Makna dan Arti Kiyowo dalam Bahasa Gaul

Kathleen | Pendidikan | 13-01-2023

Arti Kiyowo (Foto : koreaboo)

PARBOABOA – Belakangan ini populernya ragam hiburan dan tontonan Korea semakin banyak dikenal dan bahkan dipelajari di Negara-negara lain termasuk Indonesia. Jika kamu merupakan salah satu pencinta film, drama, atau K-Pop, maka mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata kiyowo.

Kata ini sering kali diucapkan untuk memuji seseorang yang lucu dalam bahasa Korea. Arti lucu bahasa Korea yang dimaksud di sini adalah imut atau manis.

Meskipun ungkapan seperti kiyowo adalah pujian dan bersifat positif, tenyata kamu tidak bisa menggunakannya ke semua orang. Seperti yang kita ketahui, Korea memiliki tingkat kesopanan bahasa saat berbicara dengan orang.

Ada tiga bentuk istilah lucu dalam bahasa Korea, yaitu bentuk informal, standar, dan formal. Agar tidak salah menyampaikan kata ini, yuk simak penjelasan lengkapnya!

Makna Kiyowo

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, 귀여워 dibaca gwieyowo atau kiyowo artinya lucu, imut, atau manis. Namun, bahasa Korea yang satu ini bersifat kasual, sehingga kamu tidak bisa menggunakannya ke sembarang orang dan hanya dapat mengucapkannya kepada orang-orang yang sangat dekat, seperti teman, pacar, dan lainnya.

Aturan Penggunaan

Jika ingin mengatakannya dalam bentuk formal, cukup gunakan akhiran –ida, sehingga menjadi kiyepseumnida. Kamu juga dapat mengubahnya dalam bentuk formal dengan mengganti akhiran dengan –eoyo, sehingga menjadi kiyeowoyo.

Pada dasarnya, arti kiyowo memang sering dikaitkan dengan penampilan lucu atau imut seseorang, tetapi seiring berjalannya waktu, maknanya mulai berubah.

Istilah Bahasa Gaul Happy Kiyowo

Terkadang, kata kiyowo digabungkan dengan kata happy yang artinya senang atau bahagia menjadi happy kiyowo yang maksudnya adalah orang tersebut terlihat senang dan bahagia sehingga begitu lucu, imut, atau manis.

Ini adalah istilah slang atau bahasa gaul yang kerap digunakan oleh anak-anak muda yang mengacu pada perasaan senang yang lucu dan imut.

Istilah happy kiyowo semakin populer karena digunakan di berbagai media sosial oleh para penggemar K-Pop di Indonesia. Istilah ini juga sering digunakan para remaja laki-laki ketika melihat idol atau perempuan yang happy kiyowo.

Perbedaan Kiyowo dan Kiyeopda

Selain kata kiyowo, mungkin juga pernah mendengar kata kiyeopda saat sedang menyaksikan acara Korea. Kata tersebut sebenarnya adalah bentuk dasar dari kiyowo. Hanya saja, kata ini digunakan ketika kamu mengungkapkan mengagumi benda yang lucu dan imut.

Bentuk Formal Kiyowo

Karena kiyowo bersifat informal dan hanya bisa digunakan kepada teman atau orang yang sudah dekat dengan Anda dalam suasana santai, lalu bagaimana jika Anda ingin memuji dalam suasana formal atau kepada orang yang lebih tua? Ada dua ungkapan yang bisa Anda gunakan pada situasi tersebut.

귀여워요 (gwiyeowoyo)

Bentuk formal kiyowo lainnya adalah gwiyeowoyo yang artinya juga lucu. Ini adalah istilah lucu yang standar digunakan. Meski formal, namun kata ini masih cukup santai untuk digunakan dalam suasana kasual atau semiformal. Anda bisa menggunakan kiyowoyo kepada orang yang lebih tua dalam percakapan bahasa Korea sehari-hari atau misalnya saat memuji bayi seseorang yang Anda hormati.

귀엽습니다 (gwiyeopseumnida)

Gwiyeopseumnida merupakan bentuk formal dari kiyowo yang artinya lucu dalam bahasa Korea. Kata ini dapat kamu gunakan dalam suasana yang sangat formal seperti kegiatan dalam interview atau pengumuman.

Demikianlah penjelasan makna kiyowo dalam bahasa gaul yang belakangan ini sedang viral digunakan di media sosial, semoga bermanfaat!

Tag : #Kiyowo    #makna    #pendidikan    #arti kata    #korea    #kpop   

Baca Juga