Ilustrasi tempat penjualan sepeda motor bekas (Dok: harga.web.id)

Simak! Ini Tips Aman Membeli Sepeda Motor Bekas

Dimas | Otomotif | 27-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Di zaman sekarang ini, memiliki sepeda motor sudah menjadi kebutuhan wajib yang harus dipenuhi. Pasalnya, sepeda motor sangat berguna untuk beberapa keperluan penting seperti, mencari nafkah (berjualan), alat transportasi keluarga, dan masih banyak lagi.

Namun, untuk memiliki sebuah sepeda motor tentunya akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Terlebih lagi jika harus membeli sepeda motor baru.

Untuk itu, membeli sepeda motor bekas kini bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki sepeda motor namun terhalang oleh keterbatasan biaya. Dengan harga yang lebih murah, Anda bisa memiliki motor dengan kualitas yang cukup baik.

Tips Aman Membeli Sepeda Motor Bekas

Semakin maraknya penjualan motor bekas di Indonesia, tak sedikit juga orang yang tertipu dalam membeli motor bekas. Maka dari itu, Parboaboa akan memberikan tips aman yang bisa Anda lakukan sebelum membeli sepeda motor bekas, di antaranya:

1. Tentukan Motor yang Hendak Dibeli

Hal pertama yang penting Anda lakukan sebelum membeli motor bekas adalah menentukan terlebih dahulu motor apa yang ingin Anda beli. Sebab, tanpa menentukan motor yang ingin dibeli, Anda pastinya akan merasa kesulitan ketika datang ke tempat penjualan motor bekas yang menawarkan banyak pilihan.

Untuk mengetahui motor apa yang ingin dibeli, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Sebagi contoh, jika Anda ingin menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh, ada baiknya Anda memilih motor dengan cc yang besar. Sebaliknya, jika Anda ingin menggunakan motor untuk area perkotaan, Anda bisa memilih motor matik atau motor bebek dengan cc kecil.

2. Ketahui Harga Pasar Terbaru

Sebelum membeli motor bekas, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu harga pasaran motor, Hal ini penting dilakukan agar nantinya Anda tidak tertipu dengan harga yang ditawarkan oleh penjual.

3. Cek kondisi fisik

Periksa kondisi fisik motor, seperti bodi, spion, baut, dan lain sebagainya. Jika  terlihat banyak goresan, kondisi retak ataupun pecah, Anda bisa membuat pertimbangan untuk membeli motor tersebut. Selain itu, pastikan juga beberapa komponen fisik adalah sparepart asli.

4. Periksa Surat Kendaraan

Saat Mengecek kondisi motor, sebaiknya Anda periksa juga surat-surat kendaraan. Surat-surat tersebut, yaitu STNK dan juga BPKB yang harus sesuai dengan plat dan nama pemilik motor,

Melalui BPKB Anda akan mengetahui apakah motor sudah sering diperjualbelikan atau tidak. Disamping itu, mengetahui surat-surat kendaraan juga bertujuan untuk menghindari membeli motor hasil curian.

5. Cocokkan Nomor Rangka dan Mesin

Periksa nomor rangka dan mesin motor, lalu Anda bisa mencocokkannya dengan yang tertera pada STNK ataupun BPKB. Nomor yang tertera pada rangka dan mesin harus sama dengan yang tertulis pada surat kendaraan.

Apabila nomor tidak cocok pada surat, sebaiknya jangan dibeli karena mungkin kendaraan tersebut adalah hasil curian.

6. Cek Kondisi Oli Motor

Anda bisa membuka dan mengukur oli yang ada didalam mesin. Hal itu merupakan langkah untuk mengecek kondisi oli motor.

Pastikan ukuran oli tidak berlebihan, sebab oli yang berlebihan akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.

7. Nyalakan Mesin Motor

Anda bisa coba hidupkan mesin motor tersebut, hal itu untuk melihat apakah stationer atau langsam bekerja dengan baik. Karena, jika kondisi pada mesin tidak bermasalah, mesin akan mendapat langsam pada putaran kurang lebih 1.500 rpm.

Selain itu, pastikan juga bahwa tidak ada bunyi-bunyian yang kasar di dalam mesin.

8. Cek Fungsi Speedometer

Mengecek speedometer motor bekas tak boleh dilewatkan. Saat motor dijalankan, Anda harus pastikan spedometer bekerja dengan baik.

Selain itu, pastikan juga indikator seperti bahan bakar, lampu dan penghitung jarak, serta panelnya tidak ada yang bermasalah atau mati.

9. Jangan Terburu-buru membayar

Hindari memberikan uang muka dengan iklan penjualan yang dilihat tanpa mengecek motor terlebih dahulu. Alasan apapun yang ditawarkan oleh penjual seperti agar motor tidak dibeli orang lain sebaiknya jangan terlalu dihiraukan.

Apalagi jika anda membeli secara online dan diharuskan transfer untuk uang muka.

10. Pastikan Penjual Jujur

Selain tidak terburu-buru, sebaiknya Anda juga harus selektif saat memilih penjual. Anda perlu mencari tahu tempat penjual motor bekas yang terpercaya dan jujur.

Saat ini, tak sedikit penjual yang memiliki niat buruk untuk menipu para konsumen. Salah satu contohnya seperti menjual motor dengan harga mahal padahal kondisi motor tidak bagus.

Maka dari itu, Anda sebaiknya mencari motor bekas di tempat yang terpercaya yang bisa Anda dapatkan dari kerabat atau saudara yang sudah berpengalaman.

Demikianlah informasi seputar tips aman membeli sepeda motor bekas yang bisa Parboaboa sajikan. Jika Anda ingin membeli motor bekas, pastikan Anda mengikuti tips atau langkah-langkah di atas. Semoga bermanfaat!

Tag : #sepeda motor    #sepeda motor bekas    #otomotif    #mesin motor    #surat kendaraan    #oli motor   

Baca Juga