Tampilan Android 12L

Android 12L Meluncur, Apa Saja Keunggulannya?

Wanovy | Teknologi | 09-03-2022

PARBOABOA - Setelah diumumkan pertama kali dalam bentuk preview, akhirnya Google secara resmi telah memperkenalkan sistem operasi Android 12L yang merupakan penerus dari Android 12.

Sistem operasi ini mulai bisa dinikmati mulai akhir tahun 2022 untuk perangkat tablet dan lipat.

Google mengatakan, OS Android 12L ini ditujukan untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar, seperti tablet, laptop ChromeOS, perangkat yang bisa dilipat, atau perangkat lain yang memiliki ukuran layar di atas 600 dp.

"Android 12L untuk perangkat yang bisa dilipat, tablet, yang menerapkan bahasa desain Material You," tulis akun Twitter Android Developers dalam kicauannya.

Bisa dibilang, sistem operasi Android 12L ini fungsinya mirip seperti OS untuk perangkat tablet buatan Apple, yaitu iPadOS.

Google sendiri menyebut bahwa Android 12L adalah pembaruan OS untuk perangkat layar besar, dengan menghadirkan berbagai tools multitasking dan tampilan antarmuka (UI) yang dioptimalkan.

Android 12L sendiri merupakan fitur Android 12 yang memungkinkan aplikasi Android bisa tampak lebih baik jika digunakan di perangkat layar besar.

Berbulan-bulan melewati masa uji coba, kini Google mengumumkan jika fitur Android 12L sudah resmi tersedia untuk ponsel Google Pixel.

Tak hanya itu, Google juga membagikan detil lebih lanjut tentang Android 12L, termasuk cara kerja Android 12L untuk perangkat tablet dan ponsel layar lipat.

Lantas, apa saja keunggulan yang diberikan Android 12L? Android 12L bisa membuat notifikasi terbagi menjadi dua bagian.

Satu sisi untuk pengaturan cepat, sedangkan sisi yang lainnya untuk notifikasi. Tampilan ini akan memudahkan pengguna untuk melihat banyak notifikasi sekaligus.

Fitur-fitur Android 12L

Berbeda dengan generasi sebelumnya, pada versi terbaru Android ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan.

Setidaknya, ada enam fitur baru yang disempurnakan mulai dari koneksi, keamanan, hingga mode pengoperasian. Berikut ini daftar lengkap fitur-fitur yang dihadirkan Android 12L.

1. Material You

Material You pada versi Android terbaru diklaim lebih minimalis dan warna bervariasi. Saat Anda memilih wallpaper tertentu, sistem pun akan menyesuaikan warna panel dengan warna dominan wallpaper.

2. Panel Baru

Untuk panel baru, Android 12 menyematkan Quick Tales. Yakni, saat scroll ke bawah akan muncul menu berbentuk kotak dan bukan bulat layaknya di Android 11. Area notifikasinya diubah menggunakan warna solid sesuai tema yang dipilih pengguna.

3. Fitur Privasi

Fitur Privacy Dashboard akan memudahkan pengguna memantau informasi mengenai banyak aplikasi yang mengakses kamera, lokasi, maupun mikorofon 24 jam terakhir. Pada fitur ini juga memiliki opsi pemberian atau menolak izin aplikasi yang akan diakses di ponsel tertentu.

4. Notifikasi Baru

Pemberitahuan notifikasi akan terlihat lebih fungsional dan modern. Pengguna pun dapat mengakses notifikasi dan masuk dalam aplikasi dengan mengetuk pemberitahuan yang muncul.

5. Koneksi WiFi

Koneksi WiFi semakin mudah dengan opsi Nearby. Jadi, untuk bisa memunculkan sebuah kode QR langsung Anda cukup klik saja dan kirimkan kredensial WiFi pada siapa saja yang diinginakn.

6. Mode Satu Tangan

Desain interface lainnya adalah One-Handed Mode. Mode akan mengecil di bagian bawah layar secara vertikal. Bila ingin ke mode normal tinggal swipe ke atas One-Handed Mode.

Dikutip dari Tech Crunch, Kamis (28/10/2021), Google berencana merilis Android 12L sebagai upgrade untuk perangkat-perangkat layar besar masa kini, pada awal 2022.

Google nantinya akan memberi peringatan kepada pengguna tablet berbasis Android, tentang aplikasi apa saja aplikasi yang tidak kompatibel di perangkat layar besar.

"Untuk aplikasi yang tidak bisa berjalan optimal di layar besar (tablet), kami akan mulai memperingatkan pengguna dengan mengirim pemberitahuan di halaman daftar aplikasi Google Play Store" kata Google.

OS Android 12L versi developer preview sudah tersedia untuk para pengembang yang ingin menjajalnya.

Tag : #os    #android    #android12l    #tablet    #flip    #flaghsip   

Baca Juga