Profil dan Biodata Jonathan Frizzy, Lengkap Agama, Pendidikan, Kisah Asmara, Karir

Jonathan Frizzy (Foto: Instagram/@ijonkfrizzy)

PARBOABOA – Dikabarkan selingkuh dan melakukan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT),  Jonathan Frizzy digugat cerai sang istri, Dhena Devanka di Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 27 Agustus 2021 lalu.

Meski Pengadilan Agama Jakarta Selatan telah menyatakan pernikahan keduanya telah berakhir, namun nyatanya Jonathan Frizzy Dhena Devanka  belum resmi bercerai karena masih harus melalui proses kasasi.

Proses tersebut tertunda hingga satu tahun dan berkas percerai mereka tertahan di Mahkamah Agung (MA) dikarenakan pihak tergugat keberatan dengan tunjangan yang diajukan mantan istri Jonathan Frizzy.

Ijonk, sapaan akrab ayah tiga anak itu mengaku telah memenuhi kewajiban menafkahi anak-anaknya, seperti mengirim kebutuhan sekolah selama satu tahun.

Perihal tuduhan berselingkuh yang dilayangkan kepadanya, Jonathan Frizzy menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak menjalin hubungan spesial dengan Ririn Dwi Ariyanti, janda Aldi Bragi. Ia juga meminta agar isu tersebut tidak perlu dibahas lagi.

Penasaran dengan kehidupan pribadi dan kisah asmara mantan suami Dhena Devanka ini? Yuk simak profil dan biodata Jonathan Frizzy.

Profil Jonathan Frizzy

Pemilik nama lengkap Jonathan Frizzy Arcklauss Simanjuntak yang lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara, 13 April 1982 adalah seorang aktor dan model kenamaan di Tanah Air. Sulung dari dua bersaudara ini merupakan anak dari pasangan Herbert Simanjuntak dan Sri Mulyati Maria.

Awalnya agama Jonathan Frizzy adalah Kristen Protestan, namun setelah menikah, ia memutuskan menjadi seorang mualaf. Dan kabar tersebut dibenarkan pamanya, Benny Simanjuntak bahwa ia rela pindah agama demi keluarga dan Dhena.

Sejak berusia 2 tahun, kedua orang tua Ijonk memutuskan untuk berpisah. Sang ibu kembali bekerja di Jakarta dan ayahnya sibuk mengurus pekerjaannya. Sementara ia dan adiknya harus diasuh oleh sang nenek di Pematang Siantar.

Meski demikian, ia tetap bisa menyelesaikan pendidikannya di Universitas Padjajaran dan meraih gelar Sarjana Teknik Informatika.

Pada tanggal 27 Mei 2012, Ijonk memutuskan untuk menikahi sang kekasih yang bernama Dhena Devanka di Gereja Glow Fellowship Centre, Jakarta Pusat. Dan dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai tiga orang buah hati, dua diantaranya adalah anak kembar.

Jonathan Frizzy Dhena Devanka menamai anak mereka Zoe Joanna Frizzy Simanjuntak, Zack Jaden Frizzy Simanjuntak dan Zayn Jowden Frizzy Simanjuntak.

Namun pernikahan yang sudah berjalan selama 10 tahun harus berakhir dimeja Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Perjalanan Karir Jonathan Frizzy

Duda berusia 40 tahun ini memulai karir di tahun 1999 dengan mengisi salah satu peran di sebuah sinetron yang berjudul Jinny Oh Jinny, sebagai Ragil. Memiliki postur tubuh yang tegap dan paras yang tampan, membuatnya dengan mudah diterima masyarakat Indonesia, terutama pecinta sinetron.

Setelah sukses dengan sinetron pertamanya, Ijonk kembali dipercaya membintangi sebuah sinetron yang diadaptasi dari drama Korea Meteor Garden, yang diberi judul Siapa Takut Jatuh Cinta. Sejak saat itu ia semakin banyak membintangi judul sinetron dan beradu akting dengan pemeran ternama lainnya.

Selain beradu akting disinetron, pria berzodiak Aries ini mencoba peruntungan dengan terjun ke dunia perfilman Tanah Air. Beberapa judul film yang sukses diperankannya yakni Diaspora Cinta di Taipei, Pacar Hantu Perawan, Penjaga Gunung Bromo, dan Pocong Setan Jompo.

Selain bergelut di dunia entertainment, Jonathan Frizzy juga diketahui memiliki usaha dibidang fashion dengan membuka sebuah distro di Bandung.

Kisah Asmara Jonathan Frizzy

Sebelum akhirnya memutuskan menikah dengan Dhena Devanka, ia pernah beberapa kali menjalin hubungan dengan aktris lainnya, seperti Masayu Anastasia. Ijonk dan Masayu Anastasia resmi berpacaran setelah terjerat cinta lokasi.

Namun sayang, hubungan keduanya harus kandas ditengah jalan. Dan Masayu Anastasia akhirnya menikah dengan vokalis Clubeighties, Lembu Wiworo Jati.

Mantan Pacar Jonathan Frizzy berikutnya adalah seorang aktris dan juga model ternama, Dominique Diyose. Hubungan mereka juga berakhir setelah beredar kabar bahwa Ijonk menduakan cintanya dan memilih selingkuhannya, bernama Dhena Devanka.

Biodata Jonathan Frizzy

Nama Lengkap: Jonathan Frizzy Arcklauss Simanjuntak
Nama Panggung: Jonathan Frizzy
Nama Panggilan: Jonathan, Ijonk
Tempat, tanggal lahir: Pematang Siantar, 13 April 1982
Zodiak: Aries
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Pekerjaan: Aktor, Model, Pengusaha
Tahun aktif: 1999 – sekarang
Orang tua: Herbert Simanjuntak (ayah) dan Sri Mulyati Maria (ibu)
Saudara: Eci
Istri: Dhena Devanka (2012 – 2022)
Anak: Zoe Joanna Frizzy Simanjuntak, Zack Jaden Frizzy Simanjuntak, Zayn Jowden Frizzy Simanjuntak
Paman: Benny Simanjuntak
Pendidikan: Sarjana Teknik Informatika, Universitas Padjajaran
Instagram: @ijonkfrizzy

Filmografi Jonathan Frizzy

Film

2009: Pocong Setan Jompo
2010: Penjaga Gunung Bromo
2011: Pacar Hantu Perawan
2014: Diaspora Cinta di Taipe

Film Televisi

2013: Chef Bilang Cinta

Sinetron

1999: Jinny Oh Jinny
2000: Dewi Fortuna
2002: Siapa Takut Jatuh Cinta
2003: Sok Kenal Sok Dekat, Dari Teman Jadi Demen
2004: Bukan Cinta Biasa, Roda – Roda Cinta
2004 – 2005: Dara Manisku, ABG
2005: Cinta Kelas Atas, Ande Ande Lumut, Jangan Cium Gue...!, Permana dan Permata
2005 – 2006: Bunga di Tepi Jalan
2006: Impian Cinderella
2006 – 2007: Benci Jadi Cinta, Penyihir Cinta
2007: Maha Cinta
2008: Rahasia Hati Lelaki, Ingin Aku MenggapaiMu
2008 – 2009: Ta’aruf
2009: Cintaku
2010: Terdampar, Cinta Fitri Season 5
2011 – 2012: Anugerah
2012: Segalanya Cinta
2013: Jenderal Kancil
2014 – 2015: Manusia Harimau
2015: Ganteng Ganteng Serigala
2015 – 2016: 7 Manusia Harimau
2016 – 2017: Anak Jalanan
2016: Centini
2017: Seribu Kisah, Kuasa Ilahi, Kisah Nyata
2017 – 2018: Buaya Putih
2018 – 2019: Cinta yang Hilang
2020: Maura, Fatih Di Kampung Jawara, Bawang Putih Berkulit Merah, Aku Hanya Ingin Dicintai
2021: Cinta untuk Bunda, Raden Kian Santang: Mahkota Baru Pajajaran, Jodoh Wasiat Bapak Babak 2
2022: Pelangi untuk Nirmala, Takdir Cinta yang Kupilih

Penghargaan Jonathan Frizzy

2018
Penghargaan: Silet Awards 2018
Kategori: Aktor Tersilet, Pasangan Sinetron Tersilet
Nominasi: Cinta yang Hilang

Itulah profil dan biodata Jonathan Frizzy, lengkap. Kamu juga bisa menemukan biodata Dhena Devanka dan informasi lainnya disini.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS