WhatsApp akan hadirkan fitur Polling untuk chat grup, foto: uxplanet.org

WhatsApp Siapkan Fitur Polling di Grup

Wanovy | Teknologi | 06-04-2022

PARBOABOA - Salah satu aplikasi pesan instan terpopuler WhatsApp, dikabarkan tengah menyiapkan beberapa fitur baru yang akan diluncurkan di Android, iOS, serta desktop. Salah satunya yakni fitur polling yang akan dihadirkan di grup WhatsApp.

Dilansir dari laman 9to5mac, kabar fitur baru tersebut terungkap oleh tipster WABetaInfo di WhatsApp untuk iOS versi Beta.

Lantaran fitur tersebut masih dalam pengembangan, para pengguna WhatsApp belum bisa menjajalnya, namun bisa melihat cuplikannya karena bocoran dari WABetaInfo.

Fitur polling dinilai sebagai salah satu cara yang bagus untuk menjajaki pendapat para anggota grup agar dapat berinteraksi lebih optimal lagi.

Polling juga dianggap cukup membantu untuk mencapai sebuah keputusan atau mengetahui pendapat kelompok tentang sebuah ide.

Fitur polling sebenarnya telah dimiliki terlebih dahulu oleh Telegram sejak beberapa tahun lalu.

Namun kini WhatsApp turut menghadirkan fitur serupa di aplikasinya untuk memudahkan para penggunanya melakukan obrolan di grup.

Perlu diketahui, bahwa fitur polling itu masih dalam tahap pengembangan, sehingga belum tersedia untuk penguji beta publik.

Opsi polling kabarnya hanya akan tersedia untuk grup WhatsApp saja dan akan di enkripsi end to end, termasuk juga jawaban yang diberikan oleh pengguna lain.

Enkripsi end to end bukanlah hal yang asing di WhatsApp, dan hal itu juga berarti bahwa hanya orang-orang dalam grup saja yang dapat mengakses opsi polling itu sendiri.

Kabarnya, fitur polling akan dihadirkan dengan bidang teks untuk pertanyaan yang disertai dengan tombol buat dan juga tombol batal.

Mengingat banyaknya grup yang ada di WhatsApp, kehadiran fitur ini dinilai akan sangat membantu.

Meski demikian, fitur polling di WhatsApp masih dalam tahap awal pengembangannya, sehingga belum banyak yang diketahui dari fitur ini.

Beberapa pertanyaan yang mungkin muncul adalah apakah fitur polling di WhatsApp akan mengakomodir jawaban ganda, atau apakah akan ada opsi jawaban tunggal dan jawaban ganda dalam satu polling, seperti dikutop dari Android Headlines.

Sebagai salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan, WhatsApp memang sudah seharusnya menghadirkan fitur polling. Pasalnya, WhatsApp bukan hanya digunakan untuk keperluan pribadi, tapi juga keperluan pekerjaan.

Kehadiran fitur polling ini dinilai akan memudahkan pembicaraan di grup yang memerlukan keputusan dan pilihan.

Fitur polling di WhatsApp pertama kali muncul dalam versi beta 22.6.0.72 untuk iOS. Fitur tersebut juga direncanakan akan tersedia di aplikasi Android.

Tag : #whatsapp    #polling    #apps    #teknologi    #fitur baru    #whatsapp polling   

Baca Juga