Ilustrasi Pencurian Motor (Dok. Parboaboa)

Tips Ampuh Cegah Aksi Pencurian Sepeda Motor

Juni | Otomotif | 12-08-2022

PARBOABOA – Maraknya aksi pencurian sepeda motor saat ini semakin meresahkan warga. Para pelaku curanmor semakin nekat melancarkan tindak kejahatan dengan mengawasi gerak-gerik korbannya.

Meskipun pada sepeda motor telah disematkan beberapa fitur untuk menghindari pencurian, nyatanya para pencuri masih tetap bisa membobol fitur kemanan tersebut.

Tak bisa dipungkiri, banyak diantara pengguna sepeda motor yang khawatir ketika sedang bepergian dan memarkir motor nya.

Akan tetapi, ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk meminimalisir aksi pencurian motor. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Kunci Stang ke Arah Kanan

Hal ini tentunya sangat mudah untuk dilakukan karena kamu hanya perlu mengunci stang ke arah kanan saat hendak parkir. Dengan demikian, ruang gerak kunci T yang biasa digunakan para pelaku curanmor lebih sempit sehingga sulit untuk dibobol.

Namun sayangnya, tidak semua sepeda motor bisa menerapkan metode ini. Ada beberapa pabrikan mengeluarkan sepeda motor yang tidak bisa dikunci menghadap ke kanan.

2. Manfaatkan Teknologi Side Stand Switch

Pencuri umumnya melakukan aksinya dengan memilih sepeda motor yang paling gampang dicuri. Memanfaatkan teknologi Side Stand Switch akan membuat para pencuri sedikit repot karena harus menggabungkan Side Stand Switch dengan standar tengah sepeda motor.

Side Stand Switch adalah teknologi yang membuat motor tak bisa dinyalakan saat standar samping diturunkan. Akan tetapi, metode ini tidak bisa dipakai oleh semua jenis motor karena beberapa jenis sepeda motor tidak memiliki teknologi tersebut.

3. Pasang Pengaman Tambahan

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan pengaman pada motor. Pengaman tambahan ini bisa berupa gembok yang dikaitkan pada lubang cakram depan dan rantai belakang motor yang berjenis bukan matic. Pastikan Anda melepaskan pengaman tersebut terlabih dahulu saat akan kembali berkendara.

4. Pasang Alarm

Untuk sepeda motor yang telah dilengkapi fitur alarm tentunya tak perlu lagi memasang alarm tambahan. Namun jika belum memiliki fitur tersebut, Anda bisa memasangnya sebagai alternatif pencegahan terjadinya pencurian. Alarm tentunya akan berbunyi saat ada pencurian. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kunci rahasia yang bisa menjadi penanda ketika motor sedang diincar pencuri.

5. Pasang GPS Tracker

Memasang GPS Tracker pada sepeda motor bisa membantu kamu untuk melacak posisi motor. Saat ini, beberapa sepeda motor keluaran terbaru telah dibelaki dengan fitur serupa GPS Tracker. Fitur ini tentunya sangat berguna untuk mengetahui kondisi motor. Untuk motor yang belum dilengkapi fitur ini, kamu bisa memasang GPS Tracker sebagai aksesoris keamanan motor.

Itulah tadi tips dan trik yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi pencurian motor. Untuk lebih aman lagi, usahakan untuk parkir di tempat resmi yang terpantau kamera pengawas.

Tag : #pencurian motor    #maling motor    #otomotif    #tips    #sepeda motor   

Baca Juga