Tampilan Impor Chat Antar Platform

Wow! Kini WhatsApp Bisa Transfer Riwayat Chat Dari iPhone ke Android

wanovy | Teknologi | 12-08-2021

WhatsApp kini menambahkan kemampuan untuk membawa riwayat obrolan Anda saat beralih dari iOS ke Android. Di dalamnya, termasuk semua catatan suara, foto, dan percakapan.

Fitur yang telah lama dikabarkan ini diumumkan dalam acara peluncuran Samsung, Rabu (11/8/2021) malam yang menggambarkan transfer dari iOS ke Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 baru.

Fitur baru WhatsApp ini disebut-sebut merupakan fitur paling dinantikan oleh pengguna.

"Untuk memindahkan riwayat obrolan ke platform lain, diperlukan mekanisme tambahan WhatsApp, sistem operasi, dan produsen perangkat untuk memastikan transfer riwayat chat tetap aman dan terjaga," kata pihak WhatsApp.

Hal ini berbeda dengan aplikasi chat kompetitor WhatsApp yang menggunakan perpesanan berbasis cloud, karena semua pesan pribadi WhatsApp terenkripsi end-to-end, sehingga tersimpan di perangkat pengguna. Sementara riwayat pesan milik aplikasi pesaing ditempatkan di cloud.

Untuk itulah, WhatsApp bersama pengembang OS dan produsen perangkat seluler di dunia berupaya agar import atau transfer riwayat chat dari satu perangkat ke perangkat lainnya bisa lebih mudah.

Fitur baru ini nantinya mentransfer riwayat obrolan menggunakan kabel fisik Lightning ke USB-C daripada mengirimnya melalui internet.

Sayangnya, jika pernah mentransfer antara iOS dan Android di masa lalu dan memiliki dua cadangan cloud terpisah, fitur transfer baru tidak akan menggabungkannya menjadi satu riwayat obrolan.

Sebaliknya, jika kamu menggunakannya untuk memigrasikan riwayat obrolan dan kemudian mencadangkannya, itu akan menimpa cadangan yang ada.

WhatsApp mengatakan, fitur baru akan memungkinkan transfer dari iOS ke ponsel lipat baru Samsung.

Fitur ini akan tersedia bagi pengguna Android dan sistem operasi seluler lain, sehingga memungkinkan pengguna untuk beralih antar-platform dan membawa riwayat obrolan WhatsApp mereka.

Manajer Produk WhatsApp, Sandeep Paruchuri mengatakan, pesan di WhatsApp adalah milik penggunanya seorang, itulah yang membuat riwayat chat disimpan di smartphone, bukan di cloud.

"Kami senang, karena untuk pertama kali dapat membantu pengguna memindahkan riwayat obrolan WhatsApp mereka dengan aman dari satu sistem operasi ke sistem operasi lainnya," tutur Paruchuri.

"Fitur Ini merupakan salah satu fitur yang paling banyak dinantikan oleh pengguna kami selama bertahun-tahun dan kami bekerja sama dengan sistem operasi dan produsen perangkat untuk mewujudkannya," imbuhnya.

Nantinya, fitur ini akan hadir di Android lebih dahulu. Dengan demikian, pengguna bisa memindahkan riwayat obrolan WhatsApp mereka ke perangkat Android.

"Selanjutnya, fitur ini akan tersedia di sistem operasi lain secara berkala dalam beberapa bulan mendatang," kata Paruchuri.

Tag : teknologi

Berita Terkait