Vespa Klasik Langka yang Jadi Buruan Kolektor. (Dok: TribunnewsDepok.com)

7 Jenis Vespa Klasik Langka yang Jadi Buruan Kolektor, Sudah Punya Belum?

Sondang | Otomotif | 14-06-2022

PARBOABOA - Hobi mengoleksi barang langka merupakan suatu kesenangan tersendiri bagi sebagian orang, apalagi kalau vespa klasik langka. Apakah kamu salah satunya?

Jika dilihat dari fisiknya, vespa memang memiliki tampilan yang menarik sehingga sangat cocok untuk dikoleksi. Hal inilah yang membuat para kolektor rela bepergian kemana saja demi mendapatkan vespa klasik langka yang diinginkan.

Nah, untuk semakin mengetahui jenis-jenisnya, berikut Parboaboa telah merangkum deretan vespa klasik langka yang jadi buruan kolektor. Simak penjelasannya hingga tuntas ya!

7 Jenis Vespa Klasik Langka yang Jadi Buruan Kolektor

1. Vespa MP5 Paperino - 1943

(Foto: Pinterest/@aliexpress)

Jenis vespa klasik langka yang pertama adalah Vespa MP5 Paperino yang dibuat oleh perusahaan piagio. Vespa yang dijuluki “Donald Bebek” ini pertama kali diproduksi pada tahun 1943 saat perang dunia kedua berakhir. Model dari vespa ini amat banyak dicari oleh orang-orang karena tahun pembuatannya yang memang lama dan merupakan cikal bakal adanya vespa.

2. Vespa MP6 Prototype - 1945

(Foto: Pinterest/@gbforth)

Masuk ke jenis vespa klasik kedua yang diproduksi oleh perusahaan piagio, yakni vespa MP6 Prototype. Vespa yang dibuat di bulan September 1945 ini bisa dikatakan sebagai awal mula munculnya skuter antik di dunia.

Meskipun skuter tersebut berhasil dibuat pada tahun 1945, namun vespa seri MP 6 Prototype ini baru pertama kali di perkenalkan pada bulan April di tahun berikutnya yakni tahun 1946 di Roma.

3. Vespa 125 Circuito - 1949

(Foto: Youtube/Pietro Pecco)

Jenis vespa klasik langka yang jadi buruan kolektor selanjutnya adalah Vespa 125 Circuito. Vespa yang satu ini dulunya dirancang khusus untuk lomba yang dilaksanakan pada akhir tahun 1940-an. Lomba tersebut diadakan di sejumlah kota di dunia.

Lomba ini juga diikuti oleh berbagai perusahaan sepeda motor di dunia untuk mempromosikan kendaraan mereka, termasuk Piagio. Nah, disinilah vespa jenis 125 Circuito dibuat.

4. Vespa Monthlery - 1950

(Foto: motorplusonline.com)

Kalau vespa yang satu ini bisa dibilang sebagai pemecah rekor dunia di tahun 1950. Tepatnya pada 7 April 1950 di sirkuit Monthery Perancis, vespa Monthlery ini berhasil melakukan pengujian selama 10 jam nonstop menggunakan tiga orang pembalap untuk mengemudikannya secara bergantian. Saat itu, vespa Monthelery ini juga berhasil memecahkan 17 rekor dunia balap.

5. Vespa 125 U - 1953

(Foto: Black and White Garage)

Kemudian ada Vespa seri 125 U diproduksi pada tahun 1953 yang digadang-gadang sebagai salah satu vespa klasik langka yang jadi buruan kolektor. Apalagi, dengan banyaknya peminat vespa di seluruh dunia saat itu, vespa seri ini hanya di produksi sebanyak 7 ribu unit saja. Tak hanya itu, vespa seri ini juga menjadi vespa pertama yang mempunyai lampu pada stangnya.

6. Vespa 150 Side Car (1955)

(Foto: Bring a Trailer)

Lanjut, vespa dengan CC  150 ini merupakan vespa dengan CC terbesar di tahun 1955. Selain itu, vespa 150 side car ini juga memiliki tempat duduk samping yang unik dan satu satunya di dunia. Jadi, vespa tersebut bisa ditempati oleh 1 orang di atas dan untuk boncengannya bisa duduk di bagian samping vespa.

7. Vespa 150 - 1956

(Foto: Pinterest/@mkbarlow1)

Terakhir, ada vespa 150 yang diproduksi sekitar kurang lebih 600 unit saja pada tahun 1956. Namun, vespa yang satu ini bukanlah vespa yang diproduksi secara umum, melainkan dibuat khusus kepada penerima lisensi piaggio di Perancis. Di negara perancis, 600 unit vespa 150 ini digunakan untuk keperluan militer.

Itulah deretan vespa klasik langka yang jadi buruan kolektor yang telah dirangkum oleh Parboaboa. Dari ketuju vespa di atas, kamu suka yang mana nih?

Tag : #vespa klasik    #kolektor    #otomotif    #vespa langka   

Baca Juga