Ilustrasi

Zoom Escaper, Aplikasi Untuk Kabur Saat Zoom Meeting Berlangsung

wanovy | Teknologi | 16-08-2021

Pandemi COVID-19 sekarang membuat sebagian besar aktivitas yang melibatkan interaksi tatap muka, dialihkan menjadi virtual. Seperti kegiatan rapat kerja hingga kegiatan belajar mengajar kini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi video conference.

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah Zoom. Meski terbilang praktis karena bisa dilakukan dari rumah, terkadang aktivitas rapat online dapat menimbulkan rasa letih dan jenuh. Hal ini biasa disebut sebagai "Zoom Fatigue".

Namun, tak sedikit dari mereka yang mengikuti rapat zoom mengalami jenuh dan bosan.  Untuk itu aplikasi unik yang bernama Zoom Escaper ini bisa dimanfaatkan jika Anda ingin kabur dari zoom meeting.

Zoom Escaper memungkinkan pengguna untuk menciptakan suara-suara bising palsu selama rapat berjalan. Dengan demikian, suara tersebut bisa dijadikan sebagai alasan untuk keluar dari rapat Zoom yang tengah berjalan.

Di dalam aplikasi ini, ada sebanyak delapan jenis suara gangguan palsu yang bisa dipilih pengguna.

Aplikasi Zoom Escaper dibuat oleh Sam Lavigne, seniman asal New York, Amerika Serikat. Zoom Escaper bekerja secara sederhana, yaitu pengguna bisa memunculkan suara-suara bising palsu selama rapat berjalan. Alhasil, suara tersebut bisa jadi alasan untuk keluar dari rapat Zoom yang sedang berjalan.

Ada 8 jenis suara gangguan palsu di Zoom Escaper, yang bisa dipilih pengguna. Delapan efek audio di Zoom Escaper itu adalah suara gema, tangisan bayi, suara angin kencang, suara konstruksi bangunan, koneksi terputus-putus, suara tangisan seseorang, gonggongan anjing, serta suara buang air kecil.

Cara Menggunakan Zoom Escaper

  • Efek audio palsu itu bisa dipakai dengan mulai membuka situs Zoom Escaper di https://zoomescaper.com/.
  • Lalu download aplikasi tambahan bernama VB-Audio di halaman tersebut.
  • Aplikasi VB-Audio ini berfungsi untuk memunculkan efek audio dari Zoom Escaper ke dalam rapat Zoom.
  • Setelah VB-Audio terinstal, ubah pengaturan output di halaman Zoom Escaper menjadi "VB Cable (virtual)".
  • Lalu klik tombol "start" di halaman Zoom Escaper.
  • Lalu pilih efek suara palsu yang ingin dimunculkan di rapat Zoom.

Lavigne juga menjelaskan cara menggunakan Zoom Escaper dalam sebuah video yang diunggah melalui kanal YouTube miliknya. Selain Zoom Escaper, Lavigne juga ternyata pernah membuat berbagai aplikasi "gangguan" lain. Pada 2017 lalu, Lavigne telah menciptakan aplikasi bernama "The Good Life".

Dihimpun dari The Verge, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan 225.000 e-mail dari Enron, sebuah perusahaan eneergi yang telah bangkrut pada tahun 2001.

Tag : #teknologi   

Baca Juga