Tips Merawat Speedometer Digital Sepeda Motor (Dok. motorplus)

Sangat Mudah, Berikut Tips Merawat Speedometer Digital Sepeda Motor

Juni | Otomotif | 04-08-2022

PARBOABOA - Walaupun fungsinya tak berpengaruh langsung terhadap performa mesin, namun kehadiran speedometer memiliki peran penting bagi sepeda motor. Dengan adanya komponen ini, pengendara bisa mengetahui seberapa cepat ia memacu kendaraannya di jalan raya.

Saat ini, sepeda motor keluaran terbaru telah dilengkapi dengan speedometer berbasis digital yang tentunya lebih canggih dan modern. Akan tetapi, bukan berarti speedometer jenis ini tidak akan mudah rusak.

Speedometer digital biasanya tak akan bertahan lama jika sering terpapar sinar matahari langsung. Hal itu dikarenakan model speedometer digital menggunakan LCD (Liquid Crystal Display). Dilansir dari astra-honda.com, LCD yang sering terpapar sinar matahari biasanya memiliki ketahanan paling lama 6 tahun, dan setelahnya akan mulai menunjukkan gejala hilang atau pudar indikatornya.

Untuk itu, perlu dilakukan perawatan agar mengurangi risiko kerusakan tersebut. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Kontrol Rutin Tegangan Baterai Motor

Lakukan pengecekan secara berkala pada arus tegangan aki untuk mengetahui apakah kondisinya masih normal atau sudah mulai terganggu. Karena umumnya baterai atau aki yang digunakan adalah aki kering atau free maintenance, jadi ketika sudah rusak perlu diganti dengan yang baru.

Jika tegangan aki motor sudah tidak stabil, maka akan berpengaruh pada beberapa fungsi speedometer LCD yang bisa membuat malfunction atau bahkan rusak. Tegangan ideal aki motor umumnya berada pada 12 volt engine off dan 12,6 engine on.

2. Rutin Ganti Oli

Pastikan bahwa Anda mengganti oli motor jika memang sudah waktunya diganti. Jika pergantian oli sering terlambat, maka tak hanya mempengaruhi kinerja kabel komponen saja, tapi juga bisa membuat kendaraan Anda cepat rusak.

3. Hindari Parkir di Tempat Terbuka

Agar speedometer digital tetap awet, usahakan agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung apalagi dalam waktu yang cukup lama. Teriknya matahari bisa menyebabkan Filter Polarizer-nya rusak, yang diawali dengan buram, redup dan berujung rusak. Bila filter Polarizer ini rusak, maka satu-satunya cara adalah harus diganti.

4. Lapisi LCD Dengan Plastik Film

Dalam kondisi tertentu memang membuat terpaksa untuk memarkirkan sepeda motor di tempat yang terpapar sinar matahari. Untuk itu, sebaiknya lapisi LCD motor menggunakan plastik film yang biasa digunakan pada kaca-kaca mobil.

Anda bisa memilih tingkat ketebalan antara 20 persen hingga 30 persen. Selain itu, warna plastik film juga cukup beragam dan bisa dipilih sesuai selera.

Demikian penjelasan tentang tips merawat speedometer digital pada sepeda motor. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Tag : #speedometer    #tips    #otomotif    #spedometer digital    #tips motor   

Baca Juga