Ancol Bakal Gratiskan Tiket Masuk Tiap Sebulan Sekali

PT Pembangunan Jaya Ancol berencana menggratiskan tiket masuk kawasan wisata Ancol setiap satu bulan sekali. (Foto: Dok Ancol)

PARBOABOA, Jakarta - PT Pembangunan Jaya Ancol berencana menggratiskan tiket masuk kawasan wisata Ancol setiap satu bulan sekali. Nantinya, kegiatan ini akan dilakukan bersamaan dengan momen-momen tertentu.

"Barangkali sebulan sekali itu kita bebaskan masuk bagi pengunjung. Ini sebagai proses learning, learning proses bagi kami impactnya seperti apa kalo free ini," kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Winarto dalam rapat kerja Komisi B DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2023).

Winarto menjelaskan, selama ini, pengelola hanya menggratiskan tiket masuk setahun sekali, tepatnya saat perayaan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta. Karena itulah, kebijakan ini akan diterapkan di momen khusus, misalnya saat Hari Pahlawan atau Hari Kemerdekaan.

"Nanti kita kaitkan dengan, kalau bisa momen-momen tertentu, misalkan hari kemerdekaan, hari pahlawan, dan seterusnya supaya masyarakat dapat lebih banyak menikmati kawasan itu. Dari situ kita akan tahu efeknya kepada income kita seperti apa," jelasnya.

Winarto menyampaikan pihaknya akan terlebih dahulu menguji coba kebijakan ini. Rencananya, uji coba akan dilakukan selama setahun dan dimulai pada tahun ini.

"Kita bakal trial dulu. Kita coba bagaimana itu terjadi tanpa membuat goyah keuangan perusahaan. di sisi lain kan kita masih punya pinjaman (hutang) akibat krisis kemarin. Tapi kita punya niat agar publik bisa masuk secara gratis," jelasnya.

"Ini sebagai proses learning, learning proses dari kami, impact-nya seperti apa kalau free ini. Apakah bisa mendorong adanya revenue di dalam atau sejauh mana dia mendorong ini datanya nanti akan kita analisis dulu," kata Winarto.

"Dari situ kita akan tahu efeknya kepada income kita seperti apa. Harapan kami masih terjaga," imbuh dia.

Dalam rapat tersebut, Winarto juga menyampaikan rencana pihaknya membatasi mobil yang masuk ke Kawasan Ancol pada 2024 mendatang. Nantinya, akan disediakan shuttle bus bagi pengunjung dalam bermobilitas di dalam Ancol.

"Kita akan mendorong sebagian kendaraan supaya enggak masuk dalam Kawasan Ancol, dia akan parkir, kita siapkan area parkir kita siapkan area parkir di sisi bawah ini. Kita sebut unpaid karena dia tidak bayar tiket masuk mobil lagi. Dia hanya bayar parkir sesuai tarif Pemprov DKI," katanya.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS