10 Tren Modifikasi Motor yang Populer Sepanjang Tahun 2022

Penulis : Juni | Otomotif | 03-01-2023

Japs Style, salah satu aliran modifikasi motor viral sepanjang tahun 2022 (Foto: Parboaboa/Juni)

PARBOABOA, Pematang Siantar – Sepeda motor telah menjadi alat transportasi favorit sebagian masyarakat Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, kendaraan roda dua ini juga sangat bisa diandalkan saat bermanuver di tengah kemacetan.

Bagi sebagian orang, memiliki motor dengan tampilan standar tentu menjadi hal yang membosankan. Namun tenang saja, saat ini banyak jenis modifikasi dari berbagai komunitas motor yang populer selama tahun 2022.

Banyaknya jenis modifikasi terkadang membuat bingung. Tak sedikit pula yang hadir dengan tampilan yang mirip namun ternyata aliran modifikasinya berbeda.

Berikut ini Parboaboa telah merangkum berbagai modifikasi motor yang viral sepanjang tahun 2022. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Bobber

Salah satu aliran modifikasi viral tahun 2022 ialah jenis Bobber. Aliran modifikasi ini hadir dengan tampilan sasis standar, hanya memotong bagian depan spatbor dan menambahkan piranti yang dianggap penting.

Untuk aksentuasi, motor custom ini menerapkan sistem pengereman cakram, serta roda ban depan dan belakang menggunakan jenis ban gendut.

2. Japstyle

Modifikasi motor dengan konsep Japstyle biasanya tampil dengan bagian stang telanjang, lampu jenis bulat, dimensi rangka pendek, jok pendek, dan tangki tampak lebih kecil. Selain itu, jarak antara ban depan dan ban belakang juga lebih panjang dari rangka.

3. Café Racer

Aliran modifikasi motor Café Racer terlihat cukup menonjol karena memakai jenis stang jepit. Bagian tangkinya dibuat lebih ramping dan memanjang agar lebih nyaman ketika dijepit paha.

Ciri khas lainnya ialah jok yang rendah dan terdapat buntut melengkung di bagian belakang yang menyerupai belalang ke atas seperti ekor tawon.

4. Scramble

Jika Anda suka berkendara di alam bebas dan berpetualang di lokasi berjalan off-road, aliran modifikasi yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Penggunaan ban motif kotak di samping body motor dan ground clearance tinggi untuk memudahkan manuver di segala medan.

5. Supermoto

Penganut modif ini merubah total tampilan motor terutama kaki-kakinya. Ciri khasnya adalah suspensi panjang, ban model pacul atau kembang tahu ukuran ring besar, stang rata, knalpot undertail, dan oprekan mesin untuk meningkatkan torsi.

Memiliki tampilan mirip motor trail, aliran modifikasi Supermoto hadir dengan jenis ban berbeda karena memakai ban khusus. Diameter pelek berukuran 17 inci dengan tapak yang lebar.

6. Touring

Modifikasi motor jenis ini memanfaatkan motor pabrikan dengan menambahkan sejumlah sparepart pendukung seperti box utilities. Selain itu, tak lupa juga penggunaan ban tubeless agar nantinya tak repot ketika ban terkena paku dan lebih safety saat dipakai touring.

Selang rem depan juga diganti dengan kabel rem TDR, memasang engine bar, menambahkan aksesoris handguard dan body. Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan bag untuk meletakkan air minum, kamera, peta, ataupun peralatan lain yang diperlukan saat touring.

7. Trail Bike

Motor dengan aliran ini mengharuskan pemiliknya untuk merubah secara total tampilan motor. Untuk itu, beberapa part wajib diganti, seperti stang tinggi ala motor trail, knalpot racing, undertrail, handguard, penggunaan ban tahu, engine guard, dan modifikasi di bagian mesin agar performance tenaga dan meningkatkan torsi.

8. Sport Full Fairing

Melihat konsep modifikasinya, sudah jelas jika motor ini memiliki tampilan full fairing yang merupakan adopsi motor besar yang digunakan pada motor para pembalap MotoGP.

9. Thai Look Style Bike

Pengguna motor matic juga bisa melakukan berbagai jenis modifikasi, salah satunya Thai Look Style Bike. Modifikasi jenis ini mengusung konsep dengan ciri-ciri, seperti penggunaan ban dan velg berukuran 16-17 inci di bagian kaki-kaki. Pasalnya, kebanyakan motor matic di Indonesia dibekali dengan velg berukuran 14 inci.

10. Streetfighter

Modifikasi jenis ini umumnya hadir dengan tampilan yang lebih macho atau muscle dan lebih padat. Ciri rombakan yang dilakukan biasanya adalah dengan mengganti kaki-kaki motor dengan ban dan velg yang lebih besar dan sektor mesin lebih ditonjolkan agar terlihat lebih gahar.

Itulah tadi 10 tren modifikasi motor yang populer sepanjang tahun 2022. Nah, mana nih yang sudah kamu coba?

Editor : -

Tag : #kaleidoskop 2022    #modifikasi motor    #otomotif    #japstyle    #bobber    #touring   

Baca Juga