WhatsApp Rilis Aplikasi Khusus Mac

Penulis : Wanovy | Teknologi | 25-01-2023

Ilustrasi aplikasi WhastApp di Macbook, foto: tribunjualbeli.com

PARBOABOA - Tak cukup hanya menyediakan WhatsApp Web yang bisa diakses melalui browser, kini aplikasi pesan instan tersebut tersedia di komputer dalam bentuk aplikasi.

Hal ini sebenarnya sudah terendus beberapa waktu lalu. Saat itu akun Twitter WABetaInfo memposting beberapa screenshot yang menunjukkan bahwa kerangka website resmi WhatsApp memiliki tombol "Download for Mac OS X" dan "Download for Windows".

Kini aplikasi tersebut sudah dirilis, dan tersedia untuk Windows 8 ke atas serta Mac OS 10.9 atau yang terbaru.

"Hari ini kami memperkenalkan aplikasi desktop yang memberikan cara baru untuk selalu terhubung di mana saja dan kapan saja," tulis pernyataan WhatsApp.

WhatsApp native Mac atau aplikasi WhatsApp khusus macOS ini bisa diunduh melalui situs resmi WhatsApp. Aplikasi pesan instan ini hadir untuk macOS Big Sur atau macOS yang lebih baru.

Namun, WhatsApp mencatat bahwa aplikasinya untuk Mac itu masih dalam tahap pengembangan sehingga bisa saja pengguna menemukan pengalaman yang kurang mulus.

Hal yang menarik adalah tim WhatsApp memakai kerangka Mac Catalyst Apple, yaitu program yang bisa memudahkan pengembang dalam membuat aplikasi agar bisa berjalan di iPadOS maupun macOS.

Padahal, WhatsApp native yang ada saat ini ditujukan untuk Mac tanpa iPad. Dengan adanya dukungan itu, ada kemungkinan aplikasi WhatsApp native ke depannya juga tersedia untuk iPad, meskipun perusahaan belum memberikan keterangan resmi.

Aplikasi WhatsApp native sendiri menjanjikan kinerja yang lebih cepat dan efisien karena ditujukan khusus untuk perangkat tertentu.

Cara instal WhatsApp di Mac

Seperti disinggung di atas, WhatsApp native macOS baru tersedia dalam versi beta. Bila Anda tertarik mencobanya, Anda bisa menginstal aplikasi pesan instan itu dengan cara yang sama seperti memasang WhatsApp native di platform lain. Berikut rinciannya.

  • Unduh aplikasi WhatsApp native macOS melalui situs resmi WhatsApp
  • Instal aplikasi
  • Buka aplikasi dan scan kode QR yang tersedia untuk menghubungkan Mac Anda ke WhatsApp

Mengingat aplikasi ini baru hadir dalam versi beta, pengguna kemungkinan mendapati beberapa fitur yang tidak berjalan mulus.

Bila Anda mendapati kendala, Anda bisa melaporkannya ke WhatsApp dengan memanfaatkan tombol "bug" yang ada di bawah tampilan aplikasi.

Setelah masa pengujian beta publik dirasa cukup, WhatsApp menjanjikan lebih banyak fitur untuk pengguna Mac yang akan dirilis di waktu mendatang.

Editor : -

Tag : #whatsapp    #macbook    #teknologi    #apps    #aplikasi macbook   

Baca Juga