Tampilan fitur avatar baru di Zoom, foto: Nextren.com

Zoom Rilis Fitur Avatar, Ini Cara Menggunakannya

Wanovy | Teknologi | 24-03-2022

PARBOABOA - Zoom meluncurkan fitur avatar pada aplikasi konferensi video mereka. Sekarang kamu bisa bersenang-senang dengan menggunakan wajah binatang sebagai avatar baik di rapat, webinar, atau di kelas online.

Avatar pada aplikasi Zoom merupakan fitur terbaru untuk mengganti penampilan dengan animasi virtual 3D saat melakukan panggilan video dan webinar.

Saat mengaktifkan fitur Avatar, perangkat akan mendeteksi wajah pada layar menggunakan kamera untuk menerapkan avatar animasi virtual yang meniru ekspresi dan gerakan kepala.

Fitur ini bisa dinikmati oleh pengguna yang telah mengunduh pembaruan Zoom 5.10.0. Dalam keterangannya, Zoom juga menjanjikan hadirnya berbagai pilihan avatar virtual lain, selain hewan yang ada saat ini.

Dari wujudnya yang berupa karakter hewan, avatar virtual ini memang terkesan lebih cocok untuk digunakan dalam sebuah pertemuan online yang kasual, alih-alih urusan bisnis yang lebih serius.

Namun Zoom juga merekomendasikan penggunaan avatar virtual ini untuk digunakan dalam lingkup kerja.

Saat digunakan, Avatar ini bisa mengikuti gerakan dan ekspresi wajah pengguna.

"Avatar bisa jadi alternatif bagi pengguna yang tidak ingin tampil di depan kamera saat rapat, tetapi tetap ingin mengekspresikan bahasa tubuh dan ekspresi wajah," kata Product Marketing Manager Meetings & Chat Zoom, David Ball.

Meski mendeteksi wajah pengguna, Ball menegaskan bahwa data wajah akan tetap tersimpan di perangkat pengguna dan tidak disimpan ataupun dikirim ke Zoom selaku penyedia layanan. 

Ball juga mengatakan bahwa kehadiran fitur baru Avatar Virtual ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk membawa sensasi kesenangan atau keseruan ke dalam rapat virtual dan webinar.

Pengguna juga bisa meningkatkan pengalaman rapat virtual dengan fitur lain dari Zoom, seperti filter, virtual background, serta Immersive Scene.

Cara Menggunakan Fitur Avatar di Zoom

Dilansir dari blog resmi Zoom, berikut merupakan langkah-langkah memasang fitur avatar virtual perangkat iOS, macOS, dan Windows.

1. Buka aplikasi Zoom versi 5.10.10 atau versi yang lebih baru.

2. Pastikan kamera atau webcam telah aktif dan video juga diaktifkan

3. Di toolbar meeting, klik ikon panah ke atas dan pilih opsi "Choose Virtual Background".

4. Pilih tab "Avatars Beta" di menu Background & Effects.

5. Pilih karakter virtual yang diingikan.

6. Setelah itu, secara otomatis tampilan wajah pengguna akan berubah menjadi karakter virtual yang dipilih.

Pengguna bisa mematikan dan mengganti karakter virtual selama video call berlangsung. Gunakan cara yang sama dengan langkah-langkah di atas untuk mengganti avatar dengan karakter virtual lain.

Untuk mematikan avatar virtual, pengguna bisa memilih opsi "none" di menu Background & Effects.

Tag : #zoom    #video conference    #teknologi    #zoom meeting    #fitur baru    #avatar zoom   

Baca Juga