Ilustrasi, foto: agenciadebolso.com

Baru! WhatsApp Hadirkan Fitur Chat Nomor Sendiri

Wanovy | Teknologi | 17-11-2022

PARBOABOA - Fitur baru chat whatsapp ke nomor sendiri sempat menarik perhatian beberapa waktu lalu. Dengan fitur baru chat whatsapp ke nomor sendiri kita bisa melakukan percakapan dengan lebih mudah.

Tak usah heran, banyak orang yang ingin menikmati fitur baru chat whatsapp ke nomor sendiri.

Meski telihat sepele, kadang kita membutuhkan fitur mengirim pesan berupa teks, foto, dan video ke nomor sendiri.

Sebab, kadang kita ingin mem-forward pesan karena sangat penting. Dengan adanya fitur kirim sendiri, pesan itu bisa langsung kita kirimkan.

Fitur kirim pesan ke nomor sendiri ini sudah banyak dinantikan oleh pengguna WhatsApp di dunia.

Fitur ini dinantikan karena banyak alasan, salah satunya adalah untuk menyimpan dokumen, foto atau video penting.

Diwartakan sebelumnya fitur kirim pesan ke nomor sendiri di WhatsApp ini sudah diuji coba pada awal September lalu.

Pengembangan ini dilakukan karena sering kali pengguna mengaktifkan WhatsApp di beberapa perangkat berbeda, baik itu HP, tablet maupun komputer.

Ketika pengguna membuka obrolan baru dengan menekan ikon pesan WhatsApp, akan tersedia beragam opsi mulai dari Grup baru, Kontak baru, hingga daftar kontak yang terdaftar di WhatsApp.

Pada daftar kontak, akan muncul nomor Anda sendiri disertai keterangan "Kirim pesan ke diri sendiri". Untuk mengirim pesan ke nomor sendiri, pengguna bisa memilih opsi tersebut.

Selain mengirim pesan baru, pengguna juga bisa meneruskan (forward) pesan dari pengguna lain ke nomor Anda sendiri. Caranya pun sama seperti ketika meneruskan pesan ke kontak lain.

Fitur chat ke nomor sendiri tersedia pada aplikasi WhatsApp Android versi beta 2.22.24.9. Fitur ini juga tersedia untuk pengguna WhatsApp Android versi beta 2.22.24.11 dan 22.23.74 untuk pengguna iOS, dihimpun dari WABetaInfo.

Chat WhatsApp yang dikirim ke nomor sendiri juga akan muncul pada perangkat lain yang terhubung di WhatsApp dengan nomor yang sama.

Jadi, jika Anda memasang WhatsApp desktop atau web di komputer dan Anda chat ke kontak sendiri, chat yang sama akan muncul di smartphone serta komputer.

Selain itu, meskipun pengguna berkirim pesan ke nomor sendiri, pesannya akan tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end.

Sebelumnya fitur ini tidak mendukukung konsep WhatsApp multi-device (lebih dari satu perangkat).

Dalam skenario ini, chat WhatsApp ke nomor sendiri hanya bisa dikirimkan ke perangkat utama atau ponsel.

Jadi, pesan yang sama tidak akan muncul di perangkat lain yang terhubung seperti komputer atau laptop.

Namun, kemudian WhatsApp memperbaikinya dan memungkinkan pesan yang dikirim ke nomor sendiri bisa muncul di semua perangkat yang terhubung.

Perlu dicatat bahwa fitur ini baru tersedia untuk pengguna WhatsApp versi beta. Belum diketahui kapan fitur chat WhatsApp ke nomor sendiri akan tersedia dalam versi stabil bagi seluruh pengguna.

Tag : #whatsapp    #chat    #teknologi    #apps    #fitur wa   

Baca Juga