Viral di TikTok Tampilan iPhone 16 Pro Max, Ini Faktanya

Wanovy | Teknologi | 17-01-2023

Viral penggunal TikTok membagikan video yang memperlihatkan tampilan iPhone 16 Pro Max, foto: tribunnews.com

PARBOABOA - Meski iPhone 15 belum dirilis, bocoran terkait jajaran iPhone 16, termasuk iPhone 16 Pro Max sudah beredar.

Belakangan ini warganet tengah heboh dengan kabar iPhone 16 Pro Max yang di-review oleh beberapa pengguna TikTok.

Namun perlu diketahui Apple sendiri baru merilis iPhone 14 pada tahun lalu dan belum ada kabar lain mengenai jenis terbaru lainnya.

Adapun video yang langsung viral dan ramai diserbu warganet adalah video TikTok dari akun @rizkipew yang menunjukkan beberapa foto-foto yang ia sebut hasil dari kamera iPhone 16 Pro Max.

"Ngetes langsung hasil kamera #iphone 16 Pro Max. Harga bersahabat fiturnya segudang! Portait modenya juaraa, tulis akun @rizkipew.

Video yang diunggah tersebut sejak artikel ini ditulis sudah ditonton oleh 3,6 juta orang dan disukai 163,8 ribu orang. Kolom komentar juga sampai dipenuhi oleh banyak pengguna TikTok lain yang bertanya-tanya akan kebenarannya.

Dia membagikan beberapa hasil foto yang disebut dari kamera iPhone 16 Pro Max. Dia menyebutkan hasil fotonya sangat baik meski tidak melalui proses pengeditan lebih dulu.

Bukan hanya mode portrait, dia juga memuji hasil foto lowlight-nya untuk foto malam hari. Akun itu menuliskan jika fotonya terlihat tajam.

Akun tersebut juga membagikan penampilan belakang dari iPhone 16 Pro Max. Bentuknya hampir serupa seperti model Pro Max yang sudah dirilis sejauh ini dengan logo legendaris dari Apple.

Namun yang membuatnya unik adalah dari segi kamera. Ponsel yang sering disebut dengan kamera boba itu terlihat memiliki lima lensa di bagian belakang, tidak lagi tiga kamera seperti iPhone 14 Pro Max.

Plat kameranya pun memajang ke bawah sebagai tempat kelima lensa dan flash. Berbeda dengan sebelumnya yang bentuknya persegi.

Sejumlah pengguna memenuhi kolom komentar unggahan tersebut. Salah satunya yang menanyakan keaslian produk tersebut dan menyebutkan videonya telah masuk FYP Tiktok.

Ada juga yang mempertanyakan lompatan angka dari iPhone 14 menjadi iPhone 16. Beberapa pengguna juga ada yang mengomentari banyaknya kamera di bagian belakang ponsel.

Misalnya seorang pengguna mencoba meramalkan kamera iPhone 20 akan mirip seperti tempat HP untuk kendaraan yang memiliki banyak bulatan seperti gurita. Pengguna lain ada yang menyebutkan iPhone masa depan akan memiliki kamera seperti obat untuk penyakit maag.

Menurut laporan The Elec, iPhone 16 Pro bakal menggunakan teknologi Face ID yang tersimpan di bawah layar. Ini artinya iPhone tak lagi membutuhkan notch ataupun Dynamic Island untuk menyimpan sensor infra merah yang ada di Face ID.

Pasalnya kamera TrueDepth untuk Face ID akan "sembunyi" di balik layar saat sedang tak digunakan. Alhasil layar iPhone akan terlihat penuh tanpa ada gangguan dari notch ataupun sejenisnya.

Sayangnya menurut laporan tersebut, notch akan tetap ada di iPhone 16 Pro tersebut. Bukan untuk menyimpan sensor Face ID, melainkan untuk menyimpan kamera depan. Namun tentu ukuran notch tersebut akan lebih kecil karena hanya dipakai untuk menyimpan kamera depan.

Nantinya Apple memang akan menyimpan kamera depan ini di bawah layar, namun hal itu baru akan terjadi pada iPhone generasi selanjutnya, demikian dikutip dari Macrumors, Selasa (17/1/2023).

Kendati bocoran tersebut beredar, bisa disimpulkan bahwa iPhone 16 Pro Max seperti yang viral di TikTok pada dasarnya hanyalah sebuah khayalan. Ini dikarenakan, pertama, jajaran HP Apple terbaru yang tersedia sekarang adalah iPhone 14 series.

Kedua, bila iPhone 16 Pro Max yang viral di TikTok adalah bocoran maka tidak bisa dikategorikan sebagai bocoran kredibel karena tidak didukung dengan bukti kuat, baik dari segi penamaan maupun spesifikasi.

Tag : #iphone 16 promax    #iphone    #teknologi    #gadget    #apple    #ios   

Baca Juga