Ilustrasi Olahraga (Foto: gooddoctor.co.id)

5 Jenis Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Juni | Olahraga | 20-09-2022

PARBOABOA – Jantung merupakan organ yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung ialah dengan rutin berolahraga.

Ketika seseorang berolahraga, jantung bekerja secara optimal dan memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh.

Tahukah kamu, ada beberapa jenis olahraga yang efektif untuk meningkatkan daya tahan jantung. apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Aerobik

Dikutip dari Hopkins Medicine, aerobik mampu meningkatkan sirkulasi sehingga dapat mengontrol tekanan darah dan detak jantung. selain itu, aerobik juga dapat meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen ke dalam jaringan tubuh.

Beberapa jenis olahraga aerobik yang dapat dilakukan yaitu jalan kaki, jogging, lompat tali, bersepeda, dan mendayung. Lakukan latihan ini selama 30 menit setidaknya 5 hari dalam seminggu untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan jantung yang sehat.

2. Yoga

Gerakan yoga merupakan penggabungan dari beberapa teknik yang baik untuk jantung, seperti peregangan, pernafasan, dan relaksasi. Lakukan yoga secara teratur untuk membantu mengurangi tingkat stres yang merupakan faktor pemicu penyakit jantung.

3. Zumba

Zumba juga diyakini sebagai olahraga jantung. Jika melakukan zumba secara teratur, dapat membakar 1.000 kalori selama satu jam. Bergerak dengan mengikuti irama musik zumba akan membuat jantung memompa lebih cepat.

4. Latihan Kekuatan

Dilansir dari Healthline, lathan kekuatan atau ketahanan juga termasuk olahraga yang dapat meningkatkan daya tahan jantung. terlebih lagi jika kamu mengombinasikan dengan aerobik.

Jenis latihan ini diyakini ampuh untuk meningkatkan kadar kolesterol baik serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Contoh latihan kekuatan diantaranya seperti angkat beban, latihan dengan resistance band, push-up, sit-up, squat, plank, dan lain sebagainya.

5. Latihan Fleksibilitas

Latihan fleksibilitas sangat baik untuk kesehatan otot, saraf, jaringan ikat, tulang, dan, sendi. Sehingga, tubuh akan lebih kuat dan bebas dari kram serta nyeri otot. Jika dilakukan rutin, tubuh mempunyai modal bagus untuk berlatih aerobik dan kekuatan.

Itulah tadi beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. yuk, rutin berolahraga mulai sekarang!

Tag : #jantung    #sehat    #olahraga    #jenis olahraga    #aerobik    #yoga    #zumba   

Baca Juga