Kelapa sawit (Foto: Shutterstock)

5 Negara Produsen Minyak Kelapa Sawit Terbesar di Dunia

Martha | Ekonomi | 03-02-2022

PARBOABOA – Minyak kelapa sawit merupakan bahan pokok utama di berbagai belahan dunia, terutama bagi keperluan rumah tangga. Selain penggunaanya sebagai minyak goreng, keperluan lainnya yang dapat digunakan minyak nabati ini, seperti biofule.  

Tanaman satu ini dapat berkembang di sembarang tempat, dimana hanya dapat dibudidayakan di area beriklim tropis. Tau gak negara mana saja yang menghasilkan minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Berikut 5 negara penghasil minyak kelapa terbesar di dunia.

1. Indonesia

Penghasil minyak kelapa sawit pertama ada di negara kita yaitu Indonesia. negara kita sudah menjadi produsen minyak sawit nomor satu di dunia sejak 2006.

Menurut data Index Mundi, pada tahun 2019 produsen minyak sawit di Indonesia mencapai 43,5 juta ton dengan pertumbuhan rata-rata per tahun sebesar 3,61 persen. Ketersediana lahan perkebunan kelapa sawit di Indonesia mencapai luas 16,381 juta hektar.

2. Malaysia

Yang kedua, masih merurut Index Mundi, pada 2019 tercatat, produksi sawit Malaysia mencapai 19,3 juta ton dengan pertumbuhan rata-rata sebesar 0,96 persen per tahun.

Besarnya produksi karena ketersediaan lahan perkebunan kelapa sawit Malaysia yang seluas 5,35 juta hektare.

3. Thailand

Yang ketiga masih negara tetangga kita yaitu Thailand. Produksi sawit di negara ini mencapai tiga ton per tahun dan angka pertumbuhannya rata-rata 3,45 persen per tahun. Luas perkebunan sawit di Thailand mencapai 810 ribu hektar.

4. Kolombia

Kolombia juga masuk dalam jajaran produksi kelapa sawit terbesar di dunia. Produksi kelapa sawit di negara ini mencapai 1.680.000 ton per tahun.

Serta, potensi pertumbuhan sawit di Kolombia sebesar 3,38 persen pertahun. Adapun luas nya hanya 260 ribu hektar.

5. Nigeria

Yang terakhir ada dari Benua Afrika yaitu Nigeria. Produksi minyak kelapa sawit di negara ini pada 2019 mencapai 1 juta ton. Walau pun demikian, Nigeria memiliki kapasitas ekspor sebanyak 600 ribu ton per tahun.

Luas lahan kepala sawit disana yakni 2,5 juta hektar.

Itulah 5 negara dengan produksi minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Tag : #minyak kelapa sawit    #terbesar    #minyak goreng    #dunia   

Baca Juga