Tujuan Utama Permainan Bola Basket (dok. www.firmanwinardi.com)

Inilah 7 Tujuan Utama Permainan Bola Basket

Thoriq | Olahraga | 18-05-2022

PARBOABOA – Permainan bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup populer. Tujuan utama dari permainan bola basket adalah memenangkan pertandingan dengan memasukkan bola ke keranjang lawan.

Bola basket juga merupakan salah satu dari cabang olahraga yang dapat dilakukan di lapangan terbuka (outdoor) atau ruang tertutup (indoor). Permainan bola basket memiliki standar lapangan berukuran 28,5 x 15 meter.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, tujuan utama permainan bola basket adalah melatih kekompakan tim. Hal ini dikarenakan dalam permainan bola basket, tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan individual saja. Kekompakan tim sangat berpengaruh agar suatu tim dalam permainan bola basket dapat dimenangkan.

Tidak hanya itu, tujuan utama permainan bola basket adalah

1. Tujuan Utama Dari Permainan Bola Basket Adalah Untuk Melatih Otot Tubuh

Dikarenakan pada saat bermain bola basket otot-otot akan bekerja lebih, terutama pada bagian otot paha dan kaki. Karena pada saat permainan bola basket, banyak melakukan kegiatan melompat, hal ini dapat meningkatkan daya konsentrasi otot. Selain berperan pada otot kaki permainan bola basket juga berperan pada otot-otot lengan, dikarenakan aktivitas menggiring bola.

Tujuan utama menggiring bola dalam permainan basket adalah mempercepat penyerangan pada permainan, selain itu tujuan utama menggiring bola dalam permainan basket adalah melatih fokus, karena mengiring bola perlu memperhatikan posisi dari tim lawan sehingga pada permainan bola basket, banyak sekali otot-otot yang terlatih.

2. Tujuan Utama Permainan Bola Basket Adalah Untuk Menumbuhkan Sportivitas

Pada permainan cabang olahraga apapun pasti dituntut untuk menjunjung sportifitas. Tak terkecuali dalam permainan bola basket. Sportifitas tentu sangat penting di dalam permainan bola basket. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan saling bersalaman ketika sebelum memulai pertandingan.

Hal ini tentu akan membawa dampak positif bagi para pemain. Sehingga terbiasa untuk bersikap sportif di dalam maupun di luar lapangan

3. Tujuan Utama Permainan Bola Basket Adalah Untuk Meningkatkan Kerjasama

Permainan bola basket merupakan olahraga yang dimainkan oleh sebuah tim. Dari permainan bola basket dinilai mampu menumbuhkan kerjasama dan mengurangi sifat egois individu. Kemenangan tentu akan berpengaruh besar terhadap kerjasama tim.

Apabila suatu tim memiliki tingkat kekompakan yang kurang, akan sangat sulit untuk mencetak kemenangan pada saat bertanding.

4. Tujuan Utama Permainan Bola Basket Adalah Untuk Melatih Rasa Percaya Diri

Tak cukup hanya itu, tujuan utama dari permainan bola basket adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik, karena setiap pemain harus menggerakkan anggota tubuh hampir secara keseluruhan. Sehingga mampu meningkatkan saraf motoriknya.

Selain itu, permainan bola basket dapat meningkatkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri dapat dibentuk melalui perolehan skor, bahkan kemenangan tim.

5.Tujuan Utama Permainan Bola Basket Adalah Untuk Menguatkan Tulang

Permainan bola basket ternyata membawa dampak yang baik bagi tulang, hal ini dapat di buktikan dengan atlet sepak bola atau bola basket yang ternyata memiliki tulang lebih padat dibanding dengan tulang dari orang yang kurang memiliki pergerakan.

Selain itu seperti yang sudah dijelaskan, bahwa tujuan utama menggiring bola dalam permainan basket adalah untuk melatih berbagai jenis otot, termasuk lengan dan kaki.

6. Tujuan Utama Dari Permainan Bola Basket Adalah Untuk Menguruskan Badan

Selanjutnya, tujuan utama permainan bola basket adalah membakar lemak. Beberapa kegiatan yang dilakukan pada permainan bola basket seperti berlari dan melompat ternyata memiliki manfaat untuk membakar kalori berlebih.

Bermain basket selama satu jam dapat membakar 600 kalori. Permainan bola basket bisa menjadi salah satu metode untuk mengurangi berat badan.

7. Tujuan Utama Dari Permainan Bola Basket Adalah Untuk Meredakan Stres

Tujuan utama permainan bola basket yang terakhir adalah meredakan stres. Dari permainan bola basket, dapat menumbuhkan hormon endorfin alias hormon kebahagiaan.

Hormon ini akan membuat seseorang merasa senang. Sehingga permainan bola basket mampu menjadi salah satu solusi olahraga di tengah banyaknya beban pikiran.

Tag : #basket    #bola basket    #olahraga    #tim basket    #tujuan utama permainan bola basket   

Baca Juga