WhatsApp Siapkan Fitur Perekam Suara Jadi Status

Penulis : Wanovy | Teknologi | 20-01-2023

WhatsApp siapkan fitur perekam suara jadi status, foto: detik.com

PARBOABOA - WhatsApp dikabarkan sedang menyiapkan fitur mengunggah pesan suara sebagai status di aplikasi pesan instan itu.

Menurut laman WABetaInfo, menemukan fitur status pesan suara diuji coba melalui aplikasi WhatsApp Android versi beta 2.23.2.8. Pada aplikasi versi beta itu, sejumlah pengguna bisa mengunggah status pesan suara.

Fitur baru WhatsApp yakni status pesan suara ini menurut informasi, sudah dikerjakan selama beberapa waktu belakangan. Informasi awal tentang kehadiran fitur ini adalah pada Juli 2022.

Terbaru, sebagaimana dikutip dari Android Police, Kamis (19/1/2023), kini WhatsApp tengah menguji coba fitur berbagi pesan suara ke WhatsApp status itu ke sejumlah penguji melalui pembaruan beta terbaru di Google Play Store.

Menurut WABetaInfo yang telah mencoba fitur ini, pengguna bisa mengirim voice note dari bagian yang sama seperti yang dipakai untuk mengirim status berupa tulisan.

Disebutkan, tombol kirim Status kini berubah menjadi tombol mikrofon yang bisa ditekan dan tahan untuk mengirim pesan, layaknya mengirim pesan suara WhatsApp dalam obrolan WhatsApp biasa.

Seperti semua update status, WhatsApp akan membagikan pesan suara WhatsApp ini kepada semua kontak yang diizinkan untuk melihat foto atau video di WhatsApp Status.

Seperti semua update status lainnya, pesan suara yang dibagikan ke WhatsApp Status juga dienkripsi end-to-end dan akan tetap bisa didengarkan selama 24 jam, kecuali sudah dihapus sebelumnya.

Saat ini, perekaman untuk suara di WhatsApp Status tidak boleh melebihi batas waktu 30 detik. Namun pengguna bisa membatalkannya dan memulai dari awal bila perlu.

Seperti biasanya, WABetaInfo juga turut menyertakan foto dari bocoran fitur baru ini. Foto tersebut menunjukkan bahwa tampilan fitur voice note di status mirip seperti gelembung chat.

Pengguna tinggal membuka tab Status di WhatsApp, di sisi bawah kanan layar ada ikon pensil. Ketuk ikon pensil, lalu muncul ikon mikrofon di sisi kanan bawah. Kemudian, ketuk ikon mikrofon tersebut untuk mulai merekam suara.

Menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp juga memberi akses kepada pengguna untuk mengganti warna latar belakang pesan suara tersebut. Warna latar belakang bisa dilakukan dengan mengetuk gambar ikon palet (pallete) di kanan atas.

Selain itu, status berbentuk suara tersebut bakal diputar secara otomatis setiap kali pengguna membuka pembaruan status suara.

Adapun durasi rekaman suara yang diunggah adalah maksimal 30 detik. Akan tetapi, hingga artikel ini ditayangkan, masih belum diketahui kapan fitur tersebut bakal diluncurkan untuk diuji coba.

Sebagaimana dihimpun dari Financial Express, Jumat (23/9/2022), WhatsApp juga dikabarkan sedang mempersiapkan fitur lain, yaitu memungkinkan pengguna menggunakan avatar saat melakukan panggilan video.

Editor : -

Tag : #whatsapp    #voice note    #teknologi    #apps    #fitur wa    #pesan suara   

Baca Juga