10 Resep Infused Water untuk Minuman Diet yang Bisa Dibuat di Rumah

Ilustrasi air detoks atau infused water yang bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: PARBOABOA/Fika)

PARBOABOA – Tidak ada lagi yang meragukan manfaat infused water. Infused water atau yang dikenal dengan air detoks ini merupakan minuman yang dibuat dengan cara merendam buah-buahan, rempah, sayuran atau bahan herbal lainnya ke dalam air.

Fungsi untuk infused water ini biasanya untuk membuang racun dalam tubuh. Infused water juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, sehingga baik untuk dikonsumsi sebagai minuman diet.

Infused water bisa digunakan untuk beberapa buah dan sayuran yang bermanfaat bagi tubuh. Misalnya raspberry dan daun mint.

Dilansir dari laman Eat This, Senin (17/062024), buah beri seperti blackberry, blueberry termasuk raspberry memiliki manfaat dalam penurunan berat badan dan pengurangan lemak.

Mengonsumsi infused water ini juga perlu dibarengi dengan pola makan dan gaya hidup sehat agar tujuannya bisa tercapai.

Raspberry dan daun mint bisa dimasukkan ke dalam air dingin. Biarkan campuran tersebut meresap dalam lemari es selama beberapa jam atau semalaman untuk mendapatkan hasil terbaik.

Selanjutnya adalah air seledri yang bisa menjadi pilihan tepat untuk mendukung diet. Jenis sayuran ini mengandung serat yang tinggi tetapi rendah kalori.

Membuat infused water ini bisa dengan memasukkan daun seledri, lemon dan daun mint ke dalam air dingin. Diamkan campuran tersebut selama beberapa jam di dalam kulkas sebelum diminum.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa senyawa dalam jahe dapat membantu menurunkan berat badan. Infused water yang dibuat dengan jahe bisa dengan memanaskan air di dalam panci, lalu tambahkan daun mint dan jahe ke dalamnya.

Setelah itu tambahkan potongan lemon dan diamkan selama beberapa jam. Sebelum dikonsumsi, saring sisa jahe dalam panci terlebih dulu.

Ada juga studi yang diterbitkan Frontiers in Pharmacology yang menemukan bahwa senyawa kurkumin yang terdapat pada kunyit dikaitkan dengan penurunan berat badan dan BMI, khususnya pada pasien penderita sindrom metabolik.

Membuat infused water dengan kunyit bisa dengan menambahkan air hangat dan irisan kunyit dan perasan lemon serta madu untuk menambah rasa. Biarkan campuran itu meresap selama beberapa jam sebelum diminum.

Buah semangka dan daun mint juga bisa diracik sebagai infused water. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Nutrients menemukan kaitan antara semangka dan penurunan tekanan darah, BMI dan berat badan.

Sedangkan daun mint bermanfaat untuk mengurangi kecemasan dan mengubah lemak menjadi energi.

Cara membuat infused water ini adalah dengan memasukkan semangka, beberapa irisan lemon dan daun mint ke dalam gelas.

Tambahkan air dingin lalu diamkan selama beberapa jam sebelum dikonsumsi.

Selain itu, campuran apel dan kayu manis juga bisa menjadi salah satu kombinasi infused water terbaik untuk minuman diet.

Apel mengandung serat yang tinggi sehingga bisa menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Sementara kayu manis dinilai dapat mengontrol nafsu makan.

Cara membuat infused water ini adalah dengan memasukkan kayu manis dan apel yang telah dipotong ke dalam wadah.

Tambahkan daun mint untuk menambah kesegaran. Kemudian tuangkan air dingin ke dalam campuran apel dan daun mint itu. Diamkan selama beberapa jam di lemari es dan saring sebelum dikonsumsi.

Buah kiwi dan daun mint juga bisa menjadi racikan infused water yang baik untuk kesehatan. Kiwi termasuk buah yang rendah kalori, cocok untuk dikonsumsi saat diet.

Buah kiwi juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang serta mengendalikan nafsu makan.

Cara membuat racikan infused water ini adalah dengan memasukkan buah kiwi ke dalam wadah atau botol. Kemudian tambahkan daun mint dan tuangkan air dingin.

Selanjutnya, masukkan campuran ini ke dalam kulkas selama beberapa jam sebelum diminum.

Buah mentimun juga bisa dijadikan infused water yang baik. Kandungan serat dalam mentimun bisa memberikan hidrasi pada tubuh dan membantu kelancaran program diet.

Khususnya, infused water dari mentimun ini juga termasuk rendah kalori sehingga cocok untuk yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Cara membuat infused water ini bisa dengan meletakkan potongan mentimun ke dalam wadah atau botol.

Tambahkan potongan lemon dan daun mint kemudian masukkan air dingin. Diamkan selama beberapa jam di dalam kulkas sebelum dikonsumsi.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Metabolism, jeruk bali juga memiliki fungsi untuk membantu menurunkan berat badan.

Jeruk bali memiliki kandungan fitokimia yang baik untuk tubuh. Air detoks dari jeruk bali juga ditengarai mampu membakar lemak di dalam tubuh.

Cara membuat infused water dengan jeruk bali adalah dengan memasukkan potongannya ke dalam wadah. Kemudian tambahkan lemon dan daun mint.

Tuangkan air dingin dan biarkan campuran tersebut meresap. Sebelum dikonsumsi, simpan di dalam kulkas selama beberapa jam terlebih dulu.

Selain itu, laporan dari National Library of Medicine menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi jeruk nipis dan jintan selama delapan minggu bisa menikmati hasil positif dalam penurunan berat badan.

Karenanya, kombinasi kedua bahan ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk minuman diet. Cara membuatnya adalah dengan memasukkan perasa jeruk nipis ke botol yang telah diisi dengan air dingin.

Kemudian tambahkan jintan dan daun mint. Setelah itu aduk rata dan diamkan selama beberapa jam sebelum diminum.

Demikianlah 10 resep infused water yang bisa diracik di rumah untuk menjadi minuman diet. Semoga bermanfaat.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS