Kaleidoskop 2022: Tren Teknologi Terbesar di Dunia

Wanovy | Teknologi | 31-12-2022

Ilustrasi, foto: Chatnews

PARBOABOA - 2022 adalah tahun yang penuh kejutan. Gejolak ekonomi, lingkungan, dan geopolitik telah terjadi selama 12 bulan terakhir. Begitu pun di sektor teknologi, di mana banyak kejadian tak terduga menyita perhatian masyarakat Indonesia dan dunia.

Kamu masih ingat dengan Ghozali Everyday yang menjual foto selfie dalam bentuk NFT senilai Rp 13,3 miliar? Ya, pemuda asal Semarang itu mendadak populer lantaran hal yang dilakukannya sangat nyeleneh dan out of the box.

Berita besar lain yang terjadi sepanjang 2022 antara lain adalah IPO GoTo, kasus kebocoran data yang dilakukan hacker Bjorka, lalu Elon Musk membeli Twitter, hingga PHK massal di sejumlah perusahaan teknologi.

Lebih lengkapnya, berikut rangkuman berita yang paling menggemparkan di dunia teknologi sepanjang 2022.

1. NASA Dart Mission

Sejak awal tahun, banyak media memberitakan bahwa akan ada lima asteroid yang akan melintas di dekat Bumi.

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan bagi sebagian kelompok, mengingat di 65 juta tahun yang lalu, ketika terjadi tabrakan antara asteroid dengan Bumi, dunia tertutup kawah dan banyak makhluk hidup, seperti dinosaurus punah setelah bertabrakan dengan asteroid yang berdiameter sekitar 10 km. 

Meski banyak manusia yang tidak sadar akan ancaman ini. Namun, NASA telah mengambil langkah cepat untuk mengurangi risiko asteroid menabrak bumi.

Adapun, NASA sendiri memiliki misi Dart (Double Asteroid Re-Direction Test) sebuah upaya ambisius untuk mengubah lintasan asteroid kecil (Dimorphos) saat mengorbit asteroid yang sedikit lebih besar (Didymos), dengan mengirimkan pesawat ruang angkasa untuk menabraknya.

Pada bulan Oktober, terbukti misi tersebut telah berhasil dan dilaporkan bahwa orbit Dimorphos telah berubah.

2. Metaverse

Awal tahun ini Metaverse jadi istilah yang sangat populer. Sayangnya, popularitas itu melempem di akhir tahun karena Meta, induk Facebook, tidak mampu memberikan sesuatu yang berarti kepada pengguna. Metaverse, hanya menjadi platform yang masih mentah.

Hancurnya Pasar Kripto Pasar kripto ada di titik terendah di 2022. Mulai turunnya harga aset kripto, tragedi koin Luna yang kehilangan 98 persen valuasi, kasus penggelapan Sam Bankman-Fried, kaburnya Do Kwon sebagai pendiri Terraform Labs, dan masih banyak lagi.

3. Ghozali Everyday Jual NFT Foto Selfie

Pemuda asal Indonesia bernama Ghozali viral di media sosial pada Januari 2022 lalu. Ia menjual foto selfie dalam bentuk NFT (non-fungible token) di OpenSea.

Dari akun OpenSea miliknya dengan nama Ghozali Everyday, terdapat 933 NFT yang semuanya merupakan foto selfie dirinya.

"Saya mengambil foto diri saya sejak berusia 18 hingga 22 tahun (2017-2021). Itu benar-benar gambar saya berdiri di depan komputer hari demi hari," tulis Ghozali di akunnya kala itu.

Satu foto selfie Ghozali dihargai dengan harga terendah yaitu 0,13 Ethereum atau sekitar Rp 6 juta hingga 0,7 Ethereum atau sekitar Rp 31 juta.

4. Teror Hacker Bjorka di Indonesia

Nama Bjorka mulai jadi buah bibir ketika menjual 1,3 miliar data registrasi SIM prabayar yang berisi nomor handphone warga Indonesia di forum breached.to, pada 31 Agustus 2022. Sontak aksinya itu bikin geram warganet Indonesia yang khawatir menjadi korban kebocoran data.

Dalam unggahannya, Bjorka mengklaim data yang dimilikinya berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Namun, pihak Kominfo membantahnya.

Hacker Bjorka pun terus melancarkan aksinya dengan menyerang pemerintah Indonesia. Meski akun Twitter dan saluran Telegram-nya telah hilang dari platform, ia tak berhenti. Bahkan Bjorka memperluas jaringannya dengan membuka saluran Telegram private dan akun Twitter baru.

Sejauh ini, Bjorka terpantau telah membocorkan data pengguna IndiHome, KPU, registrasi SIM prabayar, dan dokumen rahasia Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia juga rajin melakukan doxing (mengungkap data pribadi ke publik) terhadap sejumlah pejabat Indonesia melalui saluran Telegramnya.

5. Tren Ponsel Lipat

Mulanya disebut gimmick, tapi ponsel lipat atau foldables akhirnya benar-benar menemukan pasarnya tahun ini.

Di Indonesia, Samsung Galaxy Z Fold dan Z Flip terbaru mendapatkan minat sangat tinggi. Bahkan, lebih tinggi dibandingkan Korea Selatan.

Diperkirakan Samsung mengapalkan 10 juta unit HP lipat pada 2021, dan jumlahnya akan terus meroket pada 2022. Smartphone lain seperti Oppo dan Xiaomi, diperkirakan akan menyusul tahun depan.

6. Elon Musk Beli Twitter

Langkah Elon Musk membeli Twitter memang menghebohkan dunia dan memicu banyak kontroversi.

Mulai soal harganya yang fantastis USD44 miliar (Rp 668 triliun), langkahnya memecat setengah dari tenaga kerja global perusahaan yang berjumlah 7.000 karyawan, hingga mengubah berbagai fitur yang ada di Twitter. Bahkan sampai sekarang pun hampir setiap hari Elon Musk membuat heboh lewat cuitannya.

PHK Perusahaan Teknologi PHK besar-besar dari berbagai raksasa teknologi jadi sorotan di tahun ini. Mulai Meta, Twitter, Microsoft, Shopee, bahkan di Indonesia seperti GoTo, Binar, hingga Ruangguru. Alasannya, karena banyak startup yang terlalu besar berpromosi, pendapatan tidak meningkat, hingga rekrutmen besar-besaran.

Itulah tadi kilas balik tren teknologi yang terjadi selama setahun ini.

Tag : #kaleidoskop 2022    #tren teknologi    #teknologi    #internet   

Baca Juga