Sejumlah atlet dan ofisial PON Papua terpapar covid-19

29 Atlet dan Ofisial PON XX Papua Terpapar Covid-19

rini | Kesehatan | 06-10-2021

PARBOABOA, Papua - Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Silwanus Sumule menyatakan, ada 29 kasus Covid-19 yang menerpa para atlet, ofisial dan panitia pelaksana (panpel) yang terlibat dalam PON XX 2021 Papua.

Adapun penyebaran 29 orang yang positif COVID-19 yaitu 13 orang di Timika, tujuh orang di Kabupaten Jayapura, enam orang di Kota Jayapura, dan tiga orang di Merauke.
Atlet yang terpapar sudah menjalani vaksinasi sebelum berangkat mengikuti PON, sehingga meski terpapar mereka hanya menunjukkan gejala ringan hingga tanpa gejala. Namun para atlet tetap menjalani perawatan dan isolasi di sejumlah rumah sakit di Papua.  

"Penanganannya dilakukan dengan isolasi terpusat yakni pada kapal-kapal yang sudah disiapkan Satgas Covid-19 dan PB PON Papua, lalu pada rumah sakit mitra yang bekerja sama dengan PB PON Papua," kata Silwanus Sumule, Selasa (5/10).

Setelah menjalani perawatan salah satu atlet yang terpapar saat ini sudah dinyatakan sembuh.

Atlit yang terpapar berasal dari beberapa daerah yaitu DKI Jakarta, Sumatera Utara, NTT, Kalimantan Timur, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Pelaksanaan PON sendiri sudah ditunda sejak tahun lalu, namun Presiden Jokowi akhirnya memutuskan PON dilaksanakan pada 2-15 Oktober dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga dengan membatasi jumlah penonton yang dapat hadir menonton pertandingan secara langsung.

Tag : #kesehatan    #pon    #covid-19    #terpapar    #atlit pon    #isolasi   

Baca Juga