parboaboa

6 Tempat Wisata Sejarah di Banyumas Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Wanovy | Travel | 18-02-2023

Rekomendasi tempat wisata sejarah di Banyumas, foto: Pinterest/Tirto.ID

PARBOABOA, Banyumas - Tempat wisata sejarah di Banyumas tak boleh terlewat saat menyambangi kota Satria ini. Banyumas merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan budaya Banyumasan dan bahasa ngapaknya. Purwokerto merupakan ibukota Kabupaten Banyumas.

Wilayah Kabupaten Banyumas berada di Pegunungan Slamet. Beberapa lokasi yang berada di lereng gunung dijadikan potensi tempat wisata di Banyumas.

Sebagian tempat wisata di Banyumas memang berupa dataran tinggi pegunungan yang menyejukkan. Tempat wisata di Banyumas ini berbentuk air terjun, pemandian, atau desa wisata.

Selain alam, kamu juga bisa menemukan tempat wisata di Banyumas berupa wisata sejarah seperti museum.

Jika kamu berkunjung ke Banyumas, sempatkanlah untuk mampir ke salah satu tempat wisata di Banyumas ini.

Berikut beberapa wisata sejarah di Banyumas yang dirangkum Parboaboa.com dari berbagai sumber.

1. Museum Jenderal Sudirman

(Foto: Portal Banyumas)

Selain penuh wisata alam, Banyumas juga dikenal sebagai sebagai kota yang kental dengan sejarah. Salah satunya Museum Jenderal Sudirman.

Museum ini dibuat untuk mengenang jasa dan pengabdian Jenderal Sudirman. Hal itu bisa dilihat pada lantai dua museum ini, terdapat relief perjuangan Jenderal Sudirman dalam merebut Yogyakarta kembali sebagai Ibu Kota Indonesia pada saat itu, dan juga relief sejarah bangsa Indonesia dalam perang kemerdekaan 1945.

Selain itu, pada lantai satu museum, terdapat diorama, foto-foto perjuangan, dan duplikat peninggalan Jenderal Sudirman.

Museum ini terletak sekitar 3 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas, tepatnya di Jalan Patimura No.24, Dusun II Pasir Kidul, Purwokerto Barat, Banyumas.

2. Museum Wayang Sendhang Mas

(Foto: Facebook/Banyumas Maen)

Museum Wayang Sendang Mas memiliki koleksi utama berupa wayang-wayang dalam Gagrag Banyumasan. Di sini diperlihatkan tokoh Bawor yang hanya ada dalam wayang Banyumasan. Ada pula koleksi benda-benda purbakala yang ditemukan di sekitar kabupaten Banyumas.

3. Museum Bank Rakyat Indonesia

(Foto: Tripadvisor)

Purwokerto tak lepas dari sejarah berdirinya bank tertua di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia. Museum Bank Rakyat Indonesia memiliki banyak koleksi, seperti uang kuno, mesin perbankan kuno, dan barang menarik lainnya. Di museum ini, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan baru seputar perbankan dan sejarah berdirinya Bank Rakyat Indonesia

4. Pendopo Si Panji

(Foto: Youtube/Maybi Prabowo)

Peninggalan sejarah di Banyumas yang ke empat adalah Pendopo Si Panji. Wisata sejarah di Banyumas ini merupakan pendopo kabupaten Banyumas yang didirikan pada tahun 1706 oleh Tumenggung Yudanegara 11. Ia merupakan bupati banyumas ke 7.

Nama pendopo si panji di ambil dari nama putranya (Panji Gandasubrata). Pendopo ini memiliki sejarah yang panjang khususnya di Banyumas, sempat dipindahkan dari lokasi yang semula berada di kecamatan Banyumas (sekarang) ke kota purwokerto.

Pemindahan tersebut dilakukan karena penggabungan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purwokerto. Untuk sekarang ini Pendopo Si Panji berada di dekat alun-alun kota Purwokerto.

5. Klenteng Hok Tek Bio Sokaraja

(Foto: Sumbersejarah.blogspot)

Peninggalan sejarah di Kabupaten Banyumas selanjutnya adalah Klenteng Hok Tek Bio Sokaraja. Klenteng ini berlokasi di Jalan Supardjo Rustam nomor 4, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Selain dijadikan sebagai tempat ibadah, klenteng ini juga sering dijadikan tempat wisata sejarah.

6. Masjid Saka Tunggal Cikakak

(Foto: Pinterest/Tirto.ID)

Masjid Saka Tunggal merupakan salah satu masjid yang tertua di Banyumas. Masjid ini berlokasi di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Masjid memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, di dalam masjid terdapat satu tiang dan pada tiang tersebut terdapat angka arab yang menyatakan bahwa masjid ini dibangun pada tahun 1288. Angka tahun dalam tiang tersebut mengacu pada tahun Masehi.

Masjid Saka Tunggal dapat dikatakan sebagai salah satu peninggalan sejarah yang terdapat di Kabupaten Banyumas.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata sejarah di Banyumas yang menarik untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat1

Editor: Juni Sinaga

Tag: #wisata purwokerto    #purwokerto    #travel    #tempat wisata    #wisata sejarah    #banyumas   

BACA JUGA

BERITA TERBARU