Gamabar Retikulum Endoplasma (Dok: SuaraSuara.com)

Yuk Pahami Fungsi Retikulum Endoplasma pada Sel Tumbuhan

Mei | Pendidikan | 26-04-2022

PARBOABOA - Tahukah kamu? Retikulum endoplasma merupakan sebuah organel yang dapat ditemukan pada semua sel eukariotik.

Retikulum endoplasma pada sel tumbuhan menjadi salah satu  saluran bagi masuknya protein dalam membran.

Selain itu, organel yang satu ini juga diketahui memiliki peran penting  pada biosintesis dan penyimpanan lipid.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa retikulum endoplasma pada tumbuhan itu sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup tumbuhan. Organel ini juga memiliki beberapa fungsi.

Fungsi retikulum endoplasma pada sel tumbuhan yang pertama adalah sebagai organ yang mensintesis protein dari pematangan.

Namun tidak hanya itu, terdapat juga fungsi retikulum endoplasma pada sel tumbuhan yang lain, seperti menjalankan sebuah fungsi yang tidak terdapat di dalam hewan, seperti sel yang mampu berkomunikasi dengan sel khusus.

Fungsi retikulum endoplasma pada sel tumbuhan yang ketiga yaitu sebagai tempat yang digunakan untuk menyimpan protein.

Retikulum endoplasma pada umumnya mengandung enzim dan protein yang sifatnya struktural, sehingga organel ini akan  terhubung diantara sel melalui sebuah plasmodesmata.

Retikulum endoplasma juga menjadi salah satu bagian dari sistem endomembran. Organ ini juga menjadi sebuah labirin membran dengan jumlah yang banyak sehingga meliputi separuh lebih dari total membran dalam sel-sel eukariotik.

Retikulum endoplasma sangat berperan dalam sistem membran kontinu karena dapat membentuk sebuah rangkaian kantung rata pada sitoplasma.

Fungsi retikulum endoplasma pada umumnya dapat dibagi kedalam tiga bagian, yaitu fungsi sintesis, pelipatan, dan transportasi protein.

Secara umum, semua sel eukariotik memiliki oraganel yang disebut dengan retikulum endoplasma. Nah, retikulum endoplasma ini  merupakan bagian sel dalam membran, sehingga terdiri dari beberapa sitoplasma yang bernama sitosol.

Pada dasarnya retikulum endoplasma dapat dibagi menjadi beberapa ruangan kosong yang ditutup oleh membran dengan ketebalan 4 nanometer.

Membran tersebut secara langsung terhubung dengan selimut nukleus yang sering disebut dengan nuclear envelope.

Fungsi dari retikulum endoplasma dapat dibagi kedalam beberapa divisi yang sangat luas, penasaran apa saja itu? Yuk kita bahas.

Fungsi Retikulum Endoplasma Pada Sel Tumbuhan

Berdasarkan fungsinya, retikulum endoplasma dapat dibedakan menjadi tiga jenis fungsi yang bervariasi. Apa saja itu? Ini dia penjelasannya.

1. Retikulum Endoplasma Kasar

Fungsi retikulum endoplasma yang pertama yaitu retikulum endoplasma kasar (REK).

Pada umumnya retikulum endoplasma jenis yang satu ini memiliki struktur yang lebih kasar dibandingkan dengan yang kainnya.

Tidak hanya itu, permukaan pada restikulum endoplasma juga terdapat bintik-bintik yang dikenal dengan nama “ribosom”.

Fungsi retikulum endoplasma kasar adalah sebagai salah satu organel yang berperan dalam proses sintesis protein.

2. Retikulum Endoplasma Halus

Jenis retikulum endoplasma  yang berikutnya adalah retikulum endoplasma halus yang menjadi kebalikan dari retikulum endoplasma kasar.

Tidak sama dengan retikulum endoplasma kasar, organel yang satu ini tidak ditumbuhi oleh ribosom pada permukaanya.

Adapun fungsi retikulum endoplasma halus adalah untuk membantu proses metabolism pada tubuh tumbuhan.

Bukan hanya itu, retikulum endoplasma halus juga memiliki peran dalam metabolisme, seperti intesis lipid, metabolisme karbohidrat, dan konsentrasi kalsium dengan melalui detoksifikasi obat-obatan.

Bukan hanya itu, retikulum endoplasma halus juga berperan sebagai tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel.

Retikulum endoplasma terletak pada proporsi yang cukup tinggi atau dalam sel hati, sehingga daerah ini menjadi tempat untuk produksi lipoprotein.

3. Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik

Jenis yang ketiga yaitu retikulum endoplasma sarkoplasmik.

Organel ini masih sejenis dengan retikulum endoplasma halus, yaitu masih sama-sama berada pada otot licin dan juga otot lurik. Yang menjadi pembeda keduanya yaitu pada kandungan proteinnya.

Retikulum endoplasma halus tidak sama dengan retikulum endoplasma sarkoplasmik yang berperan sebagai tempat penyimpanan ion kalsium.

Bukan hanya itu, fungsi dari organel yang satu ini adalah untuk melakukan pemompaan pada ion kalsium dan juga sebagai pemicu munculnya kontraksi pada otot.

Nah, itulah sedikit penjelasan kita mengenai fungsi retikulum endoplasma pada tumbuhan. Semoga penjelasan kali ini dapat menambah wawasan kalian ya.

Tag : #sel tumbuhan    #retikulum endoplasma    #pendidikan    #biologi    #pendikan biologi    #ipa   

Baca Juga