parboaboa

Teras Merapi: Daya Tarik, Harga Tiket Masuk dan Lokasinya

Wanovy | Travel | 30-08-2023

Wisata Teras Merapi, Yogyakarta, (Foto: terasmerapi.com)

PARBOABOA, Yogyakarta - Jogja menjadi destinasi wisata favorit bagi sebagian orang. Terdapat berbagai tempat wisata di kota ini. Jika merencanakan liburan ke tempat yang baru dan berbeda, Teras Merapi bisa menjadi pilihan.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berada di kawasan lereng Gunung Merapi. Menyuguhkan pemandangan gunung yang luar biasa dan menenangkan hati.

Selain bisa memanjakan mata, kamu juga bisa bersantai, berenang, hingga berkemah. Tempat ini juga cocok dijadikan destinasi keluarga, lho.

Bagi kamu yang tertarik mengunjungi wisata Teras Merapi, yuk simak informasi di bawah ini terlebih dahulu!

Daya Tarik Teras Merapi

(Foto: Instagram/@wisata.terasmerapi)

Teras Merapi merupakan destinasi baru untuk berlibur dan beraktivitas bersama keluarga, teman, atau mungkin pasangan.

Disini kamu dapat melakukan bermacam kegiatan seperti berenang, berkemah, hiking, bersepeda gunung atau sekedar nongkrong dan kongkow bersama teman-teman menikmati pemandangan alam dengan ditemani secangkir kopi dan hidangan.

Teras Merapi juga cocok untuk sekedar bersantai melepas penat. Terdapat pendopo-pendopo dan tempat bersantai yang menghadap langsung Gunung Merapi.

Tersedia juga fasilitas kolam renang untuk anak-anak hingga dewasa. Sebagai pelengkap terdapat restoran dengan beragam menu yang menggugah selera.

Dengan beragam fasilitas itu jangan lewatkan berkunjung ke sini pada saat berada di Kabupaten Sleman.

1. View Gunung Merapi yang Indah

Ciri khas dari tempat wisata ini yaitu sebuah tanah lapang luas dengan area bersantai. Terdapat pendopo dan juga tempat duduk berpayung untuk memanjakan wisatawan.

Bersantai sembari menikmati sejuk udara khas pegunungan. Dari kawasannya Gunung Merapi sangat jelas terlihat begitu gagah.

Gunung Merapi seolah begitu dekat bahkan detailnya pun terlihat jelas. Pemandangan sekitar pun juga tak kalah memesona.

Hutan hijau, sawah hingga perkebunan terlihat sangat memanjakan mata. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan ini adalah pagi atau sore hari. Bahkan saat pagi arenya berselimut kabut dan menambah kesan eksotis.

2. Terdapat Kolam Renang

Di wisata Teras Merapi juga menyajikan kolam renang untuk segala usia. Terdapat tiga kolam untuk anak-anak hingga dewasa. kolam ini berada di posisi yang lebih tinggi.

Sehingga dari kolam terlihat bentang alam lereng menari yang fantastis. Hutan hijau pegunungan berpadu dengan birunya awan menciptakan sebuah panorama yang luar biasa. Gunung Merapi yang berdiri gagah di belakangnya menyempurnakan pesona yang ada.

Air yang ada di kolam pun begitu menyegarkan. Karena berasal langsung dari air pegunungan yang jernih. Maka dari itu sayang rasanya jika berkunjung ke tempat ini tanpa mencoba untuk berenang.

3. Memiliki Camping Ground

Teras Merapi menghadirkan camping area yang luas dengan pemandangan indah. Area tempat wisata ini didominasi oleh tanah lapang sehingga bisa menampung banyak tenda.

Wisatawan bisa membawa tenda sendiri ataupun menyewa di tempat yang sudah disediakan.

Jika berkemah di tempat ini wisatawan berkesempatan melihat indahnya Gunung Merapi ketika pagi hari. momen matahari terbit dari wisata ini begitu cantik luar biasa.

Tak hanya itu, saat malam hari momen romantis begitu terasa. Wisatawan akan disuguhkan pemandangan kerlap-kerlip lampu kota. Sinar bulan dan gemintang semakin menambah keindahannya.

Harga Tiket Masuk Teras Merapi

(Foto: Instagram/@wisata.terasmerapi)

Berwisata memang tidak asing dengan harga tiket, Teras Merapi memberi tarif harga untuk pengunjung sebagai berikut:

  • Tiket Masuk Dewasa: Rp10.000,00
  • Tiket Masuk Anak-Anak: Rp5.000,00

Jam Buka Teras Merapi

Bagi yang ingin berkunjung ke wisata Teras Merapi Jogja, jam buka setiap hari mulai pukul 07.00-19.00 WIB.  Tidak buka 24 jam penuh.

Lokasi Teras Merapi

(Foto: Instagram/@wisata.terasmerapi)

Untuk lokasi wisata Teras Merapi sendiri berada di Dusun Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Bagi yang ingin menuju ke teras merapi ada rute yang paling mudah melalui pusat kota yogyakarta. Kamu akan menempuh jara kurang lebih 35km selama kurang dari 1 jam.

Kalau dari jalan malioboro, kamu bisa menuju ke jalan perwakilan menuju jalan mataram. Lalu, masuk jalan Laksda Adisucpto dan Jalan Solo-Yogyakarta kepatihan.

Jika sudah sampai lalu cari jalan pakem-kalasan ke arah Jalan raya prambanan sentono sepanjang 3km.

Selanjutnya manuju jalan kikis taskombang, kurang lebih perjalanan 18km untuk mencapai kawasan glagaharjo.

Demikianlah informasi mengenai wisata Teras Merapi Jogja yang perlu kamu perhatikan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Editor: Wanovy

Tag: #wisata jogja    #jogja    #travel    #tempat wisata    #teras merapi    #wisata alam   

BACA JUGA

BERITA TERBARU