Arti PAP dalam Dunia Media Sosial dan Kenali Kata Gaul Lainnya

Ilustrasi pap percakapan di media sosial (Foto: Parboaboa/Wulandharahap)

PARBOABOA - Penggunaan bahasa sehari-hari selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Hal ini dapat dilihat dari munculnya banyak kosa kata baru yang sering digunakan para anak muda atau generasi Z dalam berkomunikasi.

Dalam hal ini, kata-kata baru yang muncul dalam percakapan sehari-hari bisa berupa singkatan yang kemudian dikenal secara luas dan menjadi populer. Salah satu kata singkatan yang populer dan banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari adalah PAP.

Pap adalah singkatan dari Post a Picture dalam Bahasa Inggris. Secara harfiah, arti PAP dalam bahasa Indonesia berarti mengunggah sebuah foto. Dalam hal ini, singkatan PAP sering kali digunakan ketika seseorang meminta orang lain untuk mengirim foto dalam sebuah percakapan daring. Baik mengirimkan foto kegiatan yang sedang dilakukan ataupun foto lain yang ingin dibagikan.

Penggunaan kata PAP ini sering kali dilakukan melalui aplikasi chatting tertentu maupun media sosial. Menjadi suatu hal yang populer dan banyak digunakan, tak heran jika PAP adalah kata gaul bagi anak muda masa kini. Namun, mungkin sebagian dari kamu sering menerima kata ini hanya saja tidak mengetahui arti Pap dan penggunaanya.

Bagi kamu yang masih asing dengan istilah gaul ini, informasi tentang arti kata PAP dan penggunaannya berikut bisa kamu simak. Dengan mengetahui arti PAP, tentu bisa memudahkanmu untuk memahami berbagai perbincangan yang dilihat lewat media sosial maupun aplikasi chatting online.

Mengenal Kata PAP

Hal pertama yang perlu kamu pahami dalam istilah PAP adalah pengertiannya terlebih dahulu. Seperti disebutkan sebelumnya, PAP adalah singkatan dari Post a Picture. Singkatan ini masuk dan mulai digunakan masyarakat Indonesia dalam percakapan sehari-hari. Khususnya lebih sering digunakan oleh anak-anak muda yang termasuk dalam bahasa gaul.

Dalam hal ini, PAP adalah kata gaul yang sering digunakan ketika sesorang meminta orang lain mengirim foto. Kata PAP ini kerap digunakan dalam percakapan aplikasi online maupun media sosial. Ketika seseorang mengatakan kata PAP maka lawan bicara akan mengirimkan foto kepadanya. Baik itu foto kegiatan yang sedang dilakukan secara real-time ataupun foto lain yang diminta.

Fungsi Penggunaan Kata PAP

Setelah mengetahui arti PAP, selanjutnya kamu jua harus tahu fubgsi penggunaan kata PAP dalam percakapan sehari-hari. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, PAP adalah kata yang digunakan untuk meminta seseorang mengirim foto aktivitas yang sedang dilakukan atau secara real-time.

Meskipun begitu, PAP tidak selalu digunakan ketika seseorang ingin mengirimkan atau meminta lawan bicara mengirim foto kegiatan yang sedang dilakukan. Terkadang PAP juga digunakan untuk membuktikan sebuah eksistensi. Misalnya, ketika kamu ingin bertemu dengan teman (Bestie) di suatu tempat namun ketika sampai di lokasi, kamu tidak menemukam keberadaannya. Kemudian, kamu memintanya untuk mengirimkan PAP lokasi tempat duduk atau keberdaan orang tersebut.

Kapan kata PAP Digunakan?

Setelah mengetahui arti PAP dan fungsinya, berikutnya kamu juga perlu memahami kapan waktu penggunaan kata PAP yang tepat. Selain arti pap yang sudah disebutkan sebelum, kata PAP juga bisa digunakan ketika kamu ingin membuktikan sesuatu.

Misalnya, saat kamu memberi tahu teman bahwa kemungkinan akan datang terlambat karena jalanan sedang macet. Kemudian kamu mengirimkan foto jalanan yang sedang padar kendaraan sebagai bukti untuk memperkuat pernyataan yang kamu lontarkan.

Dengan begitu, teman kamu akan percaya dan memaklumi keterlambatanmu. Sehingga bisa dipahami, bahwa kata PAP tidak selalu harus mengirimkan kegiatan atau foto selfie ketika melakukan kegiatan. Tetapi juga bisa berupa foto lain yang menunjukkan bukti keberadaan kamu pada lawan bicara.

Singkatan Bahasa Gaul Lainnya

Setelah mengetahui arti PAP beserta fungsi dan waktu penggunaannya, berikut ada berbagai kata gaul lainnya yang tak kalah populer. Kata-kata gaul berikut ini juga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, baik dalam percakapan online maupun langsung. Berikut ulasannya:

  • ASAP: adalah singkatan bahasa Inggris yang berarti As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menyarankan teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.
  • 4EAE: singkatan dari Forever and Ever, artinya selama-lamanya.
  • AFAIK: singkatan dari As Far As I Know, artinya sepengetahuanku atau sejauh yang aku tahu.
  • AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.
  • Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.
  • b/c: singkatan dari because, artinya karena.
  • BRB: adalah singkatan bahasa Inggris yang merupakan kepanjangannya dari Be Right Back. Singkatan BRB ini umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.
  • BTW: Merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW merupakan kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’. Selain digunakan dalam percakapan online, BTW jug sering digunakan dalam percakapan langsung.
  • CMIIW: adalah singkatan bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. CMIIW adalah kepanjangan dari kata Correct Me If I’m Wrong. Dalam bahasa Indonesia, kata ini berarti ‘koreksi saya jika salah’.
  • COD: adalah singkatan gaul yang banyak digunakan di kalangan anak muda zaman sekarang. Kata ini memiliki kepanjangan Cash On Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘bayar di tempat’. Kata COD kini sudah sering digunakan dalam percakapan daring, juga banyak ditemui di berbagai platform media sosial dan aplikasi marketplace atau belanja online.
  • DM: merupakan singkatan dari Direct Message, atau pesan yang dikirim langsung melalui fitur pesan di aplikasi instagram
  • DIY: singkatan dari Do It Yourself, artinya lakukan sendiri atau sesuai keinginanmu.
  • FYI: adalah singkatan aul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.
  • GG atau GGWP: Merupakan singkatan dari Good Game atau Good Game, Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.
  • GWS: Singkatan dari kalimat bahasa inggris Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.
  • IDK: singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.
  • IKR: singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan?
  • IMO: singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.

Itu dia arti PAP lengkap dengan fungsi dan waktu tepat menggunakannya. Gimana, sekarang sudah tahukan artinya? Dengan begitu, percakapanmu dengan teman akan lebih lancar dan kamu tidak akan kebingungan. Semoga bermanfaat!

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS