Konsep Kacamata Pintar Xiaomi

Xiaomi Pamerkan Kacamata Pintar Pertamanya

Wanovy | Teknologi | 16-09-2021

Vendor teknologi asal China, Xiaomi merilis perangkat baru berupa kacamata pintar (smart glasses). Penampakannya sepintas seperti kacamata biasa, padahal pada lensa kacamata sebelah kanan, Xiaomi membenamkan layar MicroLED.

Kacamata pintar dengan bobot 51 gram ini mampu menampilkan pesan dan pemberitahuan dari ponsel Android, melakukan panggilan telepon, menavigasi, mengambil foto, hingga menerjemahkan teks tepat di depan mata.

Xiaomi membekali kacamata pintar ini dengan teknologi MicroLED Imaging untuk menyesuaikan struktur ruang maupun ukuran kacamata, termasuk bobot dari perangkat itu sendiri.

Di luar teknologi itu, pengguna juga bisa melihat sesuatu atau pemandangan yang ada di depan mereka layaknya kacamata biasa.

Uniknya, menurut Xiaomi, Smart Glasses adalah perangkat yang independen, bukan sekadar aksesori smartphone. Sebab, kita dapat melakukan dan menerima panggilan, mengabadikan gambar, membaca teks, dan menerjemahkan kalimat tanpa perlu konektivitas dengan smartphone sama sekali.

Xiaomi Smart Glasses mengingatkan kita akan perangkat Google Glass yang beberapa tahun lalu sempat menghebohkan jagat teknologi.

Dari segi tampilan, perangkat baru Xiaomi ini sekilas terlihat sangat mirip dengan kacamata biasa. Kamera 5 megapiksel, misalnya, tersembunyi dengan rapi di ujung lengan, sementara teknologi utamanya seperti prosesor ARM quad-core, baterai, touchpad, dan modul Wi-Fi/Bluetooth tersembunyi di dalam dan sekitar sisa perangkat.

Xiaomi Smart Glasses memiliki chip display yang ukurannya hanya 2,4 x 2,02 milimeter. Dukungan layar monokrom di Xiaomi Smart Glasses diklaim mampu menampilkan tingkat kecerahan maksimal hingga 2 juta nits.

Xiaomi Smart Glasses dibekali fitur Asisten XiaoAI yang berfungsi untuk memprioritaskan notifikasi penting, sehingga pengguna tidak merasa terganggu dengan pemberitahuan lain yang masuk. Notifikasi penting yang dimaksud misalnya dari smart home alarm, aplikasi kantor, pesan masuk dari kontak tertentu, dan lain sebagainya.

Kendati begitu, Xiaomi Smart Glasses ini sementara masih dalam bentuk konsep. Xiaomi belum mengumumkan kapan produk ini akan diluncurkan, berikut harga dan ketersediaannya di pasaran.

Tag : #teknologi    #xiaomi    #kacamata    #android    #smartglasses   

Baca Juga