung.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata Singkawang terbaru dan lagi hits dikunjungi. Happy holiday!

Tag : #wisata singkawang    #singkawang    #travel    #tempat wisata    #kalimantan barat   

Baca Juga